Rumus Cepat Dalam Mengerjakan Limit Tak Hingga

Posted on

Di dalam pembahasan limit, seringkali kita mencari nilai limit saat x menuju tak hingga atau x menuju. Yang dimaksud dengan bilangan tak hingga adalah bilangan yang sangat besar tanpa harus anda sebutkan berapa bilangan tersebut. Pastinya bilangan yang sangat besar. Kebalikannya, bilangan negatif tak hingga merupakan bilangan yang sangat kecil. Sementara itu pembahasan limit tak hingga memprediksi nilai yang akan terjadi dalam fungsi tersebut saat x menuju tak hingga atau negatif tak hingga.

Ketika nilai x menuju tak hingga. fungsi limit nya juga akan menuju tak hingga. Ide seperti inilah yang akan digunakan untuk berbagai tipe mengenai bentuk soal limit tak hingga.

Limit Tak Hingga Bentuk Polinomial

Bentuk polinomial dengan variabel x pangkat tertinggi satu bila digambarkan dalam diagram kartesius maka berbentuk garis lurus. Nilai limit bentuk polinomial tergantung dari pangkat tertinggi polinomial tersebut. Limit fungsi yang diberikan variabel x nya berpengaruh secara langsung pada fungsi f (x) nya.

Nilai Limit Tak Hingga

Saat nilai x menuju nilai yang sangat besar atau tak hingga, maka nilai 3 x juga menuju tak hingga. Sedangkan x menuju negatif tak hingga, nilai fungsi limit nya juga menuju nilai yang sangat kecil yakni negatif tak hingga.

limit tak hingga

Limit Tak Hingga Bentuk Pecahan

Cara untuk mendapatkan nilai limit tak hingga dalam bentuk pecahan bisa diperoleh dari menyederhanakan bentuk pecahan itu sendiri. Walaupun demikian, ada cara lebih singkat agar mendapatkan nilai limit tak hingga dalam bentuk pecahan. Sebelumnya anda perhatikan dulu bagaimana cara mendapatkan nilai limit tak hingga dalam bentuk pecahan di bawah ini.

Baca Juga :   Rumus dan Cara Menentukan Persamaan Garis Lurus

cara mengerjakan limit tak hingga bentuk pecahan

Seperti yang telah disampaikan tadi, bahwasannya ada cara lebih cepat dalam menentukan nilai limit tak hingga dalam bentuk pecahan. Di sini ada tiga rumus cepat yang bisa anda gunakan. Penggunaannya didasarkan pada pangkat tertinggi variabel antara pembilang dan penyebut. Secara ringkas dapat dibuat rumus sebagai berikut.

limit tak hingga bentuk pecahan

Limit Tak Hingga Dalam Trigonometri

Seperti halnya limit menuju suatu titik dalam bentuk trigonometri, limit tak hingga bentuk trigonometri juga mempunyai persamaan dasar yang bisa digunakan. Agar dapat menyelesaikan soal-soal pada limit tak hingga dengan bentuk trigonometri, persamaan ini bisa dilihat pada gambar yang kami sampaikan di bawah.

limit tak hingga bentuk trigonometri

Dengan memakai persamaan yang ada di atas, anda bisa menentukan nilai limit tak hingga dalam berbagai macam tipe soal limit dengan bentuk trigonometri.

Limit Tak Hingga Dalam Bentuk Eksponensial

Terdapat dua tipe bentuk soal limit tak hingga dalam bentuk eksponensial yang dalam kesempatan ini akan dibahas. Ide dalam mendapatkan nilai limit tak hingga dari bentuk eksponensial sama dengan soal limit tak hingga pada bentuk lain. Saat 1 dibagi bilangan yang sangat besar maka bisa menghasilkan nilai limit 0.

limit tak hingga bentuk eksponensial

Bilangan yang telah dipangkatkan dengan bilangan yang sangat besar akan mendapatkan hasil bilangan yang sangat besar atau pun tak hingga.

limit tak hingga bentuk eksponensial

Seperti itulah bagaimana cara menyelesaikan soal tentang limit tak hingga dengan berbagai macam cara yang digunakan dalam mengerjakan soal limit tak hingga. Baik yang digunakan dalam bentuk polinomial, pecahan, trigonometri dan eksponensial. Semuanya telah dijelaskan secara gamblang dan mudah untuk dipahami.

Semoga penjelasan yang kami berikan tentang limit tak hingga ini bisa menjadi salah satu informasi yang bermanfaat bagi anda. Khususnya yang saat ini sedang pusing mengerjakan tugas mengenai limit tak hingga. Dengan mengetahui rumus cepat mengerjakan limit tak hingga, anda tak perlu pusing lagi dan bisa menyelesaikannya dengan cepat

Rumus Cepat Dalam Mengerjakan Limit Tak Hingga Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar