Kitab Bahasa Arab Al Arabiyah Linnasyiin

Posted on

Kitab Bahasa Arab Al Arabiyah Linnasyiin – Hallo sahabat, pada kesempatan kali ini, penulis akan memperkenalkan kepada sahabat pembaca tentang referensi buku panduan bahasa Arab yang sangat bagus. Pada pembahasan sebelumnya, penulis juga sudah membahas tentang buku – buku panduan bahasa Arab yang juga menarik dan sangat direkomendasikan untuk sahabat dalam mempelajari bahasa Arab. Kalian bisa buka link nya disini Buku Panduan Bahasa Arab.

Baiklah mari langsung saja kita ke pembahasannya dibawah !

Kitab Al ‘Arobiyyah Linnasyiin

Ketika kita ingin mempelajari sesuatu sebut saja mempelajari bahasa Arab, maka kita harus memerlukan guru untuk bisa mempelajarinya. Sebab dengan adanya guru, maka kalian akan ada yang membimbing, mengarahkan, mengoreksi kesalahan kalian dan memperbaikinya. Serta agar lebih terarah dan simastis, maka kalian juga memerlukan sebuah buku panduan. Dan selain sebagai bahan pembelajaran, buku panduan tersebut juga dapat dipakai untuk mengevaluasi sebuah atau suatu pencapaiannya.

Namun apa saja yang dapat digunakan sebagai panduan pada saat belajar bahasa Arab ? Dibawah ini kita akan berikan sedikit gambaran tentang buku panduan bahasa Arab yang mungkin bisa kalian jadikan salah satu rujukan . Buku ini ini juga sudah sering dan lazim dipakai dan diterapkan oleh lembaga-lembaga pendidikan, tidak hanya di Indonesia tapi di negera-negara lain juga. Buku tersebut yaitu :

العربية للناشئين Al-‘Arabiyyah Lin-Nasyii`in

العربية للناشئين Al-‘Arabiyyah Lin-Nasyii`in

العربية للناشئين Al-‘Arabiyyah Lin-Nasyii`in merupakan kitab atau buku pelajaran bahasa Arab yang diterbitkan oleh Kementrian Penerangan negara Saudi Arabia yang termasuk generasi pertama yang dipakai untuk belajar dan mengajar bahasa Arab.

Baca : Huruf Hijaiyah Titik – Titik

Baca Juga :   Soal Try Out IPA Kelas 6

Lebih utamanya buku ini diperuntukan bagi pelajar non Arab. Dari sisi tampilan buku ini dicetak dengan kertas berwarna yang tebal dan tidak mudah sobek. Buku ini dikarang oleh Syekh Dr. Mahmud Ismail pada tahun  1403 H/1983 M.

Buku ini berjumlah 6 jilid yang banyak dipakai di pondok – pondok pesantren modern, seperti Pondok Pesantren Al-Irsyad – Tengaran yang memakai buku ini dalam pengajaran bahasa Arabnya, untuk tingkat tsanawiyyah 6 jilid dipelajari selama 6 semester atau 3 tahun, dan untuk jenjang I’dad Lughawi buku tersebut diselesaikan dalam 2 semester atau 1 tahun, karena tingkat tersebut (I’dad Lughawi) memang dikhususkan untuk mempersiapkan peserta didik lulusan SMP yang ingin melanjutkan studi di Pesantren Al-Irsyad secara bahasa.

Sebelum mereka menyatu dalam satu kelas di tingkat Aliyah dengan lulusan Tsanawiyyah Al-Irsyad. Dan sampai sekarang buku Al-‘Arabiyyah Lin-Nasyi-iin ini masih dijadikan buku ajar di Pesantren Al-Irsyad.

Al-‘Arabiyyah Lin-Nasyi-iin terbagi menjadi 2, kitabut-tilmiidz (buku pegangan murid) dan kitabul-mu’allim (buku pegangan guru).

Baca : Pengertian Isim Mabni dan Isim Mu’rab dalam Ilmu Nahwu

Di dalam kitabul – mu’allim ada panduan dan metode bagaimana mengajarkan buku tersebut serta juga kunci – kunci jawaban dari latihan – latihan yang ada di dalam kitabut-tilmiidz. 

Namun pasalnya buku ini sudah tidak dicetak kembali oleh pemerintah Saudi Arab. Dan Al-‘Arabiyyah Lin – Nasyi-iin dengan kertas buram yang sekarang beredar adalah copian dari master yang mungkin masih disimpan oleh percetakaan.

Dan harga yang dipatok oleh para penjual juga variatif, ada yang menjual dengan harga Rp 60.000, 00. dan kalian pun sudah dapat memiliki 6 jilid kitab tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang kitab Al Arobiyah Linnasyiin. Semoga dapat memberikan gambaran tentang buku atau kitab tersebut sebagai panduan kita dalam memperdalam bahasa Arab.

Baca Juga :   Nama - Nama Bulan (القمر) Dalam Bahasa Arab

Baca : Makna Sehat Wal ‘afiat dalam Bahasa Arab