Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5

Posted on

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 1

Materi Pembelajaran Halaman 1 Mengenai Melestarikan Makhluk Hidup

Mari Kita Simak Bersama – sama Lihat Gambar dibawah ini!

Materi Pembelajaran Halaman 1 Mengenai Melestarikan Makhluk Hidup

Pertanyaan: Apa makhluk hidup yang Anda lihat dalam gambar?
Jawaban: manusia, kambing, ayam, bebek.

Pertanyaan: Apa perbedaan antara semua makhluk hidup dalam gambar?
Jawaban: Perbedaan anggota badan, cara berjalan, cara makan, tempat hidup, dll.

Pertanyaan: Apa persamaannya?
Jawab: Membutuhkan makanan, pernapasan, tempat tinggal dan sebagainya.

Pertanyaan: Apakah semua makhluk hidup membutuhkan oksigen?
Jawaban: Ya, semua makhluk hidup membutuhkan oksigen.

Pertanyaan: Bagaimana oksigen diserap oleh makhluk hidup?
Jawaban: Proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup berbeda.

Pertanyaan: Apa yang perlu kita lakukan untuk menjaga ketersediaan oksigen?
Jawaban: Ketersediaan oksigen dapat dipertahankan jika kita melindungi lingkungan dengan menanam tanaman hijau.

Pertanyaan: Apa tanggung jawab kita terhadap masyarakat?
Jawaban: Ada banyak bentuk tanggung jawab kita terhadap masyarakat. Salah satunya adalah melindungi lingkungan agar oksigen tetap tersedia.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 17

Materi Pembelajaran Halaman 17 Mengenai Membuat Sebuah Pertanyaan Tentang Sistem Pernafasan Manusia

Anda telah membaca bacaan “Sistem pernapasan pada manusia”.

  • Dari bacaan, buat pertanyaan dengan kata tanya: apa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana. Tuliskan sebanyak mungkin pertanyaan.
  • Tuliskan jawaban dari pertanyaan.
  • Tulis pertanyaan dan jawaban Anda dalam bentuk tabel sebagai berikut.
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 17
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 17
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 17

Buat diagram kerja sistem pernapasan manusia. Tulis di selembar karton. Grafik ini disajikan dalam Pembelajaran 5.

Sistem pernapasan pada manusia adalah sistem yang menghirup oksigen dari udara dan melepaskan karbon dioksida dan uap air. Oksigen adalah nutrisi utama saat bernafas. Pernapasan oksigen diekstraksi dari udara di lingkungan. Ventilator berfungsi untuk menembus udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan udara yang mengandung uap air. Tujuan dari proses pernapasan adalah untuk mendapatkan energi.

Baca Juga :   1 Ton Berapa Kg - Rumus Cara Hitung dan Contoh Soal

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 15

Materi Pembahasan Halaman 15 Mengenai Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem Pernapasan Pada Manusia
Manusia bernafas untuk mendapatkan udara ke dalam tubuh. Udara mengandung oksigen. Oksigen diperlukan untuk mengekstrak energi dari makanan. Energi ini menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting bagi tubuh.

Sistem Pernapasan Pada Manusia

Organ pernapasan manusia terdiri dari hidung, tenggorokan, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru (alveoli).

  • Nose Air memasuki rongga hidung melalui lubang hidung. Di rongga hidung ada rambut pendek dan tebal yang menyaring dan menjebak kotoran yang masuk ke udara. Selain menyaring, udara yang masuk dibasahi melalui membran hidung.
  • Tenggorokan. Faring adalah hubungan antara saluran udara di depan dan saluran pencernaan di belakang.
  • Laring. Laring atau faring (jakun) terletak di bagian belakang faring. Laring terdiri dari sembilan susunan tulang rawan kuadrat.
  • Trakea (trakea), Dalam trakea adalah jaringan yang disebut silia, yang bergerak dan mengeluarkan debu dan bakteri yang masuk.
  • Bronkus. Bronkus adalah cabang-cabang trakea dan terdiri dari bronkus kiri dan bronkus kanan.
  • Bronkiolus. Bronkiolus adalah cabang-cabang bronkus.
  • Alveolus alveoli hadir di paru-paru, tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveoli dikelilingi oleh kapiler darah. Alveoli berbentuk seperti anggur.

Udara memasuki tubuh melalui lubang hidung dan kemudian memasuki trakea. Trakea adalah peluit yang menjangkau dari bagian belakang hidung dan mulut ke paru-paru.

Udara memasuki paru-paru dari trakea. Di paru-paru, oksigen diserap ke dalam pembuluh darah. Sebaliknya, gas karbon dioksida memasuki paru-paru dari pembuluh darah dan kemudian dilepaskan saat pernafasan.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 16

Materi Pembahasan Halaman 16 Mengenai Sistem Pernapasan Pada Hewan

Sistem Napas Pada Binatang
Seperti manusia, hewan juga bernafas untuk menyerap oksigen dan menghilangkan karbon dioksida. Namun, sistem pernapasan pada hewan berbeda dari manusia. Bahkan, sistem pernapasan pada hewan juga bervariasi tergantung pada jenisnya. Ikuti sistem pernapasan pada berbagai spesies.

Sistem Pernapasan pada Cacing Tanah

Karena itu, cacing seperti tempat yang lembab untuk menjaga kulit tubuh mereka selalu lembab dan berlendir.

Di bawah permukaan kulit tipis cacing adalah pembuluh udara. Ketika udara menembus kulit, oksigen terikat oleh darah. Darah cacing mengandung hemoglobin, sehingga bisa mengikat oksigen. Oksigen terikat oleh hemoglobin dan kemudian bersirkulasi melalui tubuh. Bahan pembakaran dalam bentuk karbon dioksida dan uap air juga dilepaskan dari tubuh melalui permukaan kulit.

Baca Juga :   Rumus Dan Cara Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Peralatan dan Sistem Pernafasan Serangga
Peralatan dan sistem pernafasan serangga Seperti binatang lainnya, serangga bernafas dengan menarik oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Namun, ventilator berbeda dari hewan lain. Masker serangga dalam bentuk trakea, yang merupakan sistem tabung yang memiliki banyak cabang di tubuh. Cabang trakea disebut Tracheola. Trakea mengalirkan oksigen langsung ke semua sel dan organ tubuh dan menyerap karbon dioksida dari semua sel tubuh untuk dibuang.

Peralatan dan sistem pernafasan serangga

Udara memasuki trakea melalui pori-pori kecil di permukaan tubuh serangga yang disebut spirakel. Selain itu, udara bersirkulasi melalui pembuluh udara kecil. Sel-sel tubuh menyerap oksigen langsung dari pembuluh udara kecil. Karbon dioksida dari sel mengalir ke trakeola dan kemudian dilepaskan melalui lubang minuman keras.

Peralatan Sistem Pernafasan Ikan
Peralatan Sistem Pernafasan (Ikan) Semua makhluk hidup, termasuk ikan, membutuhkan oksigen untuk tetap hidup. Penyerapan oksigen ini melalui proses pernapasan di mana organ pernapasan terlibat. Ikan bernapas dengan organ khusus, seperti filter yang disebut insang. Insang adalah daun merah muda tipis dan selalu lembab.

Peralatan Sistem Pernafasan Ikan

Insang terletak tepat di belakang rongga mulut di kedua sisi kepala ikan. Biasanya insang dilindungi oleh membran atau bingkai yang disebut tutup insang (operculum). Di balik selimut insang ada empat insang yang tumpang tindih. Ada pembuluh darah halus di insang. Pembuluh darah ini dapat menyerap oksigen dalam air dan melepaskan karbon dioksida dari darah. Insang juga bertindak sebagai sarana menghilangkan garam dan sebagai filter makanan.

Untuk mendapatkan oksigen yang cukup, mulut dan insang ikan bekerja bersama seperti pompa isap air. Pertama tutup penutup insang. Pada saat yang sama mulut terbuka dan dinding mulut mengembang. Kemudian airnya masuk. Kedua, rongga mulut menyempit dan mulut menutup. Pada saat yang sama, tutup insang terbuka. Akibatnya, air keluar dari mulut dan melewati insang. Kemudian oksigen diserap dari air dan melepaskan karbon dioksida.

Baca Juga :   Persamaan Logaritma - Pengertian, Sifat, Rumus, Contoh Soal

Gambar kiri atas ditampilkan saat pernapasan dimulai. Mulut ikan terbuka dan rongga mulut mengembang untuk menyedot air. Panah biru menunjukkan aliran air ke dalam rongga mulut. Gambar di sebelah kanan menunjukkan waktu berikutnya ikan menutup dan selimut insang terbuka. Gerakan mulut ikan dan langit-langit insang memompa air dari rongga insang pada saat yang bersamaan. Tanda panah biru menunjukkan aliran air melalui insang.

Peralatan dan Sistem Pernapasan Pada Amfibi
Katak termasuk amfibi, binatang yang hidup di darat dan di air. Bahkan seperti katak kecebong hidup di air dan bernafas dengan insang. Berudu terletak di luar tubuh dan terdiri dari lapisan tipis kulit yang mengandung kapiler darah.

Peralatan dan Sistem Pernapasan Pada Amfibi

Setelah 9 hari kecebong bernafas dengan insang dalam. Insangnya menyusut ketika paru-paru mulai bekerja dan katak muda tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa bernapas di paru-paru dan permukaan kulit.

Ada banyak gelembung udara yang sangat kecil di paru-paru, yang dipenuhi dengan kapiler darah. Dalam gelembung udara, oksigen diserap dan karbon dioksida dilepaskan. Selain paru-paru, katak juga bernafas melalui kulit. Permukaan kulit katak selalu lembab untuk memfasilitasi penyerapan oksigen dari udara.

Alat dan Sistem Pernapasan pada Reptil
Hewan, termasuk reptil, termasuk ular, kadal, kadal, buaya, dan biawak. Reptil bernapas di paru-paru. Udara masuk melalui hidung, lalu ke trakea dan kemudian ke paru-paru.

Alat dan Sistem Pernapasan pada Reptil

Paru-paru reptil terletak di rongga toraks dan dilindungi oleh tulang rusuk. Reptil sederhana dengan beberapa lipatan dinding yang dapat memperbesar permukaan paru-paru. Namun, kadal dan buaya lebih kompleks dengan banyak bagian dan memiliki tekstur seperti bunga sepon.

Pada reptil, yang sering berkubang di dalam air, seperti buaya, lubang hidung bisa ditutup saat menyelam. Dengan cara ini, tidak ada air masuk ke paru-paru.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar