Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5

Posted on

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Hubungan atau interaksi antara manusia dan lingkungan, bila dilakukan secara tidak bertanggung jawab, mengganggu keseimbangan dan pelestarian alam. Gangguan keseimbangan dan pelestarian alam memengaruhi kehidupan manusia. Berikut ini beberapa contohnya.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5

Materi Pembelajaran Tema 1 Kelas 5 Mengenai Kerusakan Lingkungan oleh Manusia

Konstruksi Perumahan yang Tidak Direncanakan
Menginap adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Tentu saja, seiring pertambahan populasi, begitu pula kebutuhan akan tempat berteduh. Akibatnya, penggunaan lahan telah berubah. Lahan pertanian yang luas secara bertahap menjadi perumahan. Pembangunan ruang hidup menghasilkan berkurangnya hutan dan lahan subur.

Tebang Pohon dan Bakar Hutan
Pohon sangat penting bagi kehidupan di bumi. Karena itu penebangan pohon harus dilakukan dengan hati-hati dan disertai dengan upaya konservasi. Penggundulan hutan harus berjalan seiring dengan pemindahan pohon-pohon yang gundul. Biji ini tumbuh dan dapat menggantikan pohon yang gundul. Penebangan liar mempengaruhi fungsi hutan sebagai penghalang air. Ini mengurangi daya dukung hutan. Hilangnya habitat dan makhluk hidup serta perusakan spesies hewan dan tumbuhan dapat disebabkan oleh deforestasi yang tidak terkendali. Masalah lain juga terjadi, seperti tanah longsor, banjir, dan kebakaran hutan.

Penambangan Pasir di Laut
Kegiatan penambangan juga bisa mengubah permukaan bumi. Sebagian besar mineral ada di tanah. Ekstraksi bahan tambang dengan menggali atau menambang. Selain penambangan terbuka dan penambangan bawah tanah, ada cara pengerukan lainnya.

Pengerukan adalah metode pengumpulan logam yang disimpan di bebatuan di dasar sungai atau sumber air lainnya. Kegiatan ini menyebabkan abrasi dan kerusakan pantai, merusak ekosistem laut. Aktivitas ini juga bisa menenggelamkan pulau dan mempengaruhi keseimbangan ikan dan ekosistem perairan lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Museum

Polusi
Polusi adalah masuknya zat atau zat berbahaya lainnya ke lingkungan dalam jumlah yang berbahaya bagi manusia. Polusi juga dapat mempengaruhi kualitas lingkungan, membahayakan makhluk hidup di lingkungan. Zat atau zat yang menyebabkan polusi disebut polutan:

  • Polusi Udara
    Sumber pencemar yang menyebabkan polusi udara umumnya berasal dari pembakaran bahan bakar, seperti pembakaran batu bara di pabrik dan pembakaran bahan bakar dari kendaraan bermotor. Sumber polusi udara lainnya adalah kebakaran lahan dan hutan. Polusi udara dapat menyebabkan gangguan pernapasan, batuk dan berbagai penyakit mata.
  • Polusi Air
    Polutan yang menyebabkan polusi air dapat berasal dari limbah pabrik cair, limbah pertanian, limbah rumah tangga, limbah organik, dan logam berat.
  • Polusi Tanah
    Sampah bisa menjadi polutan yang menyebabkan polusi tanah. Bahan-bahan seperti plastik, gelas, logam dan insektisida adalah polutan yang sulit terurai oleh pengurai. Akibatnya, material ini menumpuk dan tenggelam ke tanah. Lantai seperti itu mengurangi porositas. Insektisida di tanah juga dapat membunuh makhluk hidup lain yang sebenarnya berguna bagi manusia. Tanah yang terkontaminasi dengan logam berat dapat mengganggu organisme tanah.

Apa efek dari perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia?

Penebangan dan Pembakaran Hutan
Orang-orang melakukan penebangan liar dan pembakaran hutan untuk mengembangkan lahan pertanian dan pemukiman. Deforestasi juga dilakukan untuk menggunakan kayu sebagai bahan untuk pembuatan peralatan rumah tangga. Kegiatan itu pasti membuat hutan gundul. Populasi beberapa tanaman bahkan punah. Hewan hutan adalah tunawisma.

Penggunaan bahan kimia dan pestisida secara berlebihan
Contoh penggunaan bahan kimia adalah penggunaan bahan pembersih sebagai agen pembersih. Deterjen menghasilkan busa yang dapat mencemari lingkungan. Busa pembersih menutupi permukaan air sehingga sinar matahari tidak bisa menembus ke dalam air. Proses fotosintesis tanaman air terganggu. Akibatnya, tanaman kekurangan nutrisi dan akhirnya mati. Contoh lain adalah penggunaan pestisida yang berlebihan untuk membasmi hama tanaman. Penggunaan pestisida secara berlebihan dapat membunuh hewan lain yang lebih menguntungkan.

Baca Juga :   Kisah di Balik 1002 Nazdam Kitab Matan Alfiyah Ibnu Malik

Eksploitasi Sumber Daya Laut
Eksploitasi sumber daya laut umumnya membutuhkan penangkapan ikan yang tidak bertanggung jawab. Misalnya dengan bom atau racun. Penggunaan bom dan racun tidak hanya dapat membunuh ikan kecil, tetapi juga merusak terumbu karang.

Penggunaan Kendaraan Bermotor
Saat mengendarai kendaraan bermotor diperlukan bahan bakar. Namun, pembakaran bahan bakar ini menghasilkan karbon dioksida, yang mencemari udara.

Perburuan Liar
Perburuan ilegal hewan dan tumbuhan dapat menyebabkan kekurangan hewan dan tumbuhan. Jika tidak dihentikan, perburuan liar dapat menyebabkan kepunahan. Ini mengganggu keseimbangan ekosistem.

Penghancuran Terumbu Karang
Terumbu karang adalah rumah bagi hewan laut. Karena warnanya yang indah, digunakan oleh beberapa orang sebagai hiasan. Penangkapan ini tentu saja mengancam keberadaan terumbu karang. Akibatnya, ikan-ikan tersebut menjadi tunawisma. Ekosistem laut terganggu. Jika Anda tidak menetapkan tanda centang, ikan pada akhirnya akan mati.

Perpindahan Penduduk
Perpindahan penduduk berarti bahwa daerah yang dikunjungi sangat ramai karena terbatasnya pemukiman. Kepadatan populasi akan memicu terbentuknya permukiman kumuh. Lingkungan yang kotor di permukiman kumuh mempengaruhi kualitas kesehatan manusia dan menyebabkan peningkatan polusi lingkungan.

Aktivitas manusia sebagaimana disebutkan di atas dapat dicegah dengan metode berikut:

  • Deforestasi dan Pembakaran Hutan
    • Mengadopsi / menetapkan undang-undang yang melarang pembalakan liar
    • Menginformasikan kepada publik tentang efek dan konsekuensi dari penebangan liar
    • Lakukan sistem pemotongan selektif
  • Penggunaan bahan kimia dan pestisida secara berlebihan
    • Promosikan penggunaan pupuk organik.
    • Mendidik masyarakat tentang efek dan efek penggunaan pestisida yang berlebihan
  • Penggunaan sumber daya laut
    • Menginformasikan kepada publik tentang bahaya pencemaran laut dan penggunaan berlebihan,
    • Pengenalan metode penangkapan ikan yang aman dan berkelanjutan,
  • Perpindahan Penduduk
    • Tingkatkan pekerjaan di wilayah tersebut.
    • Mediasi kompetensi.
  • Penggunaan kendaraan bermotor
    • Pengurangan atau penghentian impor sepeda motor atau kendaraan bermotor (dibatasi).
    • Promosikan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan
  • Perburuan
    • Buat undang-undang yang melarang perburuan ilegal
    • Bangun cagar alam
    • Budidaya hewan dan tumbuhan langka
  • Penghancuran terumbu karang
    • Menetapkan hukum untuk mencegah kerusakan lingkungan dalam bentuk apa pun.
    • Pertahankan cinta ibu pertiwi dan bangsa
Baca Juga :   Jumlah Mufidah (الجملة المفيدة) dalam Bahasa Arab

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar