Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita

Posted on

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 13

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 13

Suatu hari, lihat beruang itu ke mata air. Mengeluh: “Kelihatannya air di mata air ini semakin berkurang – semut pasti mengambil terlalu banyak air!” Berikan lalu miringkan kepala Anda dan lihat ke bawah ke tanah. Ah, dia melihat seekor semut hitam dengan bejana kecil di bahunya.

“Hentikan, semut!” Dia berteriak. “Aku tidak akan membiarkanmu mengambil air ke sumber airku lagi, kamu telah mengambil terlalu banyak air, hentikan atau garuk dirimu sendiri!”

Semut hitam kecil itu tidak memperhatikan teriakan Berry. Dia merangkak di bawah beberapa daun kering. Dia melanjutkan ke sumbernya. Menggaruk dan mengendus daun saat Anda berteriak, “Tidak ada gunanya bersembunyi, saya dapat menemukan Anda!”

Semut hitam memanggil Berry, “Mengapa kamu begitu pelit?” Bayi-bayi semut di lembah semut itu sangat haus, masih ada banyak air di musim semi itu, bahkan cukup untuk seribu rusa. “

“Dengarkan aku!” Growled Give, membalikkan tubuhnya. “Aku tidak akan memberimu air lagi, semua semut dilarang membawa air ke sini lagi!”

Semut Hitam berhenti sejenak. Kemudian dia berkata, “Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda telah memutuskan untuk melakukannya, tetapi saya masih akan mengambil air untuk bayi semut di lembah!”

Berikan beruang itu dengan marah. Namun, semut hitam telah menghilang lagi di bawah daun kering. Coba lihat, tapi dia tidak melihat apa pun di rumput. Akhirnya dia kembali dengan kesal ke sarangnya di dekat pohon ek.

Semut haus sedang menunggu di lembah semut. Setelah menunggu cukup lama, mereka akhirnya berbaris menuju musim semi. Salah satu semut melihat semut air semut hitam tergeletak di jalan.

“Tentunya Semut Hitam punya masalah, lihatlah. Ini kendi, tetapi tidak dipajang!” Mereka mengambil guci dan melanjutkan.

Saat itu, seekor kelinci mengintip dari balik semak. Kelinci mengangkat telinganya dan berbisik, “Jangan pergi ke mata air, pulang, kamu dalam bahaya, memberi marah, dia berkata mata air telah berkurang, dia menggaruk semut yang berani menyiram untuk mendapatkan sumbernya! “

Baca Juga :   Panggilan Tante Dalam Bahasa Arab

Tetapi semut tidak takut. “Di mana beruang itu sekarang?” Mereka bertanya.

“Dia pulang dan beristirahat,” jawab Kelinci.

Semut berbaris seperti tali sepatu di rerumputan. Mereka melihat seekor tupai duduk di pohon dan bertanya, “Apakah kita akan langsung ke sarang beruang?”

“Ya, ya, memang itu jalan ke sarang,” kata tupai. “Tapi kamu lebih baik kembali ke rumah, menjerit beruang sepanjang waktu, katanya, jika kamu mengambil air dari sumbernya, itu akan menggarukmu.”

Tetapi semut tidak akan kembali. Mereka berdiri seperti tali sepatu di lantai. Itu hampir malam ketika mereka tiba di depan pohon ek tua. Mereka melihat sekeliling dan menemukan celah di tanah. Mereka memasukinya dan mulai menggali lubang.

Mengapa kamu menggali? “Tanya tikus itu, yang baru saja keluar dari tidur.” Kami ingin menangkap beruang itu. Kami akan membuat jebakan untuknya, “kata semut.

“Sangat berbahaya!” Teriak tikus itu.

“Dia pasti menangkap saudara semut kita, dia juga ingin mencakar kita, hanya karena kita mendapatkan air dari mata air!” Kata semut.

“Aku akan membantu menggalimu di bawah sarang, aku hampir mendapatkannya.”

Pada siang hari, semut dan tikus tanah menggali lubang di bawah sarang berry. Mereka terus menggali selama sepuluh hari. Beri beruang yang tidak curiga sama sekali.

Suatu malam, pada hari kesepuluh, kembalikan beruang itu ke sarangnya dengan hati yang bahagia. Dia berhenti di depan rumahnya dengan pohon ek dan berkata pada dirinya sendiri:

“Aku makan dan minum sampai aku kenyang, satu-satunya hal yang menggangguku adalah semut, mereka masih berani mengambil air dari sumurku! Besok aku akan menghancurkan semut, aku akan melakukannya dengan cakar saya bakar … “

Berikan beruang untuk menggaruk ke segala arah. Dia menginjak kakinya di lantai sarangnya dan, BRRUUK.

Lantai sarangnya rusak. Berikan beruang untuk jatuh ke dalam lubang di bawah sarang. Lubang ini digali oleh semut dan tikus bagian bawah. Berry Beruang harus tetap berada di lubang kecuali seorang ranger menemukannya.

Semut-semut itu akhirnya hidup dengan damai di Ameisental. Pada saat ini, semut hitam, kakaknya, telah kembali ke rumah. Ternyata dia baru saja menyelinap di jalan. Tidak ada yang merusak kebahagiaannya sekarang. Semut mencari makanan dan minuman di hutan.

Jelaskan peristiwa dalam cerita “Semut dan Beruang” dalam bahasa Anda sendiri. Tulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata standar. Perhatikan juga penggunaan tanda baca yang benar. Tulis di dalam kotak di bawah ini dan kemudian bacalah di depan teman dan guru.

Baca Juga :   Pengertian Modernisasi

Urutan peristiwa dalam cerita “Semut dan Beruang”!

Perhatikan beruang semut hitam berjalan dengan gelas untuk mengambil air. Berikan semut yang mengancam, tetapi semut hitam kecil tidak memperhatikan untuk memberi terancam. Beri beruang itu sangat marah dan cari semut, tetapi tidak ditemukan. Akhirnya dia kembali dengan kesal ke sarangnya di dekat pohon ek.

Akhirnya, semut haus mendekati musim semi. Salah satu semut melihat semut air semut hitam tergeletak di jalan. Mereka pikir semut hitam punya masalah.

Kelinci mencoba mencegah semut memasuki musim semi. Tetapi semut tidak takut dan akan pergi ke sarang beruang. Semut berbaris seperti tali sepatu di rerumputan ke sarang beruang.

Di tengah jalan, seekor tupai mengingatkan semut untuk tidak pergi ke rumah beruang yang marah. Semut tidak mau kembali dan terus berjalan. Di atas pohon ek tua mereka menggali lubang. Seekor tikus tanah, juga diancam oleh beruang, membantu semut menggali perangkap.

Suatu malam, ganggu beruang itu dan injak kakinya di lantai sarang. Bagian bawah sarang itu pecah dan jatuh ke dalam lubang di bawah sarang.

Semut-semut itu akhirnya hidup dengan damai di Ameisental. Kakak-kakaknya, Semut Hitam juga telah kembali ke rumah. Ternyata dia baru saja menyelinap di jalan. Semut mencari makanan dan minuman di hutan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 31

Materi Pembelajaran Halaman 31 Mengenai Jenis Usaha Masyarakat Indonesi

Di Indonesia, sebagian besar perusahaan bergerak di bidang pertanian. Selain pertanian, ada berbagai jenis perusahaan di masyarakat Indonesia. Ada jenis perusahaan yang menghasilkan barang, dan ada jenis perusahaan yang menghasilkan jasa. Berikut adalah beberapa jenis bisnis selain pertanian.

A. Industri

Industri adalah pengolahan atau pengolahan barang dengan fasilitas dan peralatan, seperti mesin. Ada industri yang mengolah bahan baku atau bahan mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi produk setengah jadi. Ada juga industri yang mengolah produk setengah jadi menjadi bahan jadi.

Jenis Usaha Masyarakat Indonesia
Ada industri besar dan industri kecil. Industri besar mengkonsumsi peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar. Industri kecil menggunakan lebih sedikit peralatan, modal, dan tenaga kerja. Contoh industri kecil adalah produsen furnitur, produsen tahu atau tempe dan pengrajin keramik. Contoh industri besar adalah industri baja,
industri otomotif dan industri tekstil.

B. Usaha Dagang

Perdagangan adalah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan aktivitas jual beli. Ada pengalihan kepemilikan dalam perdagangan. Pedagang membeli barang atau jasa dari satu tempat pada suatu waktu dan kemudian menjualnya ke tempat lain untuk mendapat untung.

Baca Juga :   Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 6 Semester 2

Tanpa perdagangan, setiap orang harus memenuhi kebutuhan mereka sendiri untuk hidup mereka. Dalam perdagangan, produsen menjual produk mereka kepada konsumen. Komoditas termasuk makanan, pakaian, hewan, peralatan listrik, kendaraan bermotor, dll.

C. Layanan

Mengenai Jenis Usaha Masyarakat Indonesi

Layanan adalah semua kegiatan atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen). Meskipun tidak menghasilkan barang seperti industri gula-gula, ia menghasilkan pakaian. Perusahaan jasa memberikan layanan kepada konsumen. Contoh layanan penjualan pekerjaan adalah guru, pengacara, dokter, montir mobil, jasa keuangan, pemandu wisata, dll.

Penjelasannya :

Mengenai Jenis Usaha Masyarakat Indonesi

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 26

Materi Pembelajaran Halaman 26 Mengenai Jenis Usaha Dari Sumber Daya Alam

Jenis usaha dengan mengolah sumber daya alam

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, orang melakukan berbagai hal. Berbagai kegiatan dan jenis bisnis untuk produksi barang dan jasa. Salah satu jenis bisnis di masyarakat adalah pengolahan sumber daya alam dari lingkungan.

Kita tahu berbagai bentuk aktivitas manusia dalam mengolah sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jenis operasi di bidang produksi, di mana sumber daya alam (hewan dan tanaman) diproses, disebut sebagai bisnis pertanian. Jenis-jenis perusahaan yang meliputi bidang pertanian (pertanian dalam arti luas) meliputi sawah, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam perkebunan teh

Secara umum, bisnis beras dan perkebunan beroperasi di daerah pedesaan, karena negaranya masih besar. Namun, kita sekarang dapat menanam di ruang tertutup, misalnya dengan hidroponik (tanaman dengan media air) atau dengan melakukan skarifikasi (menanam tanaman dengan menempatkan media tanaman dalam wadah yang diatur secara vertikal). Tanah pertanian ditanami sayuran, buah-buahan dan sereal. Lahan pertanian juga digunakan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan termasuk anyelir, teh, permen karet, kakao, tembakau, kopi dan minyak sawit.

Operasi peternakan membutuhkan area yang luas. Hewan yang dibesarkan adalah sapi, kambing, domba, bebek dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutera. Kepompong ulat sutera dapat menghasilkan
Serat kain sutra mentah.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar