Jenis Metamorfosis

Posted on

Jenis Metamorfosis – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Metamorfosis yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Dalam bahasa metamorfosis berasal dari bahasa Yunani “Yunani”. Meta memiliki arti “antara, tentang,” dan morf “bentuk” dan osis “bagian dari”, sehingga metamorfosis adalah perubahan bentuk selama perkembangan postembrionik. Hewan yang mengalami metamorfosis cukup banyak, termasuk katak, kupu-kupu dan serangga dan lainnya.

Apa Itu Metamorfosis ?

Metamorfosis adalah perubahan yang terjadi pada suatu organisme baik secara struktural maupun fungsional menuju kedewasaan. Perubahan dalam hal fisik terjadi karena perubahan sel dan diferensiasi, sedangkan perubahan fungsional terjadi karena evolusi sel itu sendiri.

Jenis – Jenis Dari Metamorfosis

A. Metamorfosis Sempurna (holometabola)

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang membuat perubahan drastis, sehingga bentuk asli suatu organisme sangat berbeda dari bentuknya setelah metamorfosis. Metamorfosis sempurna berjalan melalui 4 tahap, yaitu telur, larva, pupa dan dewasa.

  • Fase Telur
    Pada tahap telur, induk organisme menempatkan telurnya di tempat yang aman dan nyaman bagi calon anak. Pada fase telur, embrio sel kesuburan sperma dan sel telur akan terus melakukan proses pembelahan sel yang merupakan organ utama kehidupan. Waktu yang dibutuhkan organisme untuk menetas dari telurnya tergantung pada jenis organisme. Struktur dan bentuk telur ini juga bervariasi tergantung pada jenisnya.
  • Fase Larva
    Setelah menetas dari telur, organisme memasuki fase larva. Pada tahap larva, perlu banyak makanan untuk pengembangan dan pertumbuhan. Walaupun sangat penting bagi ibu untuk bertelur di daerah yang memenuhi kebutuhan gizi ketika mereka menjadi larva. Pada fase larva, beberapa perubahan fisik dapat terjadi, misalnya, perubahan kulit pada larva serangga. Perubahan ini mempersiapkan tubuhnya untuk menjadi boneka. Perubahan ini dikendalikan oleh faktor hormonal tubuh.
  • Fase Dolls
    Pada fase kepompong, kebiasaan makan biasanya berkurang, tetapi metabolisme dalam tubuh berlanjut. Dalam proses kepompong, akan ada pertumbuhan, perkembangan dan diferensiasi sel. Ketika sudah cukup dewasa, organisme ini memasuki tahap dewasa.
  • Fase Dewasa (fase Imago)
    Fase dewasa adalah tahap akhir dari metamorfosis. Fase dewasa adalah fase reproduksi di mana organisme ini menemukan pasangan dan pasangan dan bergerak menjauh.
Baca Juga :   Struktur Pankreas

B. Metamorfosis Tidak Sempurna (hemimetabola)

Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak lengkap adalah jenis metamorfosis yang tidak melewati fase kepompong. Hasil dari organisme dewasa yang terbentuk pada umumnya tidak berbeda secara signifikan dari pada tahap lainnya.

  • Fase Telur
    Mirip dengan metamorfosis sempurna, induk dari organisme hidup menempatkan telurnya di tempat yang terasa aman dan nyaman. Embrio sperma dan sel telur yang subur dilindungi oleh cangkang yang kuat. Makanan selama telur diekstraksi dari komponen telur. Pada fase telur, proses pembelahan sel terjadi untuk membentuk individu yang mampu menghadapi dunia luar.
  • Tahap Nimfa
    Fase nimfa adalah fase di mana hewan siap keluar dari telur. Organisme yang muncul dari fase limfatik sudah memiliki bentuk yang sempurna, tetapi dalam ukuran yang lebih kecil. Pada fase limfatik, organ-organ dalam tubuh, khususnya organ reproduksi, matang. Pada tahap ini, ada juga perubahan struktur di luar tubuh karena penyesuaian ukuran tubuh.
  • Fase Dewasa (Imago)
    Seperti halnya metamorfosis yang sempurna, semua organ pada tahap ini siap untuk mendukung seluruh hidup mereka. Hewan itu akan mencari jodoh dan kemudian jodoh. Kemudian hasil kesuburan sel pria dan wanita memasuki tahap awal metamorfosis tidak sempurna, yang merupakan fase telur.

Contoh Dari Metamorfosis

Berikut ini adalah Contoh Metamorfosis, metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak lengkap, dengan penjelasan berikut:

A. Metamorfosis Sempurna (Nyamuk)

metamorfosis nyamuk

Nyamuk biasanya bertelur di tempat yang lembab. Secara umum, inkubasi telur nyamuk sempurna ketika telur musim dingin menetaskan larva selama 2 hari. Setelah menetas telur, yang kemudian berubah menjadi larva, yaitu larva nyamuk, dan pada saat ini terjadi perubahan pada kulit, dan setelah 7 hari, terjadi proses untuk mengubah larva menjadi pupa.

Baca Juga :   Struktur Protein

Metamorfosis Tidak Sempurna (Kecoa)

kecoa
Kecoak mengalami proses perkembangan atau siklus hidup kecoak seiring perkembangannya berkembang melalui tiga tahap, dimulai dengan fase telur -> nimfa -> imigo. Pada fase telur, telur kecoa dilindungi oleh ootheca (sejenis kapsul), telurnya menetas selama sekitar 28 hari, tetapi ada juga beberapa jenis kecoak yang menetas setelah 2 bulan. Setelah menetas telur, kecoa memasuki fase nymphal selama 60 hari dan kulit berubah dalam fase nymphal. Setelah 5 sampai 7 perubahan kulit, nimfa tumbuh menjadi kecoak dewasa.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Jenis Metamorfosis. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Jenis Metamorfosis Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar