Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6

Posted on

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Selain penggunaan buku tema dari Semester 1 dan Semester 2, aplikasi pembelajaran tematik harus dikembangkan dan diperdalam. Untuk memperdalam materi tematik, ada buku teks tematik.

Untuk membantu siswa menemukan contoh jawaban dalam buku teks, kami menyajikan contoh buku tematik untuk memperdalam teks.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 menjelajah angkasa luar

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 88

Materi Pembelajaran Halaman 88 Mengenai Fakta Tentang Bintang Jatuh

Ketika kita menatap langit malam berbintang, kita mungkin melihat bintang jatuh bergerak sangat cepat. Tetapi apakah ini benar-benar bintang jatuh? Mengapa disebut Bintang Menembak?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 88

Bintang jatuh sebenarnya adalah nama lain untuk meteorit. Meteor terbakar ketika ia mencoba menembus atmosfer bumi. Bintang jatuh bukanlah bintang sama sekali. Tidak ada bintang yang bisa jatuh. Meteoroid adalah benda kecil di luar angkasa.

Ukuran meteroid dari satu butir pasir hingga diameter sepuluh meter. Jika sebuah meteorit lebih kecil dari sebutir pasir, para astronom menyebutnya debu antarplanet. Namun, jika diameter meteorit lebih dari 10 meter, para astronom menyebutnya asteroid.

Meteorit disebut Bintang Berekor. Ketika sebuah meteorit memasuki atmosfer Bumi, ia membentuk ekor cahaya di belakangnya. Ekor atau garis terang di belakangnya disebabkan oleh meteroid yang bergesekan dengan atmosfer bumi. Gesekan dengan atmosfer dan kecepatan tinggi, ketika meteroid menembus ke bumi, suhu naik dan mereka bersinar. Meteoroid bercahaya ini muncul di Bumi seperti bintang bergerak atau bintang jatuh.

Apakah Anda ingat asteroid dan asteroid di tata surya kita? Sabuk asteroid adalah kumpulan asteroid yang terkurung di tata surya kita antara planet-planet dalam dan luar. Asteroid sangat banyak dan besar. Asteroid tersangkut di jalan antara orbit Mars dan Jupiter.

Para ahli menyarankan bahwa ada sekitar 30.000 asteroid di sabuk asteroid. Asteroid juga diyakini sebagai planet yang belum selesai. Sebab, diameternya bervariasi antara 10 meter dan 30 km. Asteroid lebih kecil dari planet tetapi lebih besar dari meteoroid.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 88

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 91

Materi Pembelajaran Halaman 91 Mengenai Teropong Binokuler dan Bintang Jatuh

Joko senang menerima kejutan hari ini dari Om Ikbal, pamannya yang baru saja kembali dari Bandung. Joko mendapat teropong! Dia sudah lama memimpikan hal itu! Joko tahu bahwa hampir tidak mungkin untuk meminta dari ayah dan ibu karena itu sangat mahal. Pamannya, yang bekerja di Bosscha Bandung sore itu, membawanya kepadanya!

Teropong Binokuler dan Bintang Jatuh

Joko pasti akan membutuhkannya dan merawatnya dengan baik, “Joko berjanji kepada pamannya ketika dia mencium tangan pamannya berkali-kali. Matanya dipenuhi air mata.

“Aku percaya padamu, Joko, aku tahu kau benar-benar ingin menyaksikan bintang-bintang di langit, jadi Om memilih lensa untuk menembak benda langit,” kata Om Ikbal.

“Wow, terima kasih, Om. Sebenarnya, itu adalah teropong seperti yang diinginkan Joko ini, teropong tidak hanya mampu menangkap benda yang jauh tetapi juga langit, itu harus mahal, kan?” Tanya Joko.

Baca Juga :   Soal Try Out SD Kelas 6

“Ya, memang mahal, tetapi jika Anda ingin menggunakannya dengan baik, rasanya sepadan dengan harganya. Alat ini berukuran 12×50, yang berarti bahwa lensa memiliki diameter 50mm dan objeknya hingga ke-12 Dengan alat ini, benda langit harus terlihat seperti gugusan bintang, “jelas Om Ikbal.

“Wah, betapa bahagianya dia menjadi anakmu!” Sela Ibu Om Ikbal dan Joko di ruang tamu. “Apakah itu berarti keinginanmu, yang pernah kamu katakan ketika kamu melihat bintang jatuh beberapa waktu yang lalu, benar-benar menjadi kenyataan, bukan, Jok?” Ibu menggoda.

“Oh ya, di mana Joko melihat bintang jatuh? Sulit melihat bintang jatuh di daerah ini,” Om Ikbal bertanya dengan agak terkejut.

Itu sudah lama sekali, ketika Joko melihatnya seperti bintang jatuh, tetapi itu sangat cepat, maka Joko ingat orang-orang berkata ketika kita melihat bintang jatuh dan keinginan atau keinginan kita maka keinginan atau harapan itu akan menjadi kenyataan, “Joko menjelaskan, tertawa merah.

“Oh, itu mitos Joko, jangan percaya aku tahu karena ibumu memberitahuku, ibumu bilang kau benar-benar ingin observatorium surgawi,” kata Om Ikbal sambil tertawa, melirik adiknya. .

“Ah, Mom dan Om Ikbal telah bekerja bersama, ya, terima kasih, Ibu, terima kasih, paman, Joko telah berjanji untuk menggunakannya dengan baik,” kata Joko.

Tapi, jangan lupakan kegiatan Anda yang lain, oke, belajar, bekerja di rumah dan di sekolah akan terus diutamakan, hanya dengan itu Anda akan menggunakan waktu Anda untuk menjelajahi benda-benda langit favorit Anda, “saran Ik Ikbal.

Plot atau tindakan tulisan suci fiktif membantu pembaca untuk mengetahui urutan peristiwa di dalamnya. Tindakan biasanya menjelaskan masalah atau konflik dan solusinya.
Tinjau fiksi di atas lagi dan kemudian lakukan kegiatan berikut secara mandiri.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 78

Materi Pembelajaran Halaman 78 Mengenai Perbandingan Jarak Planet

Perhatikan deskripsi jarak matahari dengan delapan planet di tata surya kita. Kumpulkan data tentang jarak matahari ke planet-planet secara berurutan dan masukkan mereka dalam tabel berikut. Kemudian cobalah untuk menyelesaikan tabel untuk mengetahui perbandingan antara planet-planet dan matahari. Perhatikan contoh yang diberikan.

Kesimpulan Mengenai Perbandingan Jarak Planet

Kesimpulan Materi Pembelajaran Halaman 78 Mengenai Perbandingan Jarak Planet

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 75

Materi Pembelajaran Halaman 75 Mengenai Mengamati Langit di Malam Hari

Apa yang Anda lihat ketika malam tiba dan Anda melihat langit yang cerah? Langit gelap dengan benda langit yang berkilau akan menjadi pemandangan Anda, bukan? Jika tepat waktu, Anda akan melihat Bulan dalam bentuknya yang khas, tergantung pada tampilannya dari Bumi. Pernahkah Anda berpikir tentang apa sebenarnya yang ada di langit? Apakah yang Anda bayangkan mirip dengan kebenaran?

Mengenai Mengamati Langit di Malam Hari

Pertanyaan seperti ini sudah lama muncul di benak orang, mendorong mereka untuk mencari cara untuk menjawab pertanyaan ini. Kali ini Anda akan belajar lebih banyak tentang benda langit di tata surya kita.

Perhatikan gambar berikut dengan seksama. Pernahkah Anda melihat pemandangan yang ditunjukkan pada gambar? Apa yang ingin Anda katakan tentang cahaya paling terang dalam gambar? Di mana Anda menemukan pemandangan seperti itu?

Lakukan aktivitas berikut dengan teman satu kursi Anda.

1. Tuliskan sebanyak mungkin tentang gambar.

Mengenai Mengamati Langit di Malam Hari

2. Tuliskan dalam bentuk pertanyaan apa yang ingin Anda ketahui tentang gambar.

Baca Juga :   Persamaan Garis Singgung - Pengertian, Rumus, Contoh Soal
Tuliskan hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang gambar tersebut di dalam bentuk pertanyaan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 17

Materi Pembelajaran Halaman 17 Mengenai Tata Surya

Tata surya kita terdiri dari delapan planet. Delapan planet mengelilingi matahari sebagai pusat. Lihatlah dari dekat planet-planet, hubungi mereka! Setiap planet di tata surya kita memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri. Apakah Anda tahu karakteristik dan keunikan planet?

Orang mengeksplorasi tata surya melalui penelitian. Mereka telah melakukannya selama bertahun-tahun untuk memecahkan misteri ruang. Apa yang ada di tata surya kita? Tata surya membuat matahari menjadi pusatnya. Matahari adalah bintang besar yang sangat panas seperti bola lampu. Sekitar bola cahaya adalah lingkaran cahaya yang diisi dengan gas panas yang disebut korona. Suhu permukaan hampir 6000 derajat Celcius. Suhu inti matahari mencapai 15.000.000 derajat Celcius. Percikan panas dapat membakar apa pun hingga 97 kilometer. Namun, matahari hanya diklasifikasikan sebagai bintang tengah. Masih banyak bintang besar yang jauh lebih besar dan lebih panas dari matahari.

Planet mana yang paling dekat dengan matahari? Planet ini disebut Merkurius. Planet Markurius berjarak lima puluh delapan juta kilometer dari matahari. Merkuri sulit dilihat di langit pada malam hari dari Bumi. Markurius hanya terlihat ketika matahari terbenam atau sebelum matahari terbit. Fitur khusus dari Merkurius adalah bahwa ia berjalan cepat mengelilingi matahari, tetapi berubah sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di bumi.

Planet berikutnya adalah planet Venus. Planet Venus paling dekat dengan Bumi. Venus lebih panas dari Merkurius, yang lebih dekat ke matahari. Ini terjadi karena Venus Plabet memiliki atmosfer yang tebal dan tertutup awan. Karena itu, sinar matahari terperangkap di dalamnya. Awan yang mengelilingi Venus menjadi salah satu keunikan planet ini. Awan itu terlihat indah karena memantulkan sinar matahari. Selain itu, Venus menjadi planet paling terang di antara planet-planet di tata surya. Venus berbelok ke arah berlawanan dengan planet lain. Venus berputar searah jarum jam. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di bumi.

Planet ketiga adalah Bumi, yang disebut Planet Biru. Sebagian besar bumi ditutupi oleh lautan, sehingga tampak berwarna biru. Bumi ditutupi dengan udara tebal yang disebut atmosfer. Fungsi atmosfer adalah untuk menyaring panas matahari agar tidak terbakar.

Planet setelah bumi adalah Mars. Mars disebut Planet Merah. Planet ini disebut-sebut paling banyak
seperti bumi. Satu hari di Mars sama dengan 24,6 jam di bumi. Dia juga menutupi jeruji dengan es. Suhu udara di Mars lebih dingin daripada suhu di Bumi, yaitu 63 derajat di bawah nol karena Mars lebih jauh dari Matahari daripada Bumi. Mars juga memiliki lapisan atmosfer, tetapi lebih tipis dari bumi.

Planet kelima adalah Jupiter. Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Suhu di planet ini sangat rendah dan minus 100 derajat Celcius. Jupiter adalah planet yang sebagian besar terdiri dari gas. Posisi inti planet jauh di tengah. Planet ini memiliki titik merah yang ternyata merupakan badai besar.

Planet keenam di tata surya adalah Saturnus. Saturnus tampaknya memiliki cincin di tubuhnya. Cincin itu adalah lingkaran batu, debu, dan es yang terperangkap dalam orbit di sekitar planet ini. Saturnus adalah raksasa gas yang berputar sangat cepat.

Baca Juga :   Soal Matematika Kelas 9

Ini menyebabkan garis khatulistiwa membengkak. Karena itu, kutub terlihat lebih rata dari planet lain. Saturnus memiliki lebih banyak satelit daripada Bumi, yang hanya memiliki satu. Salah satu satelit paling terkenal di sekitar Saturnus adalah Titan.

Planet Uranus adalah planet ketujuh di tata surya. Planet Uranus berbelok ke samping karena porosnya hampir sejajar dengan orbitnya. Suhu planet ini sangat dingin dan minus 212 derajat Celcius.

Planet terjauh dari matahari adalah Neptunus. Planet ini terlihat biru gelap dari kejauhan dan tidak memiliki permukaan nyata. Seperti Yupiter, Saturnus, dan Uranus, planet ini juga terdiri dari segumpal gas. Atmosfer dipenuhi dengan gas metana, dan sering ada badai yang sangat besar. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit dan planet lain.

Klasifikasi Planet

Merkerius
Waktu rotasi: 59,0 hari
Selama Revolusi: 87,97 hari
Suasana: uap natrium, kalium tipis
Satelit alami: –
Jarak ke matahari: 57.9 juta km
Diameter planet: 4,875 km
Suhu siang / malam: 430 ° C / -170 ° C

Venus
Periode rotasi: 243.0 hari
Selama Revolusi: 224,7 hari
Suasana: karbon dioksida (CO₂), nitrogen
Satelit alami: –
Jarak ke matahari: 108.2 juta km
Diameter planet: 12.119 km
Suhu siang / malam: 470 ° C / -200 ° C

Bumi
Berputar: 23,9 jam
At the Revolution: 365.1 / 4 hari
Suasana: N, O₂, ARGON, CO₂, OZONE, gas lainnya
Satelit alami: (1) Bulan
Jarak ke matahari: 150 juta km
Diameter planet: 12,757 km (khatulistiwa)
Suhu siang / malam: 30 ° C / 10 ° C

Mars
Waktu rotasi: 24,62 jam
Selama revolusi: 678 hari
Atmosfer: karbon dioksida, nitrogen, oksigen, argon, gas lainnya
Satelit alami: (2) Phobos dan Deimos
Jarak ke matahari: 230 juta km
Diameter planet: 6.760 km
Suhu siang / malam: 6 ° C / -70 ° C

Jupiter
Berputar: 9 jam 55 menit
Di Revolusi: 11,9 tahun
Atmosfer: hidrogen, helium, metana, air, etana, dll.
Satelit alami: (63) termasuk Eropa, Ganymede, Callisto
Jarak ke matahari: 778,3 juta km
Diameter planet: 142.796 km
Suhu siang / malam: 21 ° C / -140 ° C

Saturnus
Pada rotasi: 10, 2 jam
Pada Revolusi: 29,46 tahun
Atmosfer: hidrogen, helium, metana, air, etana, dll.
Satelit alami: (56) termasuk Dione, Rhea, Titan
Jarak ke matahari: 1,4 miliar km lebih
Diameter planet: 120.000 km
Suhu siang / malam: -190 ° C / -190 ° C

Uranus
Waktu rotasi: 17,25 jam
Pada saat revolusi: 84, 02 tahun
Atmosfer: hidrogen, helium, metana, air, amonia, dll.
Satelit alami: (27) termasuk Miranda, Ariel, Umbriel
Jarak ke matahari: 3 miliar km
Diameter planet: 50.800 km
Suhu siang / malam: -180 ° C / -180 ° C

Neptunus
Berputar: 16,1 jam
Selama revolusi: 165 tahun
Atmosfer: hidrogen, helium, metana, air, amonia, dll.
Satelit alami: (8) termasuk Triton, Proteus, Nereid
Jarak ke matahari: 4.450 juta km
Diameter planet: 44.600 km
Suhu siang / malam: -220 ° C / -220 ° C

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar