Letak Geografis Indonesia

Posted on

Letak Geografis Indonesia – Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara dengan total wilayah yang mencapai sekita 2 juta kilometer. Negara ini terdiri dari puluhan ribu pulau dengan beberapa pulau besar, yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan juga Papua.

Letak Geografis Indonesia
Letak Geografis Indonesia

Nah, namun sebenarnya apasih Letak Geografis itu? Letak geografis adalah  letak dari suatu daerah yang dilihat dari kenyataannya di bumi, atau posisi dari daerah itu pada bola bumi yang dibandingkan dengan posisi daerah lainnya. 

Letak geografis umumnya ditentukan oleh beberapa segi seperti segi Astronomis, Geologis, Fisiografis dan juga Social budaya. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang sangat strategis. Dimana letak dari geografis Indonesia diapit oleh 2 benua dan 2 samudera.

Nah untuk lebih jelasnya, marikita simak pembahasan yang ada di bawah ini.

Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia
Letak Geografis Indonesia

Negara Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudera, yaitu benua Asia dan juga Australia, sedangkan 2 samuderanya yaitu Samudera Pasifik dan juga Samudera Hindia.

Dengan begitu, Indonesia menjadi negara yang berada di persilangan dunia atau world cross position. Sehingga sudah tidak diragukan lagi bahwa Negara Indonesia menjadi pusat dari jalur lalu lintas dunia.

Faktor Pendukung Letak Geografis

Letak dari Geografis Indonesia yang dijelaskan di atas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa faktor pendukung dari Letak Geografis tersebut yaitu :

1. Letak Astronomisnya

Letak Geografis Indonesia
Letak Astronomis Indonesia

Secara Letak Astronomisnya, Indonesia terletak diantara 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur).

Dimana wilayah tersebut berada di titik koordinat dari beberapa daerah yaitu pulau We, pulau Roti, ujung utara pulau Sumatera dan juga pulau Merauke.

Baca Juga :   Seni Rupa Terapan

Letak Astronomis ini memberikan beberapa pengaruh bagi Negara Indonesia yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Pertama, Negara Indonesia memiliki tingkat kelembaban yang sangat tingi. Letak Astronomis ini menjadikan Negara Indonesia memiliki tiga daerah waktu. Ketiga dari daerah waktu tersebut yaitu Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT).
  • Kedua, Indonesia termasuk kedalam Negara yang memiliki ekosistem hutan hujan tropis yang bernilai sangat tinggi, karena Negara Indonesia mempunyai tingkat curah hujan yang tinggi.
  • Ketiga, Negara Indonesia juga mendapatkan sinar matahari dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Letak Geologisnya

Letak geologis merupakan letak dari suatu wilayah yang didasarkan pada keadaan batuan yang sudah ada di permukaan bumi Negara Indonesia.

Jika dilihat secara Geologis, Negara Indonesia terletak di antara 2 sirkum yaitu Sirkum Mediterania dan juga Sirkum Pasifik. Selain itu juga, negara ini berada di dalam tiga lempeng utama dari dunia yaitu Lempeng Australia, Pasifik, dan juga Eurasia.

Karena letaknya ini lah yang membuat Negara Indonesia terkenal memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif. Jadi sudah tidak mengherankan lagi, jika tanah yang berada di Indonesia ini menjadi tanah yang sangat subur.

Keadaan tanah ini didsebabkan oleh erupsi dari gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Sehingga menghasilkan tanah yang subur dan dapat ditanami dengan berbagai macam jenis tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi warga negara Indonesia.

3. Letak Fisiologisnya

Letak fisiologis merupakan sebuah posisi dimana wilayah ini dapat diamati dari segi fisiknya seperti Garis Bujur dan Garis Lintang, letak dengan wilayah lain, jenis batuan yang ada, relief permukaan bumi dan semua yang berkaitan dengan lautan.

Baca Juga :   Bahasa Arab Terima Kasih

Letak fisiologis itu sendiri merupakan sebuah gabungan dari letak geografis, astronomis, geologis dan juga zona laut, hal ini lah yang menyebabkan adanya 3 lautan besar yang mengelilingi Indonesia dan menjadi batas dari zona laut tersebut.

Dibagian Selatan, Negara Indonesia berhadapan dengan Samudera Hindia, sedangkan di bagian Utara, Indonesia berhadapan dengan laut Cina Selatan. Serta di bagian Timur, Indonesia berhadapan dengan Samudera Pasifik.

4. Sosial Budaya

Faktor lain yang dapat mempengaruhi letak dari Geografis negara Indonesia yaitu faktor Sosial Budaya. Dimana faktor ini memberikan pengaruh hubungan dengan beberapa negara lain, tidak hanya dengan Indonesia saja.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis ini memberikan beberapa keuntungan bagi negara Indonesia yaitu, diantaranya sebagai berikut :

  • Negara Indonesia terletak di antara 2 Benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Sehingga memberikan keuntungan bagi Indonesia agar dapat menjalin sebuah hubungan baik dengan negara-negara yang ada di benua tersebut.
  • Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat Indoensia kaya akan sosial budaya.
  • Laut yang luas dan garis pantai yang panjang memungkinkan Indonesia memperoleh hasil laut yang banyak seperti ikan, karang, minyak bumi, dan juga mineral lainnya.
  • Indonesia juga terletak di kawasan Tropis, yang memberikan keuntungan bagi negara ini seperti kaya akan hasil hutan, karena banyaknya jenis tanaman yang dengan mudah tumbuh dan hidup subur di kawasan ini.
  • Tanah yang subur di negara Indonesia mampu menghasilkan banyaknya jenis pertanian.
  • Indonesia diakui sebagai paru-paru dunia, hal ini dikarenakan luas dari wilayah hutan yang ada di Indonesia.

Kelemahan Letak Geografis Indonesia

Setelah melihat penjelasan diatas, Letak Geografis dari negara Indonesia ini juga memberikan dampak negatif bagi Indonesia yaitu, sebagai berikut ini :

  • Menyebabkan kerusakan dari lingkungan fisik, seperti lahan kritis dan abrasi, pencemaran air dan juga udara.
  • Menyebabkan kerusakan dari lingkungan biotis seperti ilegal logging, penurunan flora dan juga fauna, kerusakan sistem pantai, danau, dan sungai.
  • Berdampak pada kerusakan dari SDA seperti illegal fishing, illegal mining, dan juga eksploitasi berlebihan.
  • Letak Geografis juga memberikan dampak negaif berupa bencana alam seperti gempa bumi, longsor, tsunami, erosi, banjir, kekeringan, badai, dan juga bencana yang dihasilkan dari teknologi.
  • Kurangnya pengembangan dari potensi seni dan juga budaya lokal dari setiap etnik dan memudarnya ciri kehidupan mulai dari bahasa, adat istiadat, bangunan rumah, serta tata cara pergaulan bangsa.
  • Menyebabkan tingkat pengangguran hingga mencapai 10,55 juta (9,75%) dan tingkat kemiskinan sebanyak 37,17 (16,58%) dari total warga yang ada di Indonesia.
Baca Juga :   Contoh Soal Latihan USBN SMP/MTs 2019 Dan Kunci Jawabannya Lengkap

Apa yang dimaksud dengan Letak Geografis?
Letak geografis merupakan letak dari suatu daerah yang dapat dilihat dari kenyataannya di bumi, atau posisi dari daerah tersebut pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah yang lainnya. 

Apa yang dimaksud dengan World Cross Position?
World cross position ini menyebabkan Indonesia berada pada persilangan dunia dan menjadikan Indonesia sebagai jalur dari lalu lintas dunia.

Sebutkan faktor pendukun dari Letak Geografis!
Faktor pendukung dari Letak Geografis yaitu : Letak Astronomis, Letak Fisiologis, Letak Geologis, dan faktor Sosial Budaya.

Demikian pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu para pembaca.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Letak Geografis Indonesia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar