Nemathelminthes

Posted on

Nemathelminthes – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Nemathelminthes yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Dalam bahasa itu, kata Nemathelminthe berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “Nema”, benang dan “Helminthe” berarti cacing.

Apa Itu Nemathelminthes ?

Nemathelminthe adalah cacing yang fitur utamanya adalah bentuk elips, yang menunjuk ke kedua ujung tubuhnya. Sebagian besar cacing Nemathelminthe hidup sebagai parasit pada tubuh makhluk hidup lainnya, tetapi beberapa di antaranya hidup bebas.

Biasanya, cacing betina lebih besar dari cacing jantan. Banyak nemathelminth secara mikroskopis kecil, tetapi beberapa dapat mencapai panjang 1 m.

Struktur Tubuh Dari Nemathelminthe

Sistem Organ Dari Nemathelminthe
Struktur Tubuh Nemathelminthe

Nemathelmintes memiliki tubuh bulat panjang yang meruncing di kedua ujungnya. Tubuh mereka simetris secara bilateral (ketika dipotong setengah, tubuh kiri dan kanan adalah sama). Nemathelminthe tidak memiliki tubuh tersegmentasi, dan grup ini sudah memiliki pseudoselomata sebutan lain dari rongga tubuh.

Tubuh terdiri dari tiga lapisan utama (tripoblas), yaitu
Lapisan luar (ectoderm),
Lapisan tengah (mesoderm)
Lapisan dalam (endoderm).
Lapisan luar tubuh cacing tidak berwarna, licin dan dilindungi oleh kutikula (lapisan non-seluler di atas lapisan epidermis). Kutikula ini berfungsi melindungi tubuh dari enzim yang diproduksi oleh inang.

Sistem Organ Dari Nemathelminthe

Sistem Organ Nemathelminthe

1. Nemathelminthes Sistem Pencernaan

Nemathelminthe memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Mereka memiliki mulut, tenggorokan, usus, dan anus. Mulutnya anterior ke tubuh, anusnya posterior ke tubuh. Makanan melewati mulut, tenggorokan, proses pencernaan di usus, melalui esensi makanan dan nutrisi yang beredar di seluruh tubuh melalui cairan di rongga tubuh. Sisa-sisa metabolisme dikeluarkan oleh anus.

Baca Juga :   Kingdom Archaebacteria

2. Nemathelminthes Sistem Saraf

Struktur sistem saraf terdiri dari ganglion cerebri (dua kelompok besar kumpulan sel saraf) dan truncus nervosus (bundel longitudinal saraf kecil). Sistem saraf terdiri dari cincin saraf yang mengelilingi kerongkongan. Cincin saraf ini dikaitkan dengan 6 saraf depan dan beberapa saraf posterior. Di setiap sisi cincin saraf ada 6 ganglia saraf.

3. Sistem Reproduksi Nemathelminthes

Biasanya, nemathelminths melakukan reproduksi seksual. Ini termasuk makhluk hidup, yaitu Gonokoris (alat kelamin pria dan wanita dipisahkan oleh orang yang berbeda), yang berarti bahwa setiap orang hanya memiliki satu organ seks utama, pria atau wanita. Pemupukan terjadi di dalam tubuh. Kemudian menghasilkan sejumlah besar telur (hingga ribuan per hari). Ketika lingkungan di mana telur ini berkembang tidak menguntungkan, mereka berubah menjadi struktur seperti kista.

4. Sistem Ekspresi Nemathelminthes

Sistem ekskresi Nemathelmdalam terdiri dari 2 kanal tubuh utama yang mengarah ke lubang di bagian ventral tubuh.

5. sistem Peredaran Darah dan Sistem Pernapasan Nemathelminthes

Sistem peredaran darah dan pernapasan tidak ada dalam Nemathelminths, sehingga pertukaran zat seperti oksigen dan karbon dioksida, terjadi difusi (transmisi zat dari konsentrasi tinggi ke rendah) dan nutrisi disebarluaskan oleh cairan tubuh.

Klasifikasi Dari Nemathelminthes

Klasifikasi Nemathelminthes

Nemathelminthe dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu:

1. Nematoda

Nematoda adalah sekelompok nematoda yang bentuknya sangat mirip dengan benang. Nematoda berasal dari bahasa Yunani, “Nema” berarti utas dan “Toda” berarti bentuk. Nematoda adalah sekelompok organisme ini lah penyebab manusia terserang penyakit. Tempat hidup mereka di salah satun organ tubuh manusia seperti anus, usus, pembuluh darah, paru-paru jantung dan jaringan tubuh lainnya. Lebih dari 25.000 spesies nematoda telah diidentifikasi, tetapi diperkirakan jumlah total spesies dapat mencapai 1 juta. Sejauh ini, nematoda dianggap sebagai masalah utama di dunia kesehatan, baik untuk manusia dan untuk ternak dan tanaman. Namun, para ilmuwan menjelaskan bahwa mereka memainkan peran penting dalam aspek kehidupan secara keseluruhan.
Contoh anggotanya adalah Ascaris Lumbricoides, Ancylostoma duodenale, Necator Americanus.

Baca Juga :   Proses Metamorfosis Nyamuk

2. Nematophora / Nematomorpha

Nematophora adalah sekelompok nemathelminths dengan tubuh bulat panjang yang meruncing di kedua ujungnya dan memiliki rambut. Karena sifat rambut, cacing ini juga sering disebut cacing rambut. Kutikula yang melapisi tubuhnya sederhana. Biasanya, kelompok Nematophora hidup sebagai parasit selama larva, tetapi ketika mereka tumbuh dewasa, mereka hidup bebas. Secara umum, mereka hidup sebagai parasit.
Contoh anggotanya adalah Gordius sp dan Nectonema.

Ciri – Ciri Dari Nemathelminthes

Ciri - Ciri Nemathelminthes

Berdasarkan penjelasan dari beberapa poin di atas, dapat disimpulkan bahwa sifat-sifat nemathelminths adalah sebagai berikut:

  • Nemathelminthe adalah cacing yang fitur utamanya adalah bentuk elips, yang menunjuk ke kedua ujung tubuhnya.
  • Individu wanita lebih tinggi daripada individu pria.
  • Tubuh mereka simetris bilateral, tidak tersegmentasi dan memiliki rongga tubuh buatan.
  • Tubuhnya terdiri dari tiga lapisan utama (tripoblastik)
  • Sistem pencernaan yang sempurna, sistem intramedullary, sistem ekskresi sederhana yang mereproduksi secara seksual, tetapi masih belum ada sistem pernapasan (pernapasan) dan tidak ada sistem peredaran darah (aliran darah).
  • Dibagi menjadi dua kelas, yaitu Nematoda dan Nematophora (Nematomorpha).

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Nemathelminthes. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Nemathelminthes Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar