Anatomi Anus

Posted on

Anatomi Anus – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Anatomi Anus yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Panjang lubang anus kira-kira 2-4,5 cm dan dikelilingi oleh otot annular yang disebut sfingter anal dalam dan sfingter anal eksternal. Saluran ini juga dilapisi oleh selaput lendir, bagian atas saluran ini memiliki sel-sel yang menghasilkan sekresi untuk mempromosikan kotoran keluar dari tubuh.

Apa Itu Anus ?

Anus adalah bagian terakhir dari sistem pencernaan pada manusia dan hewan. Anus, sering disebut sebagai dubur, adalah perpanjangan dari dubur di luar tubuh. Pembukaan atau penutupan anus diatur oleh otot-otot sfingter.

Fungsi Dari Anus

Anus Sebagai bagian dari sistem pencernaan
Anus bertindak sebagai organ pencernaan terakhir tempat feses dilepaskan dari tubuh. Kursi yang tidak perlu dibuang melalui buang air besar.

Anus Sebagai bagian dari sistem seksual
Anus mengandung banyak tubuh yang gelisah, sehingga merupakan area yang sangat sensitif. Beberapa orang mengatakan bahwa seks anal bisa lebih menyenangkan. Tetapi seks anal adalah hal yang tabu di Indonesia.

Struktur Anus Serta Bagian – Bagianya

Struktur Anus Serta Bagian - Bagianya

Anal Struktur
Kulit di sekitar anus adalah kulit keratin yang ditutupi dengan epitel skuamosa berlapis dan memiliki komponen kulit seperti rambut halus, kelenjar keringat, kelenjar sebaceous dan saraf somatik (sensitif terhadap rasa sakit).

Tanpa konstituen kulit ini, kulit tampak seolah-olah ditutupi dengan sel epitel berbentuk kubus. Lubang anus dikelilingi oleh otot annular yang disebut sfingter anal dalam dan sfingter anal eksternal. Saluran ini juga ditutupi oleh selaput lendir, bagian atas saluran ini memiliki sel-sel yang menghasilkan sekresi untuk mempromosikan kotoran keluar dari tubuh.

Baca Juga :   Reproduksi Basidiomycota

Bagian Bagian Anal

Anus
Kanal Anal adalah kanal sepanjang kira-kira 4 cm yang dikelilingi oleh sfingter anal. Bagian atas ditutupi oleh mukosa kelenjar dubur. Fungsi saluran ini adalah koneksi antara dubur dan bagian luar tubuh.

Dubur
Rektum sebenarnya adalah organ yang berbeda dari anus. Rektum sekitar 12-15 cm, terletak di belakang usus besar. Fungsi rektum adalah untuk mengumpulkan tinja sementara. Ketika rektum sudah penuh, dinding rektum memberikan impuls (rangsangan) ke otak, sehingga keinginan untuk buang air besar muncul (buang air besar).

Sfingter Anal Internal
Sfingter anal internal jaringan otot sekitarnya halus 2,5 cm dari anal. Sphincter hubungan seks anal internal memiliki ketebalan sekitar 5 mm karena terdiri dari serat otot polos, pekerjaan sphincter ini berjalan secara tidak sadar dan tidak dapat dikendalikan. Fungsi sfingter anal Interlan adalah untuk mengatur ekskresi tinja selama buang air besar sehingga tinja tidak kembali ke usus.

Sfingter Anal Eksternal
Eksternal sfingter anal adalah jaringan otot struktural elips yang bentuk elipsnya menempel di dinding anal. Fungsi sfingter anal eksternal adalah untuk membuka dan menutup saluran anal. Menjadi otot rangka (belang), karya sphincter ini sudah dikenal luas. Otot ini memungkinkan kita untuk bertahan dari proses defekasi untuk sementara waktu.

Garis Pektinisasi
Garis pektinatal adalah garis yang bertindak sebagai garis pemisah antara dua pertiga (atas) dan bagian ketiga (bawah) anus. Fungsi garis pektinatal penting karena bagian-bagian yang dipisahkan olehnya memiliki struktur dan fungsi yang berbeda

Analsäule
Disebut kolom anal atau kolom Morgagni, terdiri dari beberapa lipatan membran mukosa dan serat otot. Nama Morgagni berasal dari penemunya Giovanni Battista Morgagni. Fungsi kolom anal adalah penghalang dinding anal

Baca Juga :   Struktur Lidah

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Anatomi Anus. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Anatomi Anus Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar