Pasar Monopoli

Posted on

Pasar Monopoli – Ketika mendengar kata Monopoli, maka hal pertama yang saya ingat adalah sebuah permainan yang begitu terkenal yaitu Monopoly. Untuk memenangkan permainan ini yaitu dengan cara mengendalikan seluruh properti yang ada didalam permainan dan pemain akan memenangkan permainan tersebut.

Pasar Monopoli

Berdasarkan penjelasan diatas kita sudah mengetahui tujuan dari Monopoli adalah untuk menguasai pasar.

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli adalah salah satu bentuk dari pasar persaingan tidak sempurna, yang mana di dalam pasar tersebut hanya terdapat satu produsen atau penjual yang menguasai pasar yang bertugas melayani semua konsumen.

Didalam jenis pasar ini seorang produsen yang baru masuk ke dalam pasar umumnya, tidak bisa bersaing dengan produsen lama. Dengan begitu maka akan terjadi sebuah monopoli murni yang ada di dalam suatu pasar yang sudah dikuasai oleh satu produsen.

Produsen atau seorang penjual didalam pasar ini, umumnya tidak perlu lagi untuk melakukan sebuah promosi terhadap produk unggulannya, karena sudah terkenal dilingkungan masyarakat luas. Promosi yang dilakukan biasanya hanya untuk memasarkan produk-produk baru atau brand terkenal yang mereka punya.

Ciri-ciri Pasar Monopoli

  • Hanya terdapat satu orang penjual dengan banyaknya pembeli di pasar. Oleh sebab itu, pembeli sudah tidak dapat lagi beralih ke penjual yang lain, meskipun mereka merasa dirugikan dengan harga yang sudah diterapkan.
  • Tidak ada sebuah barang pengganti yang akan disediakan oleh pihak lain, selain dari penjual yang ada didalam pasar tersebut.
  • Memiliki suatu hambatan jika ingin memasuki pasar bagi pengurus perusahaan baru. Hambatan yang ada didalam pasar tersebut dapat berupa sebuah undang-undang, sebuah teknologi mutakhir yang dimiliki produsen, modal yang sangat besar dan lainnya
  • Penjual yang berada didalam pasar monopoli, bisa menentukan harga sesuai dengan keinginannya, karena sudah tidak tersedia lagi barang substitusi yang ada didekat barang yang dijual.
  • Sebuah kurva permintaan di pasar tersebut sama dengan kurva permintaan yang dihadapi oleh sebuah perusahaan monopolis.
Baca Juga :   Kegiatan Ekonomi

Jenis-Jenis Monopoli

Pasar Monopoli

Pasar Monopoli itu sendiri terdiri dari beberapa macam yang mengacu pada sebuah pengertian dari Pasar Monopoli, dibawah ini terdapat beberapa jenis dari Pasar tersebut :

1. Monopoli Pemerintah dan Negara

Suatu negara atau sebuah pemerintah bisa memonopoli pasar yang digunakan untuk berbagai macam bidang produksi yang penting bagi negara dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup orang banyak.

2. Monopoli Secara Alamiah

Monopoli secara Alamiah adalah Pasar Monopoli yang tercipta karena adanya sebuah pengerauh dari Sumber Daya Alam (SDA), Iklim, Keadaan alam di suatu wilayah yang tidak ada di beberapa tempat lain.

3. Monopoli karena Efisiensi Kerja

Monopoli Efisiensi Kerja merupakan bentuk Kemampuan dari suatu perusahaan didalam memproduksi barang atau jasa yang sangat berkualitas dan diperlukan oleh masyarakat, agar dapat membuat perusahaan tersebut menjadi sebuah produsen tunggal yang telah menguasai suatu pasar.

4. Monopoli karena Bahan Baku

Monopoli karena Bahan Baku merupakan bentuk Penguasaan dari suatu bahan baku oleh sebuah perusahaan tertentu yang dapat menciptakan jenis pasar ini. Pada umumnya hal ini, akan terjadi apabila suatu bahan baku sangat sulit untuk ditemukan di tempat lain, sehingga perusahaan tertentu yang akan menjadi produsen tunggal.

Kelebihan Pasar Monopoli

Layaknya seperti pasar pada umumnya,Pasar Monopoli juga memiliki bebebrapa kelebihan yang perlu kita ketahui yaitu diantaranya :

  • Sifat dari barang tersebut yang tidak mempunyai barang substitusi dekat, membuat sebuah Perusahaan Monopolis tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan sebuah promosi dan membuat iklan agar pembeli dapat melihat produknya.
  • Pada jenis Monopoli secara Alamiah, tambahan seorang penjual justru akan membuat¬†hasil Produksinya tidak mencapai skala ekonomi, sehingga monopoli tersebut justru akan meningkatkan sebuah efisiensi dalam berproduksi.
  • Dengan adanya sebuah monopoli pemerintah bisa menjaga sumber daya alam yang sangat penting bagi masyarakat.
  • Melindungi hak dari kekayaan seseorang sehingga semakin mendorong dilakukannya sebuah inovasi.
Baca Juga :   Ciri Ciri Perseroan Terbatas

Kekurangan Pasar Monopoli

Dilihat dari penjelasan diatas, Pasar Monopoli juga memiliki beberapa kekurangan layaknya seperti pasar pada umumnya yaitu diantaranya :

  • Adanya sebuah monopoli pasar akan sangat memicu munculnya sebuah pasar gelap dan transaksi ilegal, disebabkan barang-barang tersebut sangat sulit untuk didapatkan atau harganya yang terlalu mahal.
  • Produsen bisa saja melakukan sebuah tindakan ketidakadilan terhadap Konsumennya, karena Produsen memiliki kekuatan yang mutlak, misalnya menetapkan harga barang yang terlalu mahal.
  • Keinginan dari konsumen pada pasar ini tidak terlalu memberi pengaruh karena tidak terdapat pilihan barang yang menjadi alternatif.
  • Produsen juga bisa saja melakukan sebuah Eksploitasi karena mereka ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Sekian pembahasan artikel ini mengenai Pasar Monopoli beserta dengan hal-hal yang ada didalam nya. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Pasar Monopoli Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar