Rumus Proyeksi Penduduk

Posted on

Rumus Proyeksi Penduduk, Rumus Proyeksi Penduduk Eksponensial, Rumus Proyeksi Penduduk Excel, Dll – Hallo sahabat pembaca yang budiman, semoga kita selalu dalam limpahan rahmat dan hidayah dari Allah ta’alaa. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas makalah tentang Rumus Proyeksi Penduduk dan keterangannya.

Dalam setiap negara, pasti mengalami yang namanya perubahan jumlah penduduk seiring berjalannya waktu, mulai dari hari, minggu, bulan dan tahun. Biasanya, perubahan tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu : kelahiran, kematian dan migrasi.

Untuk mengetahui perubahan jumlah tersebut, ada rumus untuk menghitungnya yaitu rumus proyeksi penduduk.

Mau tahu lebih jelasnya tentang rumus proyeksi penduduk ? mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini !

Pengertian Proyeksi

Proyeksi penduduk ialah sebuah perhitungan jumlah penduduk untuk mengetahui perubahan jumlah penduduk dan memperkirakan jumlah penduduk di masa yang akan datang berdasarkan asumsi perkembangan kelahiran, kematian dan migrasi.

Di Indonesia itu sendiri, data penduduk yang digunakan dan dipercaya untuk keperluan proyeksi yaitu berasal dari sensus penduduk yang diselenggarakan pada tahun yang berakhir “0” dan survey antar sensus yang berakhir “5”.

Proyeksi atau perhitungan ini digunakan untuk kepentingan pembangunan seperti : perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang. Perencanaan pembangunan tersebut dapat berupa fasilitas pendidikan, kesehatan, perumahan, lapangan kerja dan lainnya.

Istilah proyeksi penduduk (population projections) sering disamakan dengan istilah peramalan penduduk (population forecast) yang sering dipergunakan sebagai dua istilah yang sering dipertukarkan. Meskipun demikian, kedua istilah tersebut sebenarnya mempunyai perbedaan yang sangat mendasar.

Berbagai literature menyatakan bahwa proyeksi penduduk sebagai prediksi (ramalan) yang didasarkan pada asumsi rational tertentu yang dibangun buat kecenderungan masa yang akan datang dengan menggunakan peralatan statistic atau perhitungan matematik.

Baca Juga :   Lirik Lagu Maher Zain Assalamu'alayka Dan Terjemahannya

Disisi lain peramalan (forecast) penduduk dapat saja dengan atau tanpa asumsi atau kalkulasi. Tanpa kondisi atau syarat tertentu atau pendekatan tertentu. 

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa “peramalan bisa berupa proyeksi, namun tidak semua proyeksi membutuhkan peramalan.

Baca :  Gaya Antar Molekul

Rumus Proyeksi Penduduk

Berikut ini adalah beberapa rumus yang dapat kita jadikan sebagai alat untuk menghitung jumlah penduduk, yaitu :

1. Rumus Aritmatika

Rumus aritmatika dapat kita gunakan apabila kita anggap bahwa jumlah penduduk pada suatu tempta setiap tahunnay selalu sama, yaitu :

Pn = P {1 + (r.n)}

Keterangan:
Pn = Jumlah penduduk setelah n tahun ke depan.
P = Jumlah penduduk pada tahun awal.
r = Angka pertumbuhan penduduk.
n = Jangka waktu dalam tahun.

Contoh soalnya:
Wilayah Lampung Timur mempunyai jumlah penduduk sebanyak 50.000 jiwa pada tahun 2014 dan pertumbuhan penduduknya sebesar 2% per tahun. Hitung erapakah jumlah penduduk wilayah Lampung Timur setelah 6 tahun kemudian ?

Jawab:
Pn = P {1 + (r.n)}
Pn = 50000 { 1 + (0,02 x 6)}
Pn = 50000 + 4800 = 54800 jiwa

Jadi jumlah penduduk Lampung Timur pada tahun 2020 diperkirakan sebanyak 44800 jiwa dengan pertumbuhan sebanyak 4800 jiwa tiap pertahunnya.

2. Rumus Geometrik

Perhitungan jumlah penduduk dengan rumus geometri ini menggunakan dasar bunga majemuk pertumbuhan penduduk (bunga berbunga), yaitu :

Pn = P (1 + r)n

Keterangan:
Pn = Jumlah penduduk setelah n tahun ke depan.
P = Jumlah penduduk pada tahun awal.
r = Angka pertumbuhan penduduk.
n = Jangka waktu dalam tahun.

Contoh soalnya:
Wilayah Tanjung Senang mempunyai jumlah penduduk sebanyak 50.000 jiwa pada tahun 2013 dan pertumbuhan penduduknya sebesar 2% per tahun. Hitunglah berapakah jumlah penduduk wilayah Surabaya setelah 5 tahun kemudian?

Jawab:
Pn = P (1 + r)n
Pn = 50000 ( 1 + 0,02)5
Pn = 56240 jiwa

Baca Juga :   Contoh Soal Latihan USBN SMP/MTs 2019 Dan Kunci Jawabannya Lengkap

Maka, prediksi jumlah penduduk Surabaya pada tahun 2018 sebanyak 66.240 jiwa.

3.) Rumus Eksponensial

Rumus ini digunakan apabila pertumbuhan penduduknya konstan atau kontinue tiap hari, yaitu :

Pn = Per.n

Keterangan:
Pn = Jumlah penduduk setelah n tahun ke depan.
P = Jumlah penduduk pada tahun awal.
r = Angka pertumbuhan penduduk.
n = Jangka waktu dalam tahun.
e = Bilangan eksponensial = 2,7182818.

Contoh soalnya:
Jumlah penduduk wilayah Bandar Lampung pada tahun 2013 adalah 90.000 jiwa dan pertumbuhan penduduk 2% per tahun. Berapakah jumlah penduduknya pada tahun 2018?

Jawab:
Pn = Per.n
Pn = 90000 x 2,71828180,02×5
Pn = 90000 x 2,71828180,1
Pn = 91052 jiwa

Maka, jumlah penduduk Merauke pada tahun 2018 sebanyak 11052 jiwa dengan pertumbuhan sebesar 1052 jiwa tiap tahunnya.

Baca :  Rumus Sudut Rangkap Trigonometri Dan Contoh Soalnya Lengkap

Demikianlah pembahasan testang Rumus Proyeksi Penduduk. Semoga bermanfaat ya ….

Related posts: