Sumber Daya Ekonomi

Posted on

Sumber Daya Ekonomi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Sumber Daya Ekonomi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Manusia adalah makhluk ekonomi yang tidak pernah merasa puas. Karena sifatnya, yang belum pernah mengalami kepuasan ini, orang-orang terus berusaha untuk memuaskan kebutuhan mereka. Ternyata dalam masalah ekonomi ada konsep sumber daya ekonomi. Sekarang, untuk menjelaskan artinya, kata-kata dapat dipisahkan. Sumber daya ekonomi dibagi menjadi sumber daya dan ekonomi.

Apa Itu Sumber Daya Ekonomi ?

Sumber merujuk pada potensi yang dimiliki dan potensi ini dapat diproses dan digunakan. Potensi di sini adalah semua hal yang dapat digunakan untuk tujuan ekonomi. Sumber daya ekonomi dapat diartikan lebih jelas daripada alat apa pun yang dapat digunakan oleh manusia. Tujuan menggunakan alat ini adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Sebagaimana dijelaskan di atas, manusia adalah makhluk ekonomi, sehingga mereka tidak pernah merasakan kepuasan. Inilah alasan mengapa orang berusaha untuk memenuhi kebutuhan mereka. Untuk memenuhi persyaratan ini, berbagai alat dibutuhkan. Semua jenis alat yang digunakan dalam ekonomi dan memenuhi kebutuhan hidup disebut sumber daya ekonomi.

Berbagai Macam Sumber Daya Ekonomi

Berbagai Macam Sumber Daya Ekonomi

Sumber daya ekonomi ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Pada dasarnya, sumber daya ekonomi dapat dibagi menjadi tiga jenis. Jenis-jenis klasifikasi sumber daya ekonomi adalah sebagai berikut:

A. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam dapat dijelaskan sebagai segala sesuatu yang ada di lingkungan alam dan dapat digunakan untuk menjadi barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Hadiah kaya yang diberikan Tuhan kepada manusia adalah alam. Di alam, ada banyak hal yang bisa Anda penuhi. Pengelolaan alam harus ditangani dengan hati-hati. Yang dimaksud dengan bijak adalah perlakuan yang tepat terhadap alam dengan tidak merusak kondisi alam.

Baca Juga :   Teori Nilai Uang

Eksploitasi yang berlebihan dan tidak bertanggung jawab menyebabkan kerusakan lingkungan. Ini juga bisa menjadi penyebab bencana alam. Untuk menghindari ini, kita perlu memperlakukan alam dengan baik. Manfaatkan potensi tersebut tanpa merusak lingkungan. Konservasi alam tidak hanya dapat menghindari bencana, tetapi juga membawa keuntungan tinggi.

Alam yang indah dan terpelihara dengan baik dapat digunakan sebagai ladang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Keindahan lingkungan juga dapat menarik perhatian dan digunakan sebagai tempat rekreasi turis untuk meningkatkan nilai ekonomisnya.

Sebenarnya, orang dapat dengan mudah mengatakan bahwa kebutuhan kita dapat dipenuhi secara alami. Ini karena sebagian besar kebutuhan kita berasal dari alam. Misalnya, makanan, tempat tinggal, pakaian, dll., Meskipun ada beberapa benda yang melalui proses produksi.

Sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sumber Daya Terbarukan
    Sumber daya alam terbarukan adalah sumber daya alam siklus yang dapat ditingkatkan dengan ada atau tidak adanya intervensi manusia. Misalnya tanaman, tanaman, pohon dan lainnya.
  • Sumber Daya Alam tidak Terbarukan
    Sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan pengulangannya membutuhkan proses yang sangat panjang. Misalnya, emas, batu bara dan lainnya.

B. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia adalah sumber daya ekonomi yang paling penting. Ini karena ekonomi suatu negara dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang tersedia di negara tersebut.

Begitulah kemajuan atau mundur suatu bangsa. Baik buruknya kualitas sumber daya manusia di suatu negara mempengaruhi kondisi negara tersebut. Kemakmuran suatu negara dijamin ketika kualitas sumber daya manusianya tinggi.

Sejauh ini, masih banyak negara di dunia yang kekurangan sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam. Tetapi masih banyak negara yang memiliki sumber daya alam lebih sedikit dan sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Baca Juga :   Fungsi Kebijakan Moneter

Tidak jarang ditemukan di negara-negara kecil dengan manajemen sumber daya yang sangat baik. Namun, masih banyak negara besar yang tidak dapat mengelola sumber daya alamnya.

Manusia harus bertindak tidak hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai distributor dan produsen untuk mempromosikan kemajuan ekonomi. Untuk mencapai sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, pendidikan dapat dicapai.

Hal terpenting yang perlu disorot dalam hal kualitas sumber daya manusia adalah sains dan teknologi. Tujuannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan daya saing. Ada beberapa elemen yang harus dipenuhi untuk mendukung terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Elemen-elemen ini adalah sebagai berikut:;
Moralitas
Keahlian
Kekuatan fisik

C. Sumber Daya Modal

Modal berurusan dengan hal-hal yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya modal tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga dapat mengambil bentuk lain.
Beberapa alat yang dapat dikategorikan sebagai modal adalah:

  • Uang
  • Negara
  • Informasi
  • Teknologi
  • Peralatan
  • dan sebagainya

Ibukotanya dapat dibagi menjadi beberapa jenis:
Jenis modal menurut pemilik
Menurut pemiliknya, modal dibagi menjadi dua jenis:
Modal individu
Modal masyarakat

Jenis modal sesuai dengan bentuknya
Menurut bentuknya, modal dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
Modal beton (modal nyata) adalah modal yang dapat dilihat, diukur atau ditimbang. Misalnya uang.
Modal abstrak adalah modal yang tidak terlihat tetapi yang hasilnya nyata, seperti kemampuan.

Jenis modal sesuai dengan sifatnya
Modal secara alami dibagi menjadi dua jenis:
Modal tetap adalah modal yang dapat digunakan beberapa kali selama periode produksi, seperti mesin dan kantor.
Modal saat ini adalah modal yang dikonsumsi dalam suatu produksi, misalnya dalam uang kertas.

Baca Juga :   Pengertian Bank Sentral

Jenis modal sesuai dengan bentuknya
Menurut bentuknya, modal dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
Uang
Barang

Jenis modal setelah sumber
keadilan
modal pinjaman

Peranan Sumber Daya Ekonomi Dalam Pembangunan

Bahkan, dapat dikatakan bahwa setiap sumber daya ekonomi memiliki peran dan fungsinya sendiri. Dalam hal pembangunan, sumber daya ekonomi yang paling penting adalah sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Pengembangan berlangsung untuk meningkatkan kondisi ekonomi. Tujuan utamanya adalah mendorong perekonomian di satu negara. Perkembangan ini terjadi di banyak bidang, seperti pertanian, perikanan dan sumber daya laut.

Hal terpenting dalam pembangunan adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Karena kualitas sumber daya manusia yang tinggi, langkah pembangunan akan dipercepat dan waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi ekonomi akan lebih pendek. Perkembangan ini dapat dimulai di daerah melalui penggunaan otonomi daerah, hingga akhirnya dukungan ekonomi regional dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi negara.

Telah dikatakan bahwa sumber daya manusia adalah sumber daya ekonomi yang paling penting. Peran sumber daya manusia, yaitu:

  • Sebagai pekerjaan
  • Sebagai seorang ahli
  • Sebagai kepala perusahaan.
  • Sebagai pengusaha
  • Sebagai pencipta dan pengembang sains dan teknologi
  • Sebagai sumber daya yang tugasnya mengatur penggunaan berbagai faktor produksi.
  • Sebagai produsen

Sumber Daya Manusia diharapkan mampu mengolah sumber daya alam secara efektif, efisien dan bertanggung jawab. Tujuannya adalah untuk mempromosikan pembangunan nasional di berbagai sektor. Kapitalisasi juga mempengaruhi perkembangan nasional suatu negara. Intinya adalah bahwa semua sumber daya ekonomi ini saling berhubungan.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Sumber Daya Ekonomi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Sumber Daya Ekonomi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar