Peran Pasar Didalam Ekonomi

Posted on

Pasar Didalam Ekonomi – Tentunya kita sudah tidak asing ladi mendengar kata-kata Pasar. Pasar didalam lingkungan masyarakat sangat berperan penting dalam sebuah kegiatan Perekonomian. Apa yang dimaksud dengan pasar? Nah untuk itu yuk kita simak ulasan mengenai Peran Pasar Didalam Ekonomi secara rinci dan hal-hal yang ada didalamnya.

Peran Pasar Didalam Ekonomi

Pengertian Pasar

Pasar merupakan sebuah tempat untuk bertemunya seorang pembeli dengan penjual yang bertujuan untuk melakukan sebuah transaksi ekonomi yakni untuk menjual dan juga membeli suatu barang atau sebuah sumber daya ekonomi serta berbagai macam faktor produksi yang lainnya.

Definisi pasar umumnya tidak merunjuk ke sebuah lokasi atau suatu tempat yang tertentu, hal tersebut disebabkan karena pasar tidak mempunyai sebuah batasan geografis. Adanya sebuah sistem jaringan komunikasi yang modern dapat menghilangkan hambatan atau batasan dari geografis, sehingga bisa memungkinkan untuk penjual dan pembeli bertransaksi tanpa harus saling bertemu satu sama lain.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai Pengertian Pasar yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

1. Kotler dan Amstrong

Menurut Kotler dan Amstrong, pasar merupakan sejumlah pembeli yang aktual dan juga potensial dari beberapa sebuah produk atau jasa. Besarnya sebuah pasar tergantung dari jumlah orang yang memiliki kebutuhan dan mau melakukan sebuah transaksi.

 

2. William J.Stanton

Menurut William J.Stanton pasar merupakan sekumpulan orang yang mempunyai keinginan untuk memuaskan diri dengan menggunakan uangnya untuk berbelanja, serta mempunyai kemauan untuk membelanjakan uangnya tersebut.

Baca Juga :   Kegiatan Ekonomi

3. Menurut H. Nystrom

Pasar menurut H. Nystrom dapat diartikan sebagai suatu tempat yang bertujuan untuk melakukan kegiatan transaksi barang dan juga jasa antara produsen dan konsumen.

4. Simamora

Menurut Simamora, pasar merupakan sekumpulan orang yang mempunyai sebuah kebutuhan dan keinginan untuk memiliki produk tersebut, mempunyai kemampuan dan sebuah kemauan untuk membeli produk tersebut, dan juga memiliki sebuah kesempatan untuk memberi keputusan membeli sebuah produk yang diinginkannya.

Ciri-ciri Pasar

Dari beberpa penjelasan dan definisi Pasar maka kita sudah dapat mengetahui beberapa karakteristik dari pasar, yaitu sebagai berikut ini :

  • Terdapat sebuah barang atau jasa yang akan diperjual belikan.
  • Akan terjadi sebuah proses transaksi jual dan beli.
  • Adanya sebuah proses permohonan dan tawar menawar.
  • Terjadinya sebuah proses interaksi antara seorang pembeli dan penjual.
  • Transaksi bisa terjadi hanya ketika ada sebuah kesepakatan antara seorang penjual dan pembeli.

Jenis-Jenis Pasar

Peran Pasar Didalam Ekonomi

Pasar dapat dikelompokkan berdasarkan jenis, wujud, barang yang dijual, hari, tempat maupun dari segi luas jangkauan pasar. Berikut dijelaskan jenis jenis pasar:

1. Pasar Berdasarkan Jenisnya

Pasar berdasarkan dari jenisnya dapatkan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, sebagai berikut ini :

  • Pasar barang konsumsi : merupakan salah satu jenis pasar yang memperjual belikan barang-barang untuk keperluan atau sebuah kebutuhan rumah tangga dari konsumennya,
Contohnya : sandang, papan, maupun kebutuhan akan barang-barang mewah seperti mobil, motor dan perhiasan.
  • Pasar faktor produksi : merupakan salah satu pasar yang memperjual belikan beberapa faktor produksi yang biasa dipakai oleh produsen,
Contohnya : sebidang tanah, tenaga kerja, mesin produksi, dan juga tenaga ahli.

2. Pasar Berdasarkan Waktunya

Pasar berdasarkan dari waktunya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

  • Pasar Harian
Baca Juga :   Pengertian Bank Sentral

Pasar harian merupakan salah satu bentuk pasar di mana pertemuan antara sekumpulan pembeli dan penjual yang bisa dikerjakan setiap harinya. Pasar harian secara umum hanya menjual berbagai jenis barang yang termasuk kedalam kebutuhan konsumsi, kebutuhan jasa, kebutuhan akan bahan mentah, dan juga kebutuhan produksi.

  • Pasar Mingguan

Pasar mingguan merupakan salah satu jenis pasar yang hanya dilakukan setiap seminggu sekali. Biasanya pasar mingguan hanya terdapat di beberapa daerah yang penduduknya masih seperti di pedesaan atau perkampungan.

  • Pasar Bulanan

Pasar bulanan merupakan salah satu jenis pasar yang hanya dilakukan dalam kurun waktu sebulan sekali, dan juga hanya terdapat di beberapa daerah tertentu. Biasanya didalam pasar tersebut terdapat para pembeli yang ingin membeli sebuah barang-barang tertentu yang kemudian akan dijual kembali.

Contoh dari pasar bulanan pasar hewan, tokok sembako dan lain sebagainya.
  • Pasar Tahunan

Pasar tahunan merupakan salah satu bentuk pasar yang dilaksanakan hanya setiap satu tahun sekali. Pasar tahunan secara umum bersifat nasional yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk barang baru.

Contoh dari pasar tahunan : Pameran Pembangunan, Pekan Raya Jakarta, dan lain sebagainya.
  • Pasar Temporer

Pasar temporer merupakan bentuk dari pasar yang hanya dilaksanakan pada waktu tertentu dan juga pasar temporer ini bisa terjadi secara tidak rutin. Pada umumnya, pasar temporer diselenggarakan hanya untuk merayakan peristiwa atau hari-hari tertentu. Contoh dari pasar temporer yaitu Bazar.

3. Pasar Berdasarkan Jenis Transaksinya

Berdasarkan dari jenis transaksinya sebuah pasar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :
  • Pasar konkret
Pasar Konkret merupakan bentuk pasar yang penjual dan pembelinya bertemu secara langsung untuk meakukan kegiatan jaul beli, barang juga dilihat secara langsung dan pembeli juga bisa langsung membayar jika ingin membeli barang tersebut.
  • Pasar abstrak
Pasar Abstrak merupakan pasar sebuah barang dan jasa yang ingin diperjual belikan namun tidak ada di tempat. Pedagang hanya akan memberikan contoh seperti gambar kepada seorang calon pembeli. Akan tetapi barang tersebut sudah terjamin dari kualitasnya. Pasar abstrak bisa disebut sebagai pasar bursa. Contohnya seperti tokok online yang sekarang ini sedang populer.

Fungsi dan Peran Pasar

Secara umum terdapat 5 fungsi dan peran pasar bagi kehidupan masyarakat yaitu, diantaranya sebagai berikut :

  1. Pasar berperan untuk menetapkan harga : menetapkan harga dari suatu barang dan jasa juga harus sesuai dengan sebuah permintaan dan penawaran dari pasar.
  2. Berfungsi untuk Mengorganisir Produksi : menentukan suatu metode produksi yang sangat sesuai dengan memaksimalkan sebuah rasio antara output dari produk dengan sebuah input sumber daya.
  3. Berperan untuk Mendistribusikan Produksi : pasar juga berperan sebagai distributor dari pembayaran kepada para pelaku pasar, didalam hal tersebut tenaga kerja yang dipakai sesuai dengan produktifitasnya.
  4. Berfungsi untuk Menyelenggarakan Penjatahan : pasar juga bertujuan untuk membatasi sebuah konsumsi dari suatu barang produksi yang sudah tersedia. Masing-masing dari pembeli akan mendapatkan jatah sesuai dengan apa yang ingin dibelinya.
  5. Berperan untuk Menyediakan barang dan jasa : pasar juga ikut berperan sebagai sebuah fasilitator dalam hal pengelolaan dari tabungan dan juga investasi. Pasar yang menyediakan sebuah investasi dan tabungan merupakan bentuk dari pasar modal.
Baca Juga :   APBN Dan APBD

Sekian ulasan dari artikel yang menjelaskan Peran Pasar didalam Ekonomi beserta dengan penjelasan lengkap yang bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Baca Artikel Terkait Lainnya :