Cara Menentukan 1 Pon Berapa Kg dan Contoh Soalnya

Posted on

Rumusbilangan.com- Pembahasan Lengkap mengenai materi tentang Cara Menentukan 1 Pon berapa Kg, Berikut Pengertian dan Contoh Soalnya.

Hallo sahabat ,, hari ini kita akan mengajak sahabat – sahabat semua untuk kembali membahas materi tentang satuan massa, yakni kita akan mencari, bagaimana Cara Menentukan 1 Pon berapa Kg, Berikut Pengertian dan Contoh Soalnya.

Meskipun Pon ini jarang sekali ditanyakan dan digunakan pada kehidupan sehari-hari, akan tetapi mengetahui jawaban satu pon ada berapa kilogram ialah sebuah keperluan. Banyak orang yang awam dan tidak tau apa itu pon.

Mengapa ini bisa terjadi? Hal ini di sebabkan karna pon merupakan salah satuan yang tidak biasa dipakai di negara kita yang kita cintai ini. Namun di negara lain banyak yang menggunakan satuan pon ini. Namun jika di Asia, orang-orang lebih memilih kg untuk satuan massa termasuk Indonesia.

Untuk itu, yuk kita langsung saja bahas…

Pengertian Satuan Masssa Pon

Satuan pon adalah sebuah satuan berat ataupun satuan yang menyatakan sebuah besarnya massa suatu benda.

Bagi di beberapa negara, satuan pon tersebut juga digunakan untuk menyatakan sebuah berat badan. Satuan pon mempunyai besaran nilai sekitar setengah dari 10 ons. Oleh karena itu setiap 10 ons besarnya menjadi 50 pon. Hal ini menjadi sebuah dasar dalam penghitungan 1 pon berapa kg.

Pengertian Satuan Massa Kg

Kg adalah kepanjangan dari Kilogram merupakan satuan kilogram dari salah satu satuan massa atau berat dalam sebuah sistem internasional (SI).

Simbol resmi untuk satuan kilogram yaitu kg. Satuan dasar untuk massanya (berat) ialah gram. Namun 1 kilogram ada berapa gram? Beberapa satuan massa lainnya berbasis gram misalnya ialah milligram (mg), centigram (cg), decigram (dg), dst.

Baca Juga :   Gerak Parabola- Definisi, Komponen, Rumus dan Contoh Soalnya

Massa kilogram standar kilogram ini hampir sama dengan massa 1 liter air.

Di dalam penggunaannya pada kehidupan sehari-hari, massa sebuah benda disamakan dengan berat, padahal sebenarnya keduanya ialah hal yang berbeda sama sekali, dilihat dari nilai serta konsepnya.

Dalam konteks sains, massa merujuk kepada banyaknya jumlah partikel dalam suatu objek, sedangkan berat merujuk kepada gaya yang dialami oleh suatu benda akibat adanya suatu gaya gravitasi. Sebuah objek yang memiliki massa satu kilogram akan memiliki sebuah berat antara 9.78 newton dan 9.83 newton, tergantung pada gravitasi di tempat itu.

Rumus Konversi Satuan Pon Menjadi Kg

Selanjutnya kita bahas mengenai rumus – rumus konversi pon ke kilogram. Untuk mengetahui jawaban 1 pon berapa kg. Maka kita ketahui terlebih dahulu bahwa nilai 1 pon memiliki besaran nilai sebanyak 5 ons. Dimana 10 ons nilainya adalah 1  kg. Dengan demikian akan diperoleh hasil bahwa 1 pon berapa kg yaitu:

 1 pon = 0,5 kg
1 kg = 2 pon

Untuk menghitung 1 pon berapa kg tersebut, kita dapat menggunakan sebuah rumus konversi pon menjadi kg apabila nilainya lebih dari satu. Berikut rumus menghitung konversi pon menjadi Kg tersbut:

 ….pon x 0,5 = ….kg

Berikut ini juga adalah tabel tentang hasil konversi dari pon ke kg:

Contoh Soal dan Pembahasannya

Contoh 1 :

Aminah membeli sekantong plastik jeruk seberat 15 pon, berapakah berat jeruk dalam hitungan kg tersebut ?

Pembahasan :

Rumus: …. pon x 0,5 = … kg

15 x 0,5 = 7,5

Maka: Jumlah jeruk Aminah adalah 7,5kg

Contoh 2 :

Para pekerja kebun sedang memetik hasil panen jagung di 4 kebun yang berbeda dengan hasil panen di kebun A berjumlah 100 pon, kebun B berjumlah 400 pon jeruk , kebun C berjumlah 300 pon jeruk dan kebun D berjumlah 250 pon jeruk. berapakah jumlah keseluruhan panen petani jeruk tersebut apabila di hitung di dalam satuan berat kilogram?

Baca Juga :   Contoh Bilangan Eksak dan Non Eksak (Angka Penting + Contohnya)

Pembahasan :

Jadikan terlebih dahulu jumlah pon ke dalam kilogram pada masing-masing kebun:

kebun A sebanyak 100 pon = 100 x 0,5 = 50 kg
kebun B sebanyak 500 pon = 500 x 0,5 = 200 kg
kebun C sebanyak 300 pon = 300 x 0,5 = 150 kg
kebun D sebanyak 200 pon = 250 x 0,5 = 125 kg
Maka: jumlah keseluruhan jeruk pada masing masing kebun tersebut adalah
50 + 200 + 150 + 125 = 525
Maka, total hasil panen petani tersebut adalah 525kg jagung.

Demikianlah pembahasan kita hari ini mengenai 1 pon berapa kg. Semoga bermanfaat …

Baca Juga,

Cara Menentukan 1 Pon Berapa Kg dan Contoh Soalnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar