Cara Menghitung 1 Dekade Berapa Tahun? dan Contoh Soal

Posted on

Rumusbilangan.com- Kali ini kita akan membahas materi tentang Bagaimana Cara Menghitung 1 Dekade Berapa Tahun? di mulai dari pengertian, cara mengkonversikannya serta contoh – contoh soalnya berikut pembahasannya.

Untuk yuk kita simak!

1 dekade berapa tahun

Pengertian Dekade

Pengertian Dekade atau biasa disebut Dasawarsa adalah sebuah satuan waktu yang umum dipakai dalam ilmu matematika untuk menentukan sebuah jumlah pada tahun. Dekade atau dasawarsa biasa dihubungkan dengan beberapa satuan waktu yang lain misalnyai tahun, windu, abad, semester serta bulan.

Kata dasawarsa berasal dari bahasa sangsekerta dasa (sepuluh) dan warsa (tahun).  Kosakata ini di serapa oleh bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Jawa.

Dekade dalam bahasa inggrisnya yaitu: decade memiliki arti satuan waktu. Dekade ini dapat digunakan untuk menyatakan sebuah periode (selang waktu), contohnya:

”sepeda motor ini sudah saya miliki selama kurang lebih 4 dekade”.

Dekade ini juga dapat digunakan untuk menyatakan sebuah usia, contohnya: “sebuah mobil memiliki usia dari perakitan hingga sekarang sudah sekitar selama 5 dekade”.

Dasawarsa atau dekade yang merupakan sebuah unit waktu yang terdiri dari 10 tahun. Dasawarsa dimulai pada tahun yang berakhiran dengan angka 0, dan berakhir pada tahun yang berakhiran dengan angka 9.

Contoh: dasawarsa 80-an, dimulai dari tahun 1980 sampai 1989.

Pengertian Tahun

Satu tahun atau yang bisa juga disebut warsa(dalam bahasa sangsekertanya) adalah sebuah periode orbit Bumi yang bergerak dalam orbitnya mengililingi matahari.

Kemiringan sumbu Bumi pada satu tahun mengalami berlalunya sebuah  musim yang  ditandai dengan perubahan cuca, jam siang dan berdampak pada vegetasi dan kesuburan tanah. Di daerah beriklim sedang dan sub kutub di seluruh dunia, empat musim umumnya diakui yaitu: musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Di daerah tropis dan bur  tropis dan sub tropis tidak ada musim yang jelas. Akan tetapi di daerah tropis musiman, musim hujan dan kemarau tahunan diakui dan dilacak.

Baca Juga :   Rumus Segitiga - Luas, Keliling, dan Contoh Soalnya

Didalam sebuah tahun kalender, perkiraan jumlah hari dari periode orbit Bumi dihitung dalam kalender  tertentu. Kalender Gregorion atau modern, menyajikan tahun kalender untuk menjadi baik dari tahun biasa (365 hari) atau tahun kabisat yaitu: 366 hari, seperti juga kalender julian. Untuk kalender Gregorian panjang rata-rata tahun kalender (tahun rata-rata) di seluruh siklus lompatan lengkap 400 tahun ialah 365,2425 hari. Standar ISO ISO80000-3, Annex C, mendukung simbol “a” (untuk bahasa Latin annus) untuk mewakili satu tahun baik 365 hari atau 366 hari. Dalam bahasa Inggrisnya yaitu year, singkatannya yaitu: “y” dan “yr” yang umum digunakan.

Kata “tahun” juga digunakan untuk sebuah waktu yang terkait longgar dengan, tetapi tidak identik dengan, tahun kalender atau astronomi, sebagaimana tahun musiman, tahun fiskal, tahun akademik, dll.

Demikian pula, “tahun” dapat berarti periode orbit planet manapun: misalnya, tahun Mars atau tahun Venus ialah contoh dari waktu yang diperlukan planet untuk satu transit orbit lengkap. Istilah ini juga dapat digunakan dalam bentuk referensi untuk sebuah periode atau siklus panjang, seperti Great Year.

Berikut ini adalah penjabaran hasil konversi dari dekade ke tahun:

1 dekade = 10 tahun

2 dekade = 20 tahun

3 dekade = 30 tahun

4 dekade = 40 tahun

5 dekade = 50 tahun

6 dekade = 60 tahun

7 dekade = 70 tahun

8 dekade = 80 tahun

9 dekade = 90 tahun

10 dekade = 100 tahun

Dari penjabaran hasil konversi di atas, maka dapat kita ketahui jawaban dari sebuah pertanyaan,

1 Dekade Berapa tahun?

Jawabannya adalah 10 tahun

Rumus Cara Menghitung Jumlah Konversi Dari 1 Dekade Ke tahun

Rumus yang dapat di gunakan untuk menghitung dari dekade atau dasawarsa ke tahun adalah:

b = b.a dasawarsa/dekade

Keterangan :

  • b adalah untuk ukuran waktu satuan dasawarsa
  • a adalah untuk ukuran waktu satuan tahun
Baca Juga :   Pengertian Notasi Sigma, Rumus dan Sifat-Sifatnya

Contoh Soal dan Pembahasannya

Soal 1

1 dekade berapa tahun?

Jawab:

b = b.a

1 = 1.10 = 10 tahun

Soal 2

Pak Bakri seorang guru honorer di SD. Baliau sudah mengabdi terhitung dari semenjak beliau mulai berkerja hingga sekarang sudah terhitung sekitar 1,5 dekade. Berapa tahun pak Bakri tersebut mengabdi?

Jawab:

b = b.a

b = 1,5 x 10 = 15

Maka, pak Bakri sudah mengabdi selama 15 tahun

Soal 3

Sepeda Onta ini sudah berusia sekitar 15,5 dekade. Berapa tahun usia sepeda onta tersebut?

Jawab:

b = 15,5

b = 15,5 x 10 = 155

Maka, jumlah usia tersebut adalah 155 tahun

Demikianlah pembahasan kita menganai Pertanyaan 1 Dekade Berapa Tahun?. Semoga bermanfaat …

Artikel Terkait :