Vesica Urinaria

Posted on

Vesica Urinaria – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Vesica Urinaria yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Kandung Kemih adalah organ dalam bentuk kantong yang terdiri dari otot yang saling menjalin. Organ ini terletak di rongga panggul di belakang pubis.

Biasanya, kandung kemih menyimpan sekitar 500 ml urin. Ketika urin kosong, oval memiliki bentuk pir dan terletak di rongga panggul. Jika mengandung urin, dinding atas kandung kemih memasuki area perut.

Apa Itu Vesika Urinaria ?

Vesika Urinaria Atau Kandung kemih adalah salah satu organ dalam sistem kemih manusia yang mengumpulkan sementara urin sebelum dilepaskan melalui proses urin kecil.

Fungsi Dari Vesika Urinaria

Fungsi Vesika Urinaria
  • Fungsi utama kandung kemih adalah untuk menyimpan urin sebelum dilepaskan saat buang air kecil.
  • Biasanya, kandung kemih hanya menampung sekitar 500 ml urin, tetapi kapasitas maksimum yang dapat disimpannya jauh lebih besar.
  • Memberi tubuh sinyal ketika urin yang dikumpulkan cukup untuk dikeluarkan.
  • Bantu kencing dengan membandingkan otot detrusor.

Struktur Serta Bagian Dari Vesika Urinaria

Struktur Serta Bagian Dari Vesika Urinaria
Struktur Vesika Urinaria

Bagian utama dari kandung kemih adalah otot detrusor, yang terdiri dari otot spiral, longitudinal dan melingkar. Jika Anda ingin buang air kecil, otot ini berkontraksi dengan mengirimkan sinyal parasimpatis. Lapisan kandung kemih dari luar ke dalam adalah lapisan seroa (peritoneum parietal), lapisan subkutan (fascia endopelvina), lapisan otot (detrussor d.), Lapisan subkutan dan lapisan mukosa.

Baca Juga :   Pengertian Lambung

Puncak kandung kemih menghadap pubis simpatis, sedangkan bagian bawah menghadap dubur pada pria dan vagina pada wanita. Leher berada di bagian bawah, di mana kandung kemih tampak menyempit menuju uretra. Bagian tubuh atau tubuh adalah bagian terbesar di kandung kemih. Dalam gelembung adalah bagian yang disebut Trigone, area yang membentuk struktur segitiga di dinding belakang kandung kemih. Trine ini terdiri dari dua bukaan uretra (bukaan uretra tempat kateter masuk) dan bukaan uretra inter-oral (bagian awal uretra).

Leher kandung kemih terdiri dari otot-otot detrusor yang membentuk sfingter uretra internal. Sfingter ini ditutup selama proses ejakulasi untuk mencegah sperma memasuki kandung kemih. Sfingter ini dikendalikan secara tidak sadar. Ada juga sfingter uretra eksternal yang untuk sementara menahan urin. Sfingter ini dapat dikontrol secara sadar.

Gejala Gangguan Kandung Kemih

Ganguan Serta Gejala Kandung Kemih

Beberapa gejala yang terkait dengan infeksi saluran kemih adalah sebagai berikut:

  • Urgensi tinggi dan nama samaran konstan
  • Nyeri atau terbakar saat buang air kecil
  • Mengompol sering
  • Air seni terlihat berkabut
  • Air seni berwarna merah, merah muda muda atau seperti cola. Ini menandakan bahwa ada darah dalam urin
    bau urine yang tajam
  • Nyeri panggul pada wanita.

Berbagai jenis bakteri dan mikroba dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Paling umum adalah Escherichia coli, saluran pencernaan bakteri yang umum.

Faktor Penyebab Terganggunya Saluran Kandung Kemih

Beberapa hal yang meningkatkan risiko infeksi saluran kemih:

Anatomi
Wanita lebih rentan karena saluran kemih lebih pendek daripada pria, sehingga bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih.

Aktivitas Seksual
Seseorang yang aktif secara seksual lebih rentan terhadap perkembangan infeksi saluran kemih.

Baca Juga :   Fungsi Kelenjar Adrenal

Kontrasepsi
Wanita yang menggunakan diafragma dan spermisida dilaporkan lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih.

Menopause
Perubahan hormonal setelah menopause membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih.

Cara Mengatasi Ganguan Kandung Kemih

Cara Mengatasi Ganguan Kandung Kemih

Ambil Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik untuk pencernaan, yang dapat diperoleh dari makanan atau suplemen. Satu studi menemukan bahwa Lactobacillus, sejenis probiotik, dapat mencegah infeksi saluran kemih pada wanita dewasa. Beberapa makanan yang mengandung probiotik termasuk yogurt, kefir, kimchi dan kombucha.

Jus Cranberry
Jus cranberry bebas gula adalah salah satu solusi alami untuk mengobati infeksi saluran kemih. Cranberry mencegah penetrasi bakteri ke saluran kemih dan dengan demikian dapat mencegah infeksi.

Konsumsi Vitamin C
Peningkatan konsumsi vitamin C juga dapat mencegah infeksi saluran kemih. Karena Vitamin C dapat meningkatkan keasaman urin dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Buah-buahan tinggi Vitamin C seperti jeruk, jeruk bali dan kiwi dapat dikonsumsi oleh Anda untuk mengobati infeksi saluran kemih.

Teh Hijau
Studi menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat antimikroba yang dapat menangkis bakteri E. coli yang menyebabkan ISK. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan yang bisa mengurangi peradangan di kandung kemih.

Minumlah Banyak Air

Minum air secara teratur setiap hari dapat menjadi langkah pertama dalam pencegahan dan pengobatan infeksi saluran kemih. Karena delapan hingga sepuluh gelas air sehari dapat menghilangkan bakteri yang dilepaskan melalui urin. Selain itu, disarankan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti soda, kopi dan teh, serta minuman beralkohol dan manis.

Jangan Tahan Kencing
Cobalah buang air kecil secara teratur karena ini dapat menghilangkan bakteri dari uretra yang dapat menyebabkan infeksi. Karena itu jangan pernah menahan buang air kecil, karena jika tidak bakteri dapat tumbuh.

Baca Juga :   Struktur Hidung

Gunakan Kompres Panas
Kompres panas dapat meredakan nyeri kandung kemih. Aplikasi: Jangan dioleskan langsung ke kulit, tetapi tutupi dengan kain. Gunakan selama maksimal 15 menit agar kulit tidak terbakar.

Jaga Agar Gelembung Tetap Bersih
Selalu jaga kebersihan kandung kemih dan genital untuk menghindari infeksi saluran kemih. Pastikan Anda tidak menggunakan sabun pembersih feminin. Bilas area genital dari depan ke belakang sehingga kuman tidak masuk ke area kemih, lalu keringkan. Juga, gunakan sabun sebanyak mungkin yang tidak memiliki aroma ekstra.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Vesica Urinaria. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Vesica Urinaria Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar