Bahasa Arab Ibu

Posted on

Bahasa Arab Ibu – Assalamualaikum wr wb …. Hallo sahabat semua, pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan kembali pembahasan makalah tentang bahasa Arab yang kali ini kita akan bahas yaitu tentang Ibu dalam bahasa Arab serta beberapa penjelasan – penjelasan yang lainnya lengkap.

Sebagai pembuka, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa istilah panggilan untuk ibu, sama seperti bahasa Indonesia yang memiliki beberapa istilah panggilan untuk ibu seperti mama, mami, ibu, bunda dan lainnya.

Untuk itu, mari langsung saja kita simak pembahasan dibawah berikut ini !

Bahasa Arab Ibu
Bahasa Arab Ibu

Bahasa Arab Ibu

Ibu bahasa arabnya yaitu أُمِّ dibaca Ummi. Namun ada beberapa isitilah yang lain tentang panggilan untuk Ibu ini, seperti : امي dibaca Ummii, موي dibaca Muya, امت dibaca amati dan أُمٌ dibaca Ummu, Semuanya itu memiliki arti Ibu.

Semua itu memiliki arti yang sama namun memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda. Mengenai fungsinya, berikut ini kita sajikan keterangannya dibawah berikut :

Baca : Panggilan Tante Dalam Bahasa Arab

أُمِّ (Ummi)

أُمِّ / Ummi ini memiliki arti Ibu yang biasanya dipakai panggilan untuk anak kepada ibunya. Lafadz أُمِّ / Ummi dalam al Qur’an dapat kita jumpai pada surah berikut ini :

Al-Qoshos (28 : 7) =
Dan Kami ilhamkan kepada Ibu Musa:…” وَأَوْحَيْنَا إِلَى أُمِّ مُوسَ

Surat Al-Qoshos (28 : 10) =
Dan hati ibu Musa menjadi kosong…..” وَأَصْبَحَ فُؤَادُ أُمِّ مُوسَى

Q.S. An-nisa’ ( 4 : 23) =
Diharamkan bagimu menikahi ibu-ibumu….” حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ

Q.S.Luqman (31: 14) = حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْناً عَلَى وَهْنٍ
” Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah…

Baca Juga :   Sistem Komputer

Baca : Belajar Bahasa Arab Mudah

امي (Ummii)

Lafadz امي (Ummii) ini memiliki arti yang sama yaitu Ibu. Namun panggilan ini biasa dipakai untuk menunjukkan penghormatan daripada si anak kepada ibunya.

Mengenai panggilan ini, ada juga istilah yang sering kita dengar namun maksud atau maknanya bukan ibu. Lafadz ini yaitu lafdz  الأمّى ّ (al ummiy) sekilas jika kita baca seperti sama, namun sebenarnya berbeda.

Jika lafadz امي kita baca ummii dengan akhiran panjang (mad) maka artinya Ibu. Sedangkan pada lafadz الأمّى ّ (al ummiy) pada akhir huruf ya’ nya dimatikan maka artinya buta huruf atau tidak bisa membaca.

Lafadz الأمّى ّ (al ummiy) ini dapat kita temukan dalam Al Qur’an surat berikut :

Qur’an surat Al A’rof (7) : 157 – 158, yaitu : الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأُمِّيَّ
Artinya : “Rasul, Nabi yang ummiy (tidak bisa baca tulis)
فَآمِنُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ
Artinya : “Maka berimanlah kepada Alloh dan Rasul-Nya, yaitu Nabi yang Ummiy, yang beriman kepada Alloh dan kalimat-kalimat-Nya. Ikutilah dia, agar kamu mendapat petunjuk”

موي (Muuya)

موي / muuya artinya sama yaitu Ibu. Panggilan ini sejajar dengan panggilan بوي buya. Istilah nama panggilan موي / muuya ini biasa digunakan untuk menunjukkan panggilan sayang daripada si anak kepada ibunya atau karena nilai keutamaan (keilmuan) yg melekat pada diri seorang Ibu tersebut.

امت (Amati)

امت / amati ini memiliki arti yang sama yaitu Ibu. Panggilan امت ini biasa digunakan untuk menunjukkan panggilan hormat sekaligus kasih sayang daripada si anak kepada ibunya.

أُمٌ (Ummu) الأُمُّ (Al Ummun)

أُمٌ / Ummu ini artinya yaitu Ibu. Namun panggilan ini tidak pas jika tidak dikutkan atau dinisbatakan kepada sesuatu yaitu anaknya. Untuk itu, panggilan أُمٌ ini biasanya digunakan untuk menyebutkan seorang ibu dengan nama anaknya.

Baca Juga :   Cara Menulis Angka Arab

Contohnya : أم عيسية dibaca Ummu ‘Aisyah yang artinya Ibunya Aisyah.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Bahasa Arab Ibu. Semoga bermanfaat ya ….