Contoh Surat Bahasa Arab

Posted on

Contoh Surat, Surat Untuk Guru, Untuk Ayah, Untuk Teman, Surat Cinta, Surat Pribadi, Dll – Hallo sahabat, pada bab kali ini kita akan membahas tentang surat dalam bahasa Arab dan terjemahannya.

Surat adalah suatu sarana alat komunikasi tidak langsung yang berfungsi untuk menyampaikan sebuah informasi dari pengirim yang berbentuk tulisan yang di tujukan kepada pihak lain dengan tujuan untuk memberitahukan sebuah maksud pesan dari si pengirim tersebut.

Jika merujuk khusus tentang fungsi surat, maka dapat dibagi menjadi beberapa macam fungsi yaitu : sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan

Orang – orang zaman dulu, ketika masih belum punya handphone atau telepon, ketika ingin menyampaikan sesuatu ke pada kerabat yang jauh pasti menggunakan surat, atau ketika ingin menyatakan sebuah perasaan terutama bagi kalangan muda dahulu, juga menggunakan surat.

Nah sekarang ini , zaman dan teknologi sudah berkembang semakin canggih, kita sudah tidak perlu susah payah lagi ketika ingin menyampaikan suatu pesan kepada kerabat atau siapa saja yang jauh, melainkan hanya dengan menggunakan sarana sms, telpon, WA, dll melalui handphone kita sekarang sudah bisa dan sangat mudah.

Untuk itu, pada pembahasan kali ini, kami akan sajikan salah satu contoh teks surat pribadi yang ditujukan untuk guru dalam bahasa Arab dan terjemhannya sebagai berikut !

Daftar Isi Artikel :

Contoh Surat Pribadi Untuk Kerabat

Contoh surat ini adalah contoh surat yang sudah pernah kita posting sebelumnya, sebab sebagai contoh yakni sebagai berikut !

Risalah Pertama

الرِّيَاضُ فِي يَوْمِ الإِثْنَيْنِ 25 شوال 1439هـ

: صَدِيْقِي العَزِيْزُ جعفر الصادق الـمُحْتَرَم

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْـمَةُ اللهِ تَعَالَى . أَرْجُوْ أَنْ تَكُوْنَ بـِخَيْرٍ وَصِحَّةٍ جَيِّدَةٍ ، أَكْتُبُ لَكَ هَذِهِ الرِّسَالَةَ مِنْ الرِّيَاضِ فِي مَوْسِمِ الحَجِّ . وَصَلَ الآنَ عَدَدٌ كَبِيْرٌ مِنَ الـحُجَّاجِ إِلَى مَكَّةَ وَالـمَدِيْنَةِ وَجُدَّةَ . جَاءَ بَعْضُ الـحُجَّاجِ بِالطَّائِرَاتِ وَجَاءَ بَعْضُهُمْ بِالـحَافِلَاتِ وَالسَّيَّارَاتِ وَالسُّفُنِ

تَبْدَأُ عُطْلَةُ الـمَدَارِسِ هُنَا بَعْدَ أُسْبُوْعَيْنِ ، وَسَوْفَ أَحُجُّ هَذِهِ السَّنَةَ مَعَ عَائِلَتِي إِنْ شَاءَ اللهُ

صَدِيْقِي العَزِيْز : رِسَالَتُكَ الأَخِيْرَةُ تَأَخَّرَتْ كَثِيْرًا ، أَرْجُو أَنْ تَكْتُبَ لِي سَرِيْعًا بَأَخْبَارِكَ وَأَخْبَارِ الدِّرَاسَةِ وَالعُطْلَةِ هُنَاكَ وَالسَّلَامُ

أَخُوْكَ الـمُخْلِصُ
جَعْفَرُ مُـحَمَّدٌ عُثْمَانُ

العُنْوَانُ : الـمَمْلَكَةُ العَرَبِيَّةُ السُّعُوْدِيَّةُ – الرِّيَاضُ – ص . ب : 2474

Baca :  Tanda Baca Dalam Bahasa Arab

Baca Juga :   Kalimat Bahasa Arab "Sekolah"

Artinya :

Riyadh di hari Senin 25 Syawwal 1439 H.
Teman muliaku Ja’far Shodiq yang terhormat:
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi ta’ala. Aku berharap kamu dalam keadaan baik dan sehat, aku menulis surat ini dari kota Riyadh pada musim haji. Sekarang ini telah sampai jamaah haji dalam jumlah besar ke kota Mekah, Madinah, dan Jeddah. Sebagian jamaah haji datang dengan pesawat, sebagian lain dengan bus, mobil, dan kapal.
Liburan sekolah akan dimulai dua pekan lagi, dan aku akan menunaikan haji bersama keluargaku insyaallah.
Teman muliaku: Surat terakhirmu datang terlalu lambat, aku berharap kamu segera memberitakan kepadaku kabarmu, kabar sekolah dan liburan di sana, wassalam.
Saudaramu yang tulus
Ja’far Muhammad Utsman
Alamat: Kerajaan Saudi Arabia – Riyadh – P.O. Box: 2474.

Risalah Kedua

بوجور فِي يَوْمِ الثُّلَاثَاءِ 4 ذِي القَعْدَةِ 1439 هـ

: صَدِيْقِي الـحَبِيْب جَعْفَر مُـحَمَّد عُثْمَان الـمُحْتَرَم

السَّلَامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ تَعَالَى وَبَرَكَاتُهُ . لِتَعْلَمْ يَا صَدِيْقِي أَنِّي بِـخَيْرٍ وَصِحَّةٍ جَيِّدَةٍ وَأَنَا سَعِيْدٌ جِدًّا حِيْنَ وَصَلَتْنِي أَخْبَارُكَ عَبْرَ هَذِهِ الرِّسَالَةِ . وَأَسْأَلُ اللهُ تَعَالَى العَلِيَّ القَدِيْرَ أَنْ يَرْزُقَ لَكَ وَلِلْحُجَّاجِ جَـمِيْعًا حَجًّا مَبْرُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا

أَكْتُبُ لَكَ هَذِهِ الرِّسَالَةَ وَكَانَتِ عُطْلَةُ الـمَدَارِسِ قَدِ انْتَهَتْ ، وَبَدَأَتِ الدِّرَاسَةُ هُنَا بِالأَمْسِ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ . وَهَذَا العَامُ هُوَ آخِرُ دِرَاسَتِي فِي الـمَرْحَلَةِ الثَّانَوِيَّةِ ، وَأَرْجُوْكَ أَنْ تَدْعُوَ لِي لَعَلَّ اللهَ أَنْ يَرْزُقَنِي اللهُ الفُرْصَةَ لِـمُوَاصَلَةِ الدِّرَاسَةِ مَعَكَ هُنَاكَ فِي الـمَمْلَكَةِ العَرَبِيَّةِ السُّعُوْدِيَّةِ

صَدِيْقِي الـحَبِيْب : أُقَدِّمُ لَكَ اعْتِذَارِي لِتَأُخُّرِ رِسَالَتِي الأَخِيْرَةِ لَكَ ، فَقَدْ كُنْتُ مَشْغُوْلًا فِي تِلْكَ الأَيَّامِ ، لَعَلَّكَ تَقْبَلُ عُذْرِي ، وَالسَّلَامُ

أَخُوْكَ الـمُخْلِصُ
جعفر الصادق

العُنْوَانُ : جُـمْهُوْرِيَّةُ أَنْدُوْنِيْسِيَا – بوجور – ص . ب : 1925

Baca :  Percakapan Tentang Alamat Dalam Bahasa Arab

Baca Juga :   Soal Bahasa Indonesia Kelas 3

Artinya :

Bogor di hari Selasa 4 Dzul Qa’dah 1439 H.
Teman tercintaku Ja’far Muhammad Utsman yang terhormat:
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi ta’ala wa barakatuh. Ketahuilah temanku bahwa aku dalam keadaan baik dan sehat, dan aku sangat bahagia ketika kabarmu sampai kepadaku melalui surat ini. Aku memohon kepada Allah ta’ala Yang Maha Tinggi dan Maha Kuasa semoga menganugerahimu dan jamaah-jamaah haji yang lain haji mabur dan dosa yang terampuni.
Aku menulis kepadamu surat ini pada saat liburan sekolah sudah usai, dan belajar sudah dimulai kemaren hari Senin. Dan ini adalah tahun terakhirku belajar di tingkat SMA, aku berharap kamu mendoakanku supaya Allah menganugerahiku kesempatan untuk bisa melanjutkan studi bersamamu di sana di Kerajaan Saudi Arabia.
Teman tercintaku: Aku ingin mengajukan permintaan maaf kepadamu atas keterlambatan surat terakhirku untukmu, aku sangat sibuk pada hari-hari itu, semoga kamu menerima permohonan maafku, wassalam.
Saudaramu yang tulus
Ja’far Shodiq
Alamat: Republik Indonesia – Bogor – P.O. Box: 1925.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Contoh surat Bahasa Arab. Semoga bermanfaat …..