Ide Bisnis 2021 Yang Dimulai Hanya dari Website

Posted on
ide bisnis
sumber : freepik.com

Tahun 2020 akan segera berakhir. Kini kita harus bisa move on untuk bisa mendapatkan keuntungan secara online. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai berbisnis di tahun mendatang. Tentunya itu akan berhubungan dengan kemampuan yang kamu miliki juga. Salah satu syarat yang harus kamu miliki lainnya adalah menggunakan layanan hosting Indonesia untuk membuat website sendiri.

Ada banyak produk maupun jasa yang bisa kamu jual melalui website. Ini bisa dimulai pada tahun 2021. Penasaran dengan ide apa saja yang bisa dipakai untuk berbisnis di tahun depan, langsung lihat saja berikut.

  1. Konsultasi Online

Apapun bidang yang kamu geluti, itu bisa dipakai untuk membina orang yang memerlukan keahlian tersebut. Misalkan kamu menempuh pendidikan di bidang hukum, bisa saja untuk membuka jasa konsultasi hukum online. Kamu akan bisa berinteraksi dengan klien jarak jauh, karena fasilitas untuk melakukan meeting online sudah banyak.

Bisa coba memanfaatkan perkembangan teknologi sebaik mungkin di samping ilmu hukum yang sudah fasih. Kamu menarik pembayaran melalui online juga sebagai profesi konsultan hukum. Beberapa bidang lain yang bisa dibuat konsultasi online adalah arsitektur, teknik industri, teknik kimia, dan lain-lain.

Bagi kamu sudah memiliki sertifikat yang berkaitan dengan bidangmu bisa memajangnya di dalam website. Jika sudah memiliki sejumlah pengalaman, tidak ada salahnya juga untuk menuliskannya ke dalam website konsultan yang kamu buat. Saat ini sudah banyak sekali bantuan konsultan yang diberikan melalui online, sehingga tidak lagi harus bertemu secara langsung sering-sering.

  1. Tech Support

Perusahaan startup berbasis IT saat ini ada yang menawarkan layanan guna memberikan bantuan support secara teknis. Kamu bisa saja bersama dengan teman-teman mendirikan startup dan mencari klien. Pastinya ini akan lebih mudah bagi kamu yang memang sudah berkecimpung di dunia IT pada saat kuliah.

Baca Juga :   Cerita Humor Bahasa Arab

Startup seperti ini bisa saja menjalin kerjasama dengan perusahaan besar atau perorangan. Ini bisa menjadi ide bisnis tahun 2021 sekalian membuka lapangan pekerjaan bagi para programmer lainnya. Pembayaran dari bisnis ini bisa dilakukan melalui online. Beberapa contoh dari startup berbasis tech support adalah Tech to Us, My Clean PC, Geek Squad, dan lain-lain

  1. Buat Blog dan Monetisasi

Salah satu cara berbisnis yang paling mudah adalah dengan berlangganan hosting dan domain, kemudian membuat blog. Kamu bisa mengisi blog dengan berbagai macam konten menarik dan viral. Misalkan saja berupa video, foto, artikel, game, dan lain sebagainya yang bisa membuat trafik web tinggi.

Memulai sebuah blog memang perlu perjuangan, karena mengenai konten kamu perlu membuatnya secara mandiri. Tentunya itu yang harus kamu lakukan bila tidak ingin menambah pengeluaran. Kamu perlu membuat postingan secara rutin setiap hari dan lebih dari satu buah posting.

Semakin sering kamu melakukan posting, maka akan semakin tinggi trafik website. Pastinya kamu juga perlu memperhatikan SEO. Saat trafik ke website sudah tinggi, sisanya kamu hanya perlu memonetisasikannya. Para blogger yang blog atau webnya terkenal bisa mendapatkan $50,000 setiap bulannya.

  1. Digital Product atau Course

Ide bisnis berikutnya yang bisa kamu realisasikan melalui suatu web adalah menjual produk digital maupun kursus online. Hal yang paling diperlukan dalam menjalankan bisnis yang satu ini adalah kemampuan sesuai bidang. Misalkan saja produk digital berupa materi perkuliahan, pembuatan konten video, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis produk digital lainnya adalah ebook. Kamu bisa saja mencari klien yang ingin membeli produk digital kamu. Bisnis ini perlu dihubungkan dengan beberapa media sosial untuk membuatnya semakin mudah dikenal masyarakat. Kamu juga bisa berafiliasi dengan perusahaan lain supaya bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. 

Baca Juga :   Tugas Pokok Manajer Keuangan

Sedangkan pada kursus online, ini menggunakan prinsip mirip dengan kelas online. Sang guru akan berinteraksi dengan murid atau kliennya guna mendapatkan pengetahuan darinya. Bahkan saat ini terdapat kursus online menari. Jadi antara guru tari dan murid yang diajarkannya hanya perlu bertemu melalui online.

  1. App Development

Jenis ide usaha online lainnya yang mulai booming adalah mendirikan startup pengembangan aplikasi. Kamu tidak perlu membuat besar-besaran dahulu dan bisa kamu tangani secara mandiri pada tahun pertama. Jika klien sudah menjadi semakin banyak, maka kamu bisa mulai merekrut atau bekerjasama dengan teman untuk menyelesaikan aplikasi yang dipesan klien.

Kamu sudah mengetahui beberapa ide bisnis yang bisa direalisasikan melalui website. Seluruh ide bisnis tersebut tidak memerlukan banyak modal. Kamu hanya perlu komputer, jaringan internet, dan juga kemampuan sesuai dengan ide bisnis yang dipilih. 

Mengenai masalah pembuatan website, kamu bisa mewujudkannya bersama dengan Domainesia. Kami menyediakan paket murah yang sudah mendapatkan bonus domain tertentu yakni Paket Super. Harga yang harus dibayar hanya sekitar Rp 32.000 setiap bulannya.