Macam Macam Cuaca

Posted on

Macam Macam Cuaca – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Cuaca yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Cuaca dipengaruhi oleh semua fenomena dan elemen yang terjadi di atmosfer bumi. Banyak yang menyamakan cuaca dengan iklim, tetapi kenyataannya mereka berbeda, iklim adalah kondisi cuaca rata-rata (waktu lebih lama dan daerah lebih luas).

Apa Itu Cuaca ?

Cuaca adalah keadaan udara di suatu wilayah tertentu dalam waktu yang relatif singkat. Cuaca juga dapat diartikan sebagai kondisi udara harian di lokasi tertentu dan berubah setiap hari.

Unsur Dari Cuaca

Ada beberapa elemen atau komponen yang mempengaruhi kondisi cuaca, yaitu:

Suhu Lingkungan
Temperatur didefinisikan sebagai kecepatan pergerakan molekul suatu benda. Karena lingkungannya, suhu atau suhunya adalah kondisi udara panas atau dingin yang berbeda di wilayah tertentu.

Suhu udara tertinggi biasanya ditemukan di daerah tropis, dan semakin jauh kutub dilepas, semakin dingin suhunya. Dengan setiap peningkatan ketinggian 100 m, suhu biasanya turun 0,6 derajat Celcius. Suhu udara juga dikaitkan dengan beberapa elemen lain seperti sinar matahari dan penguapan.

Angin
Angin adalah pergerakan udara di atas permukaan bumi. Angin bergerak dari area bertekanan tinggi ke area bertekanan rendah. Secara umum, angin bergerak secara horizontal.

Angin dapat memberikan tekanan pada permukaan yang arahnya diarahkan melawan arah angin dan mempercepat pendinginan benda-benda panas. Kecepatan angin bervariasi dari satu tempat ke tempat dan dari waktu ke waktu. Angin adalah elemen cuaca karena dapat mempengaruhi banyak komponen atau fenomena geografis seperti udara, awan, dan penguapan.

Baca Juga :   Karakteristik Matahari

Tekanan Udara
Tekanan udara adalah kekuatan yang dengannya udara dipindahkan dalam kisaran tertentu. Tekanan udara biasanya diukur dengan barometer dalam milibar (mb). Tekanan udara berbanding terbalik dengan ketinggian tempat. Semakin tinggi lokasi dari permukaan laut, semakin rendah tekanan udara dan sebaliknya.

Udara bergerak dari area bertekanan tinggi ke area bertekanan rendah. Tekanan yang terlalu sedikit dapat menyebabkan badai dan topan. Sementara daerah bertekanan tinggi menghasilkan cuaca kering.

Kelembaban
Kelembaban adalah konsentrasi tinggi uap air di udara. Semakin tinggi kadar air, semakin basah udara yang seharusnya. Kelembaban dibagi menjadi tiga jenis:

  • Kelembaban relatif adalah perbandingan jumlah uap air dengan udara pada suhu yang sama. Kelembaban relatif biasanya dinyatakan dalam persentase.
  • Kelembaban absolut adalah ukuran jumlah uap air di udara yang diberikan dan biasanya dinyatakan dalam meter kubik.
  • Kelembaban spesifik adalah metode pengukuran jumlah uap air di udara dengan rasio uap air di udara terhadap pengeringan. Kelembaban spesifik dinyatakan dalam kilogram uap air (mw) per gram udara (ma).

Hujan serta Curah Hujan
Hujan adalah peristiwa di mana air dari atmosfer jatuh di permukaan bumi. Hujan terjadi karena titik-titik air yang terkandung dalam awan semakin meningkat ke keadaan di mana awan tidak bisa lagi menyerapnya sehingga jatuh ke permukaan bumi.

Curah hujan adalah jumlah air yang jatuh pada permukaan tanah yang rata selama periode waktu tertentu. Dapat dikatakan bahwa hujan adalah tingkat air hujan di daerah datar tertentu yang tidak menguap, tidak tenggelam, dan tidak mengalir.

Hujan disebabkan oleh siklus air (siklus hidrologi) yang disebabkan oleh penguapan karena pengaruh sinar matahari. Karena berkaitan erat dengan udara dan sinar matahari, hujan dapat mempengaruhi cuaca di suatu daerah.

Baca Juga :   Pengertian Erosi

Sinar Matahari
Matahari adalah pengatur iklim yang sangat penting, tetapi juga menjadi sumber energi utama di bumi. Energi matahari dipancarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik ke segala arah. Bumi menerima energi matahari dalam bentuk radiasi matahari.

Di lapisan atmosfer bumi, sebagian sinar matahari diserap sehingga tidak semuanya mencapai permukaan. Pemanasan bumi oleh matahari dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan pemanasan langsung (penyerapan, refleksi, difusi) dan pemanasan tidak langsung (konduksi, konveksi, adveksi). Pemanasan matahari, yang dapat mempengaruhi kondisi cuaca, dipengaruhi oleh durasi paparan, kemiringan cahaya, dan kondisi permukaan bumi.

Awan dan Penguapan
Awan disebabkan oleh penguapan air oleh energi panas matahari. Awan dapat menyerap sebagian dari sinar matahari. Kehadiran awan dapat mengurangi jumlah sinar matahari yang mencapai permukaan bumi, mengurangi panas di siang hari. Selain itu, awan juga bisa menjadi hujan. Oleh karena itu, awan berperan besar dalam menentukan cuaca di suatu daerah.

Jenis – Jenis Cuaca

Jenis - Jenis Cuaca

Cuaca Cerah
Cuaca harus cerah ketika langit cerah, sinar matahari cerah dan cerah, tetapi tidak begitu panas, lapisan tipis awan biasanya muncul seperti wol domba. Angin bertiup kencang. Pada siang hari awan itu tampak putih bersih, tetapi ketika sudah larut, awan itu tampak kemerahan atau kuning. Di malam hari banyak bintang dapat dilihat di langit.

Cuaca Panas
Udara terasa kering karena tidak banyak uap air di dalamnya. Sinar matahari sangat panas dan menembus di tengah hari.

Cuaca Berawan
Cuaca berawan sama dengan jumlah awan yang muncul lebih banyak di langit. Beberapa awan dapat menggumpal bersama untuk membentuk awan yang besar dan tebal. Sinar matahari tidak terasa terlalu panas karena awan menyerap lebih banyak.

Baca Juga :   Materi Konflik Sosial

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Macam Macam Cuaca. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :