Konjungsi Subordinatif

Posted on

Konjungsi Subordinatif – Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang Konjungsi Temporal. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Konjungsi Subordinatif beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Konjungsi Subordinatif
Konjungsi Subordinatif

Mengingat lagi, apa yang dimaksud dengan Konjungsi? Konjungsi merupakan sebuah kata atau ungkapan yang menghubungkan dua bahkan lebih jenis kata atau frasa yang berbeda-beda didalam bahasa Indonesia.

Pengertian Konjungsi Subordinatif

Konjungsi subordinatif adalah sebuah kata penghubung yang bertugas untuk menghubungkan dua buah frasa, klausa, atau kalimat yang berkedudukan tidak setara.

Beberapa contoh kata dari konjungsi subordinatif yaitu antara lain agar, untuk, supaya, sebab, karena, seperti, seakan-akan, jika, sejak, ketika, andaikan, walaupun, bahwa, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Konjungsi Subordinatif

Dibawah ini terdapat beberapa jenis dari kata hubung atau konjungsi subordinatif yaitu antara lain :

1. Konjungsi Subordinatif Atributif, yaitu suatu konjungsi yang menghubungkan sebuah kata atau klausa utama dengan klausa penjelas. Contoh kata konjungsi subordinatif atribut yaitu : yang.

2. Konjungsi Subordinatif Tujuan, yaitu suatu konjungsi yang menerangkan sebuah adanya hubunga tujuan diantara dua klausa atau kalimat. Contoh kata konjungsi subordinatif tujuan yaitu : agar, supaya, dan biar.

3. Konjungsi Subordinatif Syarat, yaitu suatu konjungsi yang menghubungkan dua kata atau kalimat yang tidak sederajat dengan menerangkan adanya suatu hubungan syarat diantara keduanya. Contoh kata konjungsi subordinatif syarat yaitu : jika, jikalau, asal(kan), bila, dan manakala.

4. Konjungsi Subordinatif Waktu, yaitu sebuah konjungsi yang menghubungkan dua kata atau kalimat tidak sederajat yang menerangkan adanya sebuah hubungan waktu diantara keduanya. Konjungsi subordinatif waktu terdapat menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Konjungsi Subordinatif Waktu Permulaan, contohnya : sejak dan juga sedari.
  • Konjungsi Subordinatif Waktu Bersamaan, contohnya : serta, (se)waktu, tatkala, ketika, selama, sambil, sementara, selagi, dan juga seraya.
  • Konjungsi Subordinatif Waktu Berurutan, contohnya : sebelum, begitu, sesudah, susai, sehabis, setelah, dan juga selesai.
  • Konjungsi Subordinatif Waktu Batas Akhir, contohnya : sampai dan hingga.
Baca Juga :   Teks Eksplanasi

5. Konjungsi Subordinatif Pengandaian, yaitu suatu konjungsi yang menghubungkan dua atau atau lebih yang menerangkan adanya sebuah hubungan pengandaian. Contoh kata konjungsi subordinatif pengandaian : andaikan, seandainya, seumpamanya, dan juga sekiranya.

6. Konjungsi Subordinatif Perbandingan, yaitu suatu konjungsi yang menyatakan adanya sebuah kesamaan diantara dua kata atau kalimat. Contoh kata konjungsi subordinatif perbandingan, yaitu : seakan-akan, seolah-olah, sebagaimana, seperti, sebagai, laksana, ibarat, bak dan juga alih-alih.

7. Konjungsi Subordinatif Hasil, yaitu suatu konjungsi yang menyatakan bahwa salah satu unsur kata atau kalimat adalah sebuah hasil dari kata atau kalimat sebelumnya. Contoh kata konjungsi subordinatif hasil yaitu : sehingga, sampai(-sampai), dan maka(nya).

8. Konjungsi Subordinatif Konsesif, yaitu suatu konjungsi yang menyatakan adanya sebuah keadaan atau kondisi yang berlawanan antara dua kata atau kalimat. Contoh kata konjungsi subordinatif konsesif, yaitu : biar(pun), walau(pun), sekalipun, sungguhpun, dan kendati(pun).

9. Konjungsi Subordinatif Sebab, yaitu suatu konjungsi yang menyatakan adanya sebuah hubungan sebab diantara dua kata atau lebih. Contoh kata konjungsi sebab yaitu: sebab, karena, oleh sebab, dan oleh karena.

10. Konjungsi Subordinatif Alat, yaitu suatu konjungsi yang menyatakan bahwa salah satu dari kata atau kalimat yang merupakan alat dari kegiatan atau aktivitas yang dijelaskan didalam kata atau kalimat yang sebelumnya. Contoh kata konjungsi subordinatif alat yaitu : dengan (menggunakan) dan tanpa (menggunakan).

11. Konjungsi Subordinatif Komplementasi, yaitu suatu konjungsi yang menjelaskan bahwa sebuah kata atau kalimat merupakan pelengkap dari kata atau kalimat yang sebelumnya. Contoh kata konjungsi subordinatif komplementasi yaitu : bahwa.

12. Konjungsi Subordinatif Cara, yaitu merupakan konjungsi yang menyatakan bahwa sebuah kata atau kalimat merupakan suatu cara dari kegiatan yang dijelaskan didalam kata atau kalimat yang sebelumnya. Contoh kata konjungsi subordinatif cara yaitu : dengan dan tanpa.

Baca Juga :   Konjungsi Koordinatif - Pengertian, Jenis dan Contohnya

13. Konjungsi Subordinatif Perbandingan, yaitu merupakan konjungsi yang diapakai untuk menyatakan adanya sebuah hubungan antara kesamaan atau perbedaan diantara dua kata atau kalimat. Contoh kata konjungsi subordinatif perbandingan yaitu : sama… dengan, lebih… dari(pada).

Contoh Kalimat Subordinatif

Setelah kita mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan konjungsi ini. Untuk membantu kalian lebih memahaminya lagi, saya sudah menjabarkan beberapa contoh berdasarkan jenis konjungsi yaitu sebagai berikut ini :

  1. Dia selau diam saja seakan-akan ini bukan penyebabnya.
  2. Tika tidak datang ke sekolah hari karena ia harus merawat ibunya yang sedang sakit.
  3. Ikan itu harus digoreng sampai dagingnya garing dan berwarna kecoklatan.
  4. Reno mengupas buah apel dengan menggunakan pisau yang yang sangat tajam.
  5. Kalila membayar uang SPP nya dengan gaji yang sudah ia dapat selama bekerja saat liburan sekolah kemarin.
  6. Aku sekarang sudah mengetahuinya bahwa selama ini dia sudah memanfaatkan uang ku.
  7. Aku sangat berharap semoga di semester kali ini hasil nya lebih baik lagi dibandingkan dengan semester yang sebelumnya.
  8. Tini terlihat lebih cantik daripada Tina padahal mereka anak kembar.
  9. Seandainya saja waktu bisa diulang, aku tidak akan pernah menyia-nyiakan kamu.
  10. Akulah yang harusnya bertanggung jawab atas masalah yang terjadi hari ini.
  11. Program kerja bakti itu harus dilakukan supaya lingkungan didesa kita lebih terjaga lagi kebersihannya.
  12. Aku akan segera berkunjung ke desamu jika uang tabunganku sudah terkumpul.
  13. Aku sudah menyukai dirimu sejak di bangku sekolah menengah atas yang sama.
  14. Seandainya aku tidak gegabah saat mengambil keputusan, pasti aku tidak akan pernah menyesal seperti ini.
  15. Riski tetap semangat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelasnya meskipun kondisi fisiknya sedang tidak fit.
  16. Dia selalu mengabaikan aku begitu saja seolah-olah aku ini tidak ada di dihadapannya.
  17. Senyumanmu sejuk dipandang laksana embun pagi.
  18. Aku bertemu dengan kekasih mu jalan dengan wanita lain sewaktu aku sedang pergi kewarung.
  19. Dia pergi ke Lampung hanya membawa uang serta baju seadanya.
  20. Aku akan segera pergi untuk menemuimu ketika aku sudah lulus dari SMA.
  21. Bumi dan seluruh isinya akan segera hancur jika tidak dirawat oleh kita.
  22. Ayah selalu mempersiapkan masa depan kami dengan sempurna seumpama ia meninggalkan kami.
  23. Aku sangat ingin pergi ke luar negeri sekiranya diijinkan oleh ayah
Baca Juga :   Majas Hiperbola

Apa yang dimaksud dengan Konjungsi?
Konjungsi adalah sebuah kata penghubung antara 2 kata atau lebih.

Contoh kata konjungsi subordinatif perbandingan, sebutkan!
Contoh kata konjungsi subordinatif perbandingan, yaitu : seakan-akan, seolah-olah, sebagaimana, seperti, sebagai, laksana, ibarat, bak dan juga alih-alih.

Sebutkan contoh konjungsi antar kalimat!
Oleh karena itu, walaupun demikian, akan tetapi, bahwasannya, sebaiknya, selain itu, kecuali itu, lagi pula dan lain sebagainya.

Tujuan dari Konjungsi Subordinatif yaitu?
Tujuan konjungsi berfungsi untuk menghubungkan dua buah kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat dan paragraf dengan paragraf atau transisi.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi kita semua.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Konjungsi Subordinatif Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar