Teks Anekdot – Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

Posted on

Teks Anekdot – Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh – Teks anekdot merupakan sebuah materi yang dibahas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teks anekdot ini merupakan teks yang sangat populer, karena biasanya bisa ditemukan di berbagai media loh.

Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh
Teks Anekdot

Di zaman dahulu sih teks ini terdapat di media koran, namun seiring berjalannya waktu dan sudah semakin berkembangnya teknologi, teks ini sangat banyak kita jumpai di internet.

Namun, apa yang dimaksud dengan teks Anekdot? Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita atau kisah yang berdasarkan dari pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu tentang berbagai topik seperti pendidikan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan lain sebagainya.

Didalam teks anekdot, perlu kita ketahui bahwa Teks Anekdot tidak hanya berisi sebuah cerita lucu semata, tetapi juga terdapat sebuah amanat, pesan moral, serta ungkapan tentang sebuah kebenaran secara umum.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Setelah kita mengetahui pengertian dari teks anekdot, teks anekdot juga memiliki ciri-ciri yang dapat berguna sebagai pembeda dari teks-teks lainya. Ciri-ciri tersebut dapat kalian lihat sebagai berikut:

  • Teks anekdot biasanya bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan sebuah kisah lucu atau bualan.
  • Teks ini bersifat menggelitik, artinya didalam teks ini akan membuat pembacanya merasa sangat terhibur dengan kelucuan yang ada didalamnya.
  • Teks anekdot juga bersifat menyindir.
  • Teks ini juga memiliki tujuan tertentu.
  • Ceritanya disajikan hampir menyerupai seperti dongeng.
  • Teks ini biasanya tentang karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan realistis.

Kaidah Teks Anekdot

Teks Anekdot juga memiliki kaidah teks ataupun kaidah kebahasaan dimana biasanya dipakai sebagai acuan penulisan cerita. Kaidah kebahasaannya yaitu, sebagai berikut :

  1. Teks ini memakai sebuah pertanyaan dengan keterampilan bahasa yang kreatif dan efektif atau retorik.
  2. Menulis sesuai struktur yaitu diawali dengan bagian abstrak dan diakhir dengan bagian koda.
  3. Menyatakan peristiwa serta bagian dari peristiwa menggunakan konjungsi.
  4. Biasanya menggunakan kata keterangan waktu lampau.
  5. Menggunakan kata predikat atau kata kerja (verba).
  6. Memakai sebuah kalimat yang berhubungan dengan perintah.
  7. Dibuat secara berurutan dan kronologis.
Baca Juga :   Jenis Wiraswasta

Struktur Teks Anekdot

Struktur teks anekdot terdiri dari Abstraksi, orientasi, event, krisis, reaksi, koda, dan Re-orientasi. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang bagian-bagian dari strukturnya yaitu :

  • Abstraksi,
    Pada bagian ini biasanya terletak di bagian awal paragraf, pada bagian ini berisikan sebuah gamabaran awal dari isi Teks Anekdot.
  • Orientasi,
    Orientasi yaitu berisikan sebuah awal mula dan latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang terjadi didalam teks.
  • Event,
    Pada bagian ini biasanya berisikan serangkaian peristiwa yang terjadi didalam teks tersebut.
  • Krisis,
    Krisis yaitu suatu bagian yang berisikan tentang kemunculan permasalahan yang sedang terjadi didalam Teks Anekdot.
  • Reaksi,
    Pada bagian Reaksi, biasanya berisikan suatu langkah penyelesaian dari permasalahan yang timbul pada bagian krisis.
  • Koda,
    Pada bagian koda ini akan muncul sebuah perubahan yang terjadi pada tokoh yang ada didalam teks tersebut.
  • Re-orientasi,
    Pada bagian ini merupakan bagian akhir dari suatu teks sekaligus sebagai penutup dari teks itu sendiri.

Tujuan Teks Anekdot

Layaknya teks lainnya, teks Anekdot juga memiliki tujuan yang akan ditujukan kepada para pembaca, terhadap setiap cerita singkat lucu dan menyindir diri nya. Berikut ini tujuan lain dari Teks Anekdot :

  • Bertujuan untuk menghibur para pembaca.
  • Bertujuan untuk membangkitkan keceriaan para pembaca.
  • Berguna sebagai sarana untuk mengkritik dan juga menyindir.
  • Biasanya teks ini digunakan untuk menggambarkan tokoh secara singkat dan langsung pada intinya.

Contoh Teks Anekdot

Layaknya seperti teks yang lainnya, Teks Anekdot juga memiliki beberapa contoh dengan beberapa tema yaitu antara lain :

1. Contoh Teks Anekdot 1

Suatu hari Ranti dan Rana sedang membicarakan tentang rencana masa depan mereka.

Ranti : Yes, akhirnya kita lulus juga ya?
Rana : Yups, gak sia-sia beberapa hari ini belajar dengan SKS.
Ranti : Eh, apaan tuh SKS?
Rana : SKS itu, belajar dengan sistem kebut semalem. Wkwkwk.
Ranti : Haha. Btw, lo mau lanjut study ke mana nih?
Rana : Rencananya sih gue mau daftar SNMPTN. Kalau lo?
Ranti : Gua sih berminat ikut SNMPTN, tapi kok gak yakin lolos ya.
Rana : Haha. Ya lo jangan berpikir gitu dulu. Lo harus yakin dong, masih mau kuliah kan?
Ranti : Ya jelas masih lah. Kalau tidak keterima di PTN, mungkin gue akan daftar ke PTS aja.
Rana : Kalau menurut gue sih PTN aja. Tapi PTS itu apa sih?
Ranti : PTS, Pokoknya Tetap Sekolah.
Agus : Wkwk, huu Dasar!

Baca Juga :   Cara Penulisan Gelar Yang Benar Di Indonesia Sesuai EYD

2. Contoh Teks Anekdot 2

Buah Tomat

Di suatu hari yang cerah, ada sepasang muda mudi yang bernama Ulia dan Vishal. Mereka berdua sedang memetik buah tomat di kebun pariwisata. Tomat yang dipetik oleh mereka berukuran sangat besar dan berwarna merah, hal tersebut membuat sang pria sangat tergoda untuk segera memakannya.

Setelah beberapa menit, keranjang yang dibawa oleh mereka sudah terisi penuh dengan buah tomat yang sudah matang. Tak menunggu lama, Vishal langsung mengambil tomat tersebut dan memakannya.

Kemudian Ulia melihat hal tersebut, dan langsung menegur dengan nada yang keras “Woy, kenapa dimakan tomatnya? Kan tomat itu masih kotor belum di cuci ” sanggah si Ulia terhadap Vishal.

“ Tau gak, tomat ini diibaratkan kayak aku sama kamu,” jawab Vishal. “Hah, kok bisa?” Ulia pun terheran-heran dan bingung. Tiba-tiba Vishal berkata dengan nada yang manja “ I love you to much.” Ulia yang mendengar hal tersebut langsung malu dan tertawa.

3. Contoh Teks Anekdot 3

Terkena Setrikaan

Pada suatu hari, datanglah seorang Ibu muda ke Klinik tempat saya bekerja, dengan langkah yang tergesa-gesa sambil memegangi kedua telinganya.

Dokter : “Selamat pagi bu, ada yang bisa saya bantu? ”
Pasien : “Coba dokter lihat telinga saya!”
Dokter : “Loh, ini telinga Ibu kenapa, kok bisa seperti ini?”
Pasien : “Begini loh dok ceritanya, tadi pagi ketika saya sedang menyetrika pakaian, tiba-tiba ada telepon mendadak dari suami saya. Kemudian, karena saya reflek, bukan handphone yang saya letakkan ditelinga saya, melainkan setrika yang sedang saya pegang menempel ditelinga kiri saya dok.”

Dokter : “Oh begitu toh ceritanya, saya tahu apa yang sedang Ibu rasakan saat ini.” Jawab dokter sambil tersenyum mendengar cerita si Ibu. “ Lalu, untuk telinga yang sebelah kanan itu kenapa ya bu?” tanya dokter lagi kepada pasiennya.
Pasien : “Nah, inilah yang menjadi masalahnya dok, suami saya menelpon lagi, dan kejadian nya sama dok.”

Baca Juga :   Pengertian Antonim Kata

Apa yang dimaksud dengan Teks Anekdot?
Teks Anekdot merupakan sebuah karangan cerita lucu yang diambil berdasarkan dari pengalaman seseorang.

Ciri khas dari Teks Anekdot yaitu?
Teks anekdot biasanya menggunakan kalimat tanya retorik, bersifat humor, bersifat menghibur.

Jelaskan perbedaan Anekdot dengan Humor ?
1. Teks anekdot adalah sebuah cerita lucu yang berisi sindiran, pada teks anekdot berisi tentang orang-orang penting. Teks anekdot juga dibuat dengan tujuan tertentu.
2. Sedangkan pada teks humor hanya berisi cerita lucu, pada teks humor tidak terdapat tokoh-tokoh penting. Teks humor juga dibuat dengan tujuan hanya untuk menghibur saja.

Sekian pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi kita semua.

Baca Artikel Lainnya :

Teks Anekdot – Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar