Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5

Posted on

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Berikut ini ada beberapa soal dan kunci jawaban tema 7 kelas 5 sd yang terdiri dari soal dan kunci jawaban nya mengenai pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan ALam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Tematik.

1. Soal Tema Kebangsaan Dalam Masa Penjajahan (Halaman 1)

Banyak kejadian dalam hidup. Ada acara pribadi, acara keluarga, acara komunitas dan bahkan acara yang dialami oleh bangsa dan negara.
Acara dapat dibagi menjadi dua jenis. Pertama, peristiwa menyenangkan (peristiwa yang membuat kita bahagia). Kedua, peristiwa yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih).

Perhatikan gambar-gambar berikut!

Periksa tanda (V) untuk acara menyenangkan.
Tanda silang (X) dalam acara yang tidak menyenangkan.

Soal Tema Kebangsaan Dalam Masa Penjajahan Halaman 1

2. Mengenai Musyawarah dan Mufakat di Dalam Masalah Kebangsaan (Halaman 181)

Bacalah Dengan Teliti !
Desa Sukanegara didanai oleh pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Kepala desa mengadakan pertemuan untuk menentukan jenis dukungan bagi warga yang kurang beruntung.

Pak Ami dan Pak Amin bersikeras bahwa semua dukungan diberikan dalam bentuk ternak, yaitu kambing dan sapi. Pak Sultan menyarankan agar bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan dan mata pencaharian penduduk. Misalnya, sebagai peternak itik, Pak Selamet mendapat bantuan bebek. Ibu Ica, penjual nasi goreng, dan Ibu Sita, penjual makanan, juga menerima uang di samping modal bisnis. Namun, usulan Pak Sultan ditolak oleh Pak Selamet dan Pak Ami karena ia tidak setuju dengan pandangan mereka.

Jawablah Pertanyaan dibawah Ini Dengan Baik Dan Benar!

  • Pertanyaan : Apakah menurut Anda sikap kepala desa mencerminkan sikap memprioritaskan pertimbangan dan konsensus. Jelaskan mengapa?
    Jawaban : Kepala desa telah menunjukkan posisinya untuk memprioritaskan pengaturan konsensus dengan mengadakan pertemuan untuk menentukan jenis dukungan bagi penduduk.
  • Pertanyaan: Apa pendapat Anda tentang sikap Tuan Ami dan Pak Amin?
    Jawaban: Bpk. Ami dan Bp. Amin seharusnya tidak dapat menegakkan pendapat mereka dan harus menghormati orang lain.
  • Pertanyaan: Apa pendapat Anda tentang sikap Tuan Selamet?
    Jawaban: Pak Sultan telah menyatakan pendapatnya dengan baik. Pak Sultan memberikan penjelasan lengkap beserta alasan mengapa ia menyatakan pendapat seperti itu.
  • Pertanyaan: Tuliskan setidaknya dua cara Anda bisa menghormati orang lain?
    Jawaban: Untuk menghormati orang lain, Anda dapat: Pertama, tidak menyela orang yang membuat pendapat. Kedua, itu tidak menegakkan pendapat kami. Ketiga, hormati pendapat orang lain dan jangan menganggap bahwa pendapat Anda adalah yang terbaik.
Baca Juga :   Teks Prosedur

3. Konferensi Berteman dalam Keragaman (Halaman 145)

Konferensi Berteman dalam Keragaman

Ayo, belajarlah dari masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita!

Materi 1
Amaar, Ami, Budi dan Harun membentuk kelompok belajar. Dua kali seminggu, mereka belajar secara bergantian di rumah mereka. Kali ini mereka belajar dari Amar. Sambil mengerjakan pertanyaan-pertanyaan itu, Amar dan Ami meminta izin untuk melakukan ibadah karena waktunya telah tiba. Meskipun Budi dan Harun berbeda dalam agama, mereka mengundang Amar dan Ami untuk beribadah. Budi dan Harun menunggu dengan tenang sampai Amar dan Ami menyelesaikan ibadah mereka.

Materi 2
Humairah adalah anak yang kaya. Ayahnya adalah seorang pengusaha sukses. Semua keinginan Humairah selalu dipenuhi oleh orang tua mereka. Itu membuatnya sombong. Dalam persatuannya, ia selalu memilih teman. Dia tidak mau bergaul dengan anak-anak lain yang berasal dari keluarga miskin.

Materi 3
Ica adalah siswa kelas 5 baru. Ica duduk di sebelah Ines. Ica berasal dari daerah yang berbeda dari Ines.

Pertanyaan dan Jawaban Materi 1,2,3 !

Materi 1

  • Pertanyaan : Bagaimana Anda menilai sikap Budi dan Harun?
    Jawaban: Sikap Budi dan Harun menunjukkan sikap menghargai perbedaan agama dengan menawarkan kepada lingkaran teman-teman dari agama yang berbeda kesempatan untuk beribadah.
  • Pertanyaan: Apa manfaat saling menghormati antara teman-teman dari agama yang berbeda dalam suatu hubungan?
    Jawaban: Keuntungan yang datang dengan menghormati teman-teman dari agama yang berbeda adalah bahwa harmoni selalu dapat dipertahankan.

Materi 2

  • Pertanyaan : Benarkah Humairah bertindak?
    Jawaban : Menurut pendapat saya, tindakan Humairah tidak pantas karena mereka hanya memilih teman yang kaya. Humairah harus berteman dengan siapa pun, bahkan dengan latar belakang sosial yang berbeda.
  • Pertanyaan : Apakah anak seperti Humairah punya banyak teman? Kenapa begitu?
    Jawaban : Seorang anak seperti Humairah mungkin akan memiliki beberapa teman karena hanya ada teman dengan orang kaya.

Materi 3

  • Pertanyaan: Bagaimana seharusnya sikap Ica?
    Jawaban: Lebih baik bagi Ica untuk berteman dengan Ines, meskipun mereka memiliki asal daerah yang berbeda. Ica seharusnya mengundang Ines untuk bercerita dan bermain bersama.

4. Seni Kerajinan Yang Terdapat Di Derahku

Contoh Jawabannya :

Seni Kerajinan Yang Terdapat Di Derahku

Seni daerah adalah seni yang dapat ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Seni daerah juga bisa disebut seni tradisional karena berlangsung dari generasi ke generasi di satu daerah. Seni rupa daerah dapat berupa seni, lukisan, dan patung. Seni tersebut meliputi seni tekstil (batik, tenun, seni vokal), tenun, ukiran, seni keramik.

Baca Juga :   Rumus Dilatasi

Hasil seni dan lukisan tekstil dua dimensi dan memiliki panjang dan lebar. Hasil tenun, seni keramik dan patung umumnya tiga dimensi dan memiliki panjang, lebar dan tinggi atau volume.

Lukisan Daerah
Lukisan adalah seni menggambarkan benda-benda dalam bentuk pemandangan alam, tanaman, hewan, manusia, benda-benda di alam untuk membangkitkan rasa keindahan. Lukisan daerah mengandung nilai-nilai budaya yang berkembang di suatu daerah.

Salah satu lukisan daerah yang paling terkenal adalah lukisan Kamasan dari Bali. Kamasan adalah sebuah desa di Kabupaten Klungkung, di mana sebagian besar penduduknya bekerja sebagai pelukis. Lukisan Kamasan adalah lukisan klasik yang biasanya berhubungan dengan cerita-cerita Wayang, kehidupan mulia dan dongeng-dongeng binatang.

Para pelukis menggunakan warna-warna alami yang dicampur dengan perekat yang dipasang di kanvas. Kanvas yang digunakan adalah kain kasar yang dicelupkan ke dalam bubur beras dan kemudian dijemur. Setelah kering di bawah sinar matahari, kain tersebut digosok sehingga permukaannya halus dan siap untuk sketsa.

Selain lukisan daerah Kamasan, kaca patri Cirebon adalah lukisan klasik yang menggunakan berbagai bahan dan teknik. Kaca patri Cirebon dibuat terbalik dengan media kaca. Di atas kertas dibuat sketsa, yang kemudian direkatkan ke kaca dan dicat dengan kuas di bagian belakang. Salah satu tema khas dari kaca patri Cirebon adalah boneka Cirebon dan batik dengan motif mega-cloud yang terkenal.

Patung Regional
Patung adalah seni membuat bentuk manusia atau hewan dari bahan lunak atau keras. Patung yang terbuat dari bahan lunak dibuat dengan teknik cetakan, sedangkan patung yang terbuat dari bahan keras dibuat dengan teknik mengasah atau mencetak.

Patung Asmat
Contoh dari patung tradisional adalah patung Asmat dari Asmat, yang hidup di pulau Papua. Suku-suku ini biasanya menggunakan kayu bakau untuk membuat patung yang membangun hubungan mereka dengan leluhur mereka. Oleh karena itu, patung umumnya tentang menghormati leluhurnya. Meskipun hanya alat sederhana seperti kapak batu, pisau tulang dan paku rata yang digunakan, patung yang dihasilkan memiliki nilai estetika dan agama yang sangat tinggi.

Seni dan Kerajinan
Seni dan kerajinan adalah seni membuat benda-benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena kegunaan dan keindahannya. Ada berbagai jenis seni dan kerajinan setiap hari seperti seni tekstil dalam bentuk batik, lagu dan tenun. Selain itu, ada juga anyaman dan seni.

Seni ukir
Seni dan kerajinan seperti batik, menyanyi dan menenun adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Seni tekstil biasanya digunakan dalam acara-acara penting masyarakat adat mulai dari kelahiran hingga pernikahan hingga kematian. Seni tekstil selalu menjadi bagian penting dari suatu daerah.

5. Lagu Tanah Air Ku

Lagu Tanah Air Ku

Jawaban dan Pertanyaan!

  • Pertanyaan : Jelaskan bagaimana perasaan Anda saat menyanyikan lagu “Tanah Air”?
    Jawaban: Merasa bangga karena Indonesia sangat berharga dan layak menjaga keindahan dan keindahannya
  • Pertanyaan: Jelaskan apa nada dan tempo lagu “Tanah Airku” itu?
    Jawaban: Do Do = Bes Birama 4/4 Tempo Largetto: lambat tapi lebih cepat dari Largo
  • Pertanyaan : Jelaskan Apakah lirik lagu “Tanah Airku” mencerminkan nilai-nilai patriotisme?
    Jawaban : Betapa besar dan indahnya Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Love for the Motherland menunjukkan bahwa menjaga keindahan dan keindahan tanah air membutuhkan persatuan dan kesatuan.
Baca Juga :   Bentuk Masyarakat Multikultural

6. Perstiwa Pengembunan Dan Penyumblinan (Halaman 66)

Perubahan peristiwa dalam bentuk objek dapat dijelaskan menggunakan diagram berikut.
Lihatlah diagram di dekat!

Perstiwa Pengembunan Dan Penyumblinan (Halaman 66)

Diskusikan Bersama Temanmu!
Perubahan peristiwa dalam bentuk objek dapat dijelaskan menggunakan diagram berikut. Lihatlah diagram di dekat! Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompok teman Anda.

  • Petanyaan : Jelaskan perubahan lengkap dalam bentuk objek di atas berdasarkan pengamatan dan bacaan Anda sebelumnya ?
    Jawaban : Saat meleleh, bentuk suatu zat diubah dari padat menjadi cair, selama pembekuan bentuk suatu zat diubah dari cair menjadi padat. Kristalisasi adalah kasing yang mengubah bentuk suatu zat dari gas menjadi padat, sedangkan penguapan adalah kasing yang mengubah bentuk zat dari cair menjadi gas. Sublimasi adalah perubahan bentuk materi dari padat menjadi gas. Kondensasi adalah kasus mengubah bentuk suatu zat dari gas menjadi cair.
  • Pertanyaan: Jelaskan perbedaan antara kondensasi dan sublimasi?
    Jawaban: Dalam sublimasi, bahan membutuhkan panas, dalam kondensasi, zat melepaskan panas. Kondensasi terjadi pada benda gas, sedangkan sublimasi terjadi pada benda padat
  • Pertanyaan: Jelaskan perbedaan antara kondensasi dan disposisi?
    Jawaban: Kelembaban adalah perubahan dalam bentuk benda dari gas ke cair, sedangkan deposisi adalah perubahan bentuk benda dari gas ke benda padat.
  • Pertanyaan: Jelaskan perbedaan antara sublimasi dan kristalisasi?
    Jawaban: Sublimasi adalah perubahan bentuk benda dari padat menjadi gas, sedangkan kristalisasi adalah perubahan bentuk benda dari gas ke padat (kristalisasi berarti pengendapan).
  • Pertanyaan: Apa yang menyebabkan kondensasi, sublimasi, dan kristalisasi?
    Jawaban: Kondensasi akibat penurunan suhu / pelepasan panas menyebabkan gas menjadi cair, yang bisa kita lihat di pagi hari di panel jendela.
    Sublimasi didasarkan pada peningkatan suhu benda padat, yang berubah menjadi gas. Misalnya, kapur barus yang ditempatkan di lemari akhirnya padam.
    Kristalisasi ini disebabkan oleh penurunan suhu atau pelepasan panas yang dialami objek, misalnya ketika uap air berubah menjadi salju.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar