Mobilitas Sosial

Posted on

Mobilitas Sosial – Pada kesempatan kali ini kita akan bertemu dengan mata pelajaran Sosiologi, yaitu pembahasan mengenai Mobilitas sosial. Masalah ini pasti kita akan bertanya-tanya jika tidak mengetahui arti yang sebenarnya.

Mobilitas Sosial

Apa itu yang dimaksud dengan Mobilitas Sosial? Mobilitas Sosial berasal dari bahasa latin yaitu sebuah kata Mobilis yang berarti bergerak, sedangkan kata Social berasal dari bahasa Inggris yang berarti masyarakat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Mobilitas Sosial berarti sebuah Gerakan dari Masyarakat.

Secara harfiah Mobilitas Sosial adalah sebagai bentuk gerakan yang terjadi karena berpindahan ataupun perubahan posisi dari seseorang atau juga sekelompok orang di saat yang berbeda-beda. Masih banyak lagi pengertian Mobilitas Sosial menurut dari para ahli, nah untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Mobilitas Menurut Para Ahli

Apa saja pengertian dari Mobilitas Sosial menurut para ahli, yuk kita simak penjelasan dibawah yang diantaranya sebagai berikut ini :

1. Soerjono Soekanto

Mobilitas Sosial menurut Soerjono Soekanto yaitu sebuah gerakan didalam struktur sosial yang mengikuti pola tertentu untuk mengatur organisasi dari suatu kelompok sosial.

2. Horton Dan Hunt

Menurut Horton dan Hunt Mobilitas Sosial adalah sebuah gerakan perpindahan dari suatu kelas golongan sosial ke kelas sosial yang lainnya.

3. H. Edward Ransford

Mobilitas Sosial menurut H. Edward Ransford yaitu merupakan sebuah perpindahan dari atas atau kebawah didalam lingkungan sosial secara hirarki.

Baca Juga :   Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 5 Semester 1

4. Wiliam Kornblum

Pengertian Mobilitas Sosial yaitu sebuah perpindahan dari individu-individu, keluarga-keluarga, dan juga kelompok sosial yang berada disuatu lapisan ke sebuah lapisan sosial yang lainnya.

Macam-macam Mobilitas Sosial

Mobilitas Sosial juga memiliki bentuk yang sudah dikelompokkan berdasarkan dari beberapa jenis Mobilitas Sosial itu sendiri. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya yaitu sebagai berikut ini :

Mobilitas berdasarkan Tipe

1. Mobilitas Sosial Vertikal

Mobilitas Vertikal yaitu sebuah perpindahan secara individu atau obyek dari suatu kekuasaan sosial ke kekuasaan sosial lainnya yang tidak sederajad. Mobilitas jenis ini memiliki 2 bentuk yaitu

  • Mobilitas Vertikal Naik, mobilitas jenis ini dapat terjadi jika seseorang mengalami peningkatan kekuasaan menuju ke kekuasaan yang lebih tinngi.
  • Mobilitas Vertikal Menurun, mobilitas jenis ini dapat terjadi jika seseorang mengalami penurunan tingkat kekuasaannya.

2. Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas Horizontal yaitu suatu perpindahan individu atau obyek dari suatu kekuasaan sosial ke sebuah tingkat kekuasaan sosial lainnya yang sederajad.

3. Mobilitas Sosial Lateral

Mobilitas Lateral yaitu sebuah perpindahan individu atau obyek dari suatu tempat ke tempat lainnya yang sangat berpengaruh pada kedudukan sosialnya.

4. Mobilitas Sosial Struktural

Mobilitas jenis ini meliputi sebuah kesatuan yang sangat luas dan kompleks yang disebabkan oleh beberapa hal yang positif maupun negatif.

Mobilitas Sosial Berdasarkan Ruang Lingkup

  • Mobilitas Sosial Intragenerasi yaitu sebuah Mobilitas Sosial yang dilalui oleh seseorang selama masa hidupnya atau juga sebagai perubahan status sosial mulai dari lahir hingga ke masa tuanya.
  • Mobilitas Sosial Antar Generasi merupakan sebuah Mobilitas Sosial yang terjadi dari dua buah generasi bahkan lebih.

Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial

Berikut ini faktor yang sangat mempengaruhi sebuah Mobilitas sosial tersebut yaitu, diantaranya sebagai berikut :

Baca Juga :   Contoh Soal Ipa Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013

1. Faktor Struktural

  • Keadaan sebuah ekonomi ganda
  • Struktur dari pekerjaan seseorang
  • Penunjang dan juga penghambat Mobilitas Sosial
  • Perbedaan dalam pertumbuhan penduduk

2. Faktor individu

  • Faktor ini merupakan faktor kebiasaan bekerja.
  • Perbedaan antara pendidikan dan juga tingkat kemampuan.
  • Orentasi sebuah sikap terhadap proses Mobilitas Sosial.
  • Faktor keberuntungan atau biasa disebut Lucky.

3. Faktor Status Sosial

Didalam faktor ini terdapat dua jenis Status Sosial, yaitu Status sosial yang sudah diperoleh sejak lahir yang berasal dari kedua orang tuanya, dan juga Status Sosial yang diperoleh karena sebuah usaha dan tingkah laku dari seseorang. Dengan sebuah usaha yang di lakukan oleh orang ini, maka Mobilitas Sosial itu sangat mungkin untuk dialaminya.

4. Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi merupakan salah satu faktor yang krusial didalam sebuah proses Mobilitas Sosial di lingkungan masyarakat Indonesia. Faktor Ekonomi juga dapat memicu berbagai bentuk dari Mobilitas Sosial di Negara Indonesia. Secara umum, perekonomian seseorang akan menjadi penentu dari kedudukan seseorang di mata masyarakat.

5. Faktor Politik

Faktor ini juga menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi berbagai bentuk dari Mobilitas Sosial di Negara Indonesia. Faktor Politik itu sendiri merupakan sebuah pembentukan dan juga pembagian kekuasaan dalam ruang lingkup masyarakat. Berdasarkan dari berbagai pendapat para ahli, politik merupakan bentuk gabungan dari seni dan juga ilmu yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah kekuasaan secara Konstitusional dan Nonkonstitusional.

F.A.Q

Mobilitas Sosial berasal dari bahasa Latin dan Bahasa inggris yang berarti?

Mobilis berasal dari bahasa latin yang berarti sebuah gerakan dan Sosial yang berarti masyarakat atau sekelompok warga, jadi Mobilitas Sosial yaitu sebuah gerakan masyarakat.

Baca Juga :   Rumus Rubik 2x2 3x3 4x4 Mudah Bergambar Lengkap

Apa saja Faktor Individu yang mempengaruhi Mobilitas Sosial?

Beberapa Faktor Individu yaitu :

  • Faktor ini merupakan faktor kebiasaan bekerja.
  • Perbedaan antara pendidikan dan juga tingkat kemampuan.
  • Orentasi sebuah sikap terhadap proses Mobilitas Sosial.
  • Faktor keberuntungan atau biasa disebut Lucky.

Dampak Negatif dari Mobilitas Sosial yaitu?

Dampak negatif dari mobilitas sosial biasanya muncul karena rasa ingin menguasai dan juga mengalahkan lawan antar kelompok. Hal seperti ini lah yang akan menimbulkan terjadinya sebuah konflik antar kelompok.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

Mobilitas Sosial Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar