Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Revisi 2018

Posted on

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Revisi 2018 – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Revisi 2018 yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Buku tema kelas 6 adalah buku cetak kedua setelah revisi 2018, setelah beberapa tahun yang lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menerbitkan buku tema kelas enam. Nah, untuk teman-teman bookpack yang ingin mengunduh skor revisi terbaru untuk buku tematik kelas 6 SD / MI 2018 terintegrasi, detail buku berikut.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Revisi 2018

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 14

Materi Pembelajaran Halaman 14 Mengenai Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Malaysia, Laos dan Indonesia hidup berdampingan. Meski berbeda negara, tetapi ketiganya memiliki kesamaan dalam kehidupan sosial dan budaya. Ada banyak negara lain yang memiliki kesamaan. Itu sebabnya mereka bergabung dengan organisasi bernama ASEAN, Uni Negara-Negara Asia Tenggara. Berikut ini adalah 10 negara ASEAN.

Baca dengan cermat informasi berikut untuk memperluas wawasan Anda mengenai negara-negara ASEAN

ASEAN, responsif terhadap kebutuhan tetangga

Anda pasti merasa nyaman tinggal di sebelah. Ini terasa ketika semua keluarga mendukung, membantu, dan bekerja bersama. Kenyamanan di lingkungan harus diwujudkan karena setiap keluarga memiliki minat yang sama.

Ini juga yang mendasari pembentukan ASEAN. ASEAN adalah organisasi internasional yang anggotanya berlokasi di Asia Tenggara. Negara-negara ini bersatu karena lokasi geografis dan kesamaan budaya yang sama. Minat yang sama dalam mempromosikan pertumbuhan ekonomi, budaya sosial dan menjaga keamanan regional adalah dasar untuk pertimbangan para pemimpin dunia dalam pendirian ASEAN. ASEAN didirikan pada tahun 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok. Pada saat itu, tokoh dari lima negara yang terlibat dalam diskusi adalah pencetus dan pendiri organisasi ini.

Lima negara yang bergabung dengan ASEAN pada tahun 1967 adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. Utusan dari lima negara yang juga merupakan anggota pendiri ASEAN adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura) dan Narciso Ramos (Filipina).

ASEAN harus dapat membantu semua anggotanya. Untuk alasan ini, berbagai kolaborasi telah dikembangkan untuk mempromosikan kesejahteraan semua anggotanya. Kerja sama ekonomi, sosial, budaya dan politik diarahkan untuk kemajuan semua anggotanya. Manfaat yang dirasakan oleh anggota ASEAN menyebabkan semakin banyak negara bergabung dengan organisasi ini. Saat ini, sepuluh negara adalah anggota ASEAN. Atas perintah aksesi, negara-negara anggota ASEAN adalah:

  • Lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina, yang bergabung pada 8 Agustus 1967
  • Brunei Darussalam, bergabung pada 7 Januari 1984
  • Vietnam, bergabung pada 28 Juli 1995
  • Laos dan Myanmar, bergabung pada 23 Juli 1997
  • Kamboja, bergabung pada 30 April 1999

Rakyat negara-negara ASEAN memiliki kehidupan sosial budaya yang unik. Anda dapat belajar dengan membaca teks berikut.

A. Brunei Darussalam
Desa Ayer adalah desa terapung di Brunei Darussalam. Pada 1400 desa Ayer pernah menjadi pusat pemerintahan. Saat ini, banyak penduduk memiliki perahu pribadi dan disimpan di bawah rumah apung mereka.
Budaya Brunei sangat dipengaruhi oleh ajaran Islam. Mayoritas populasi adalah orang Malaysia. Kata “Brunei” berasal dari kata “Nah Baru” yang diucapkan oleh Awang Alak Betatar, penemu tanah ini. Kata “Darussalam” berarti “tempat yang damai” atau “rumah keamanan”. Dalam percakapan, menunjuk dengan jari telunjuk dianggap kasar. Secara tradisional, Bruneier tidak berjabat tangan dengan lawan jenis. Melepas sepatu Anda adalah praktik umum di Brunei sebelum memasuki rumah orang lain.

Baca Juga :   Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Kubus Dan Contoh Soalnya

B. Malaysia
Patung Dewa Murungga di Malaysia adalah patung berukuran 42,7 meter. Patung ini terletak di Gua Batu, salah satu kuil Hindu paling populer di luar India yang didedikasikan untuk dewa Murungga. Malaysia memiliki kota bernama George Town, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota ini terletak di Pulau Penang. George Town adalah kota yang memiliki berbagai jenis budaya. Banyak bangunan peninggalan Eropa dan bangunan bernuansa Melayu. Tiga kelompok utama di Malaysia adalah Malaysia, Cina, dan India. Musik tradisionalnya sangat dipengaruhi oleh budaya Cina, Islam, India, dan Indonesia. Makanan spesialnya adalah Nasi Lemak.

C. Filipina
Budaya Filipina adalah hasil perpaduan budaya barat dan timur. Kehidupan budayanya ditandai oleh budaya Melayu, Cina, dan Spanyol. Bahasa Filipina adalah bahasa nasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk urusan perdagangan atau sosial. Ada delapan dialek utama yang digunakan oleh orang Filipina: Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray, Pampango dan Pangasinense. Po dan Opo adalah nama-nama Filipina untuk orang tua. Mereka memanggilnya dengan kata-kata seperti “Kuya,” “Makan,” “Manong,” atau “Manang,” yang menunjukkan rasa hormat. Jabat tangan adalah bentuk ucapan yang paling umum di Filipina. Tarian Tinikling adalah tarian Filipina. Tarian ini menceritakan tentang burung Tinikling yang melompat untuk menghindari perangkap bambu dari para petani padi.

D. Kamboja
Banyak kuil di Kamboja yang terbuat dari batu. Dewa-dewa dari Hindu dan Budha diukir di dinding. Tarian bidadari lahir 2000 tahun yang lalu. Relief tarian sering ditemukan di bangunan keagamaan di Kamboja. Khmer memakai syal kotak-kotak yang disebut Krama. Pria dan wanita Khmer membawa liontin Buddha di kalung mereka. Tujuannya adalah untuk melindungi diri dari roh jahat dan membawa keberuntungan. Makanan Kamboja yang terkenal adalah Chha, yang berarti panggang.

D. Myanmar
Myanmar disebut tanah Seribu Pagoda. Ini karena sangat mudah untuk menemukan kuil suci Budha. Mayoritas populasi di Myanmar adalah keturunan Tibet. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Burma.

Pakaian tradisional Myanmar, yang disebut Longyi, menyerupai sarung Indonesia, tetapi kain ini membungkus tubuhnya dari perut ke betis. Longyi terbuat dari kain katun yang dikenakan tidak hanya oleh pria dewasa, tetapi juga oleh anak-anak dan wanita.

F. Vietnam
Gim ‘Memanggang Tangkap Dengan Mata Tertutup’ adalah gim tradisional untuk anak-anak Vietnam. Anak itu, yang berada di tengah-tengah lingkaran, matanya ditutupi dengan kain. Tangkap salah satu teman Anda dan tebak namanya.

Vietnam terkenal dengan pakaian khasnya yang disebut Ao Dai. Di sana Anda akan sering menemukan topi caping. Orang Vietnam suka duduk di kursi, yang merupakan kursi yang sangat pendek. Mereka suka duduk di kursi, tidak hanya untuk makan malam, tetapi juga untuk mengobrol. Mayoritas orang Vietnam memiliki nama keluarga Nguyen. Ini karena dinasti Nguyen memerintah dari tahun 1803 sampai 1945 dan merupakan dinasti terakhir di Vietnam.

G. Laos
Nama Laos terkait dengan penemunya, Ai Lao. Orang Laos dikenal karena kesabaran dan kesederhanaannya. Ini terkait dengan ajaran agama Buddha yang diikuti banyak orang. Olahraga tradisional di Laos adalah kataw, seperti bola voli, tetapi menggunakan kaki untuk menangkap dan memukul bola. Bola terbuat dari anyaman bambu.

Baca Juga :   Pengertian Paragraf

Tahun baru Laos disebut Bun Pi Mai. Semua penghuni membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru dan mencuci patung Buddha. Makanan pokok Laos adalah nasi atau beras ketan, yang dimakan dengan tangan. Orang Laos menyebut diri mereka “luk khao niaow”, yang berarti “anak-anak mendapatkan beras ketan”. Amal suci yang memberi sedekah, atau dikenal sebagai Sai Bat, adalah sebuah upacara di Laos. Para biksu membawa keranjang kecil di sebagian kecil kota untuk menerima dana dari penduduk yang mayoritas beragama Budha.

H. Singapura
Singapura memiliki simbol negara, Merlion. Merlion adalah patung kepala singa dan tubuh ikan. Setelah mitos itu, Singapura pernah menjadi desa nelayan. Desa ini disebut Temasek dan berasal dari bahasa Jawa dan berarti laut. Singapura berasal dari kata Sansekerta, yang berarti kota singa. Warga Singapura berasal dari Cina, Malaysia, India, dan Eropa. “Baba” adalah nama untuk keturunan Cina-Melayu. Singapura memiliki empat bahasa resmi, yaitu Melayu, Mandarin, Inggris, dan Tamil. Warga Singapura memiliki budaya berjalan. Sekitar 80 persen orang pergi ke mana-mana. Ini karena harga kendaraan, yaitu mobil dan bahan bakar, yang sangat mahal. Kepiting Cabai adalah hidangan yang sangat populer di Singapura.

I. Thailand
Thailand adalah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah oleh orang Eropa. Thailand dalam bahasa Thailand adalah Prathet Thai, yang berarti “tanah kebebasan”. Thailand telah berganti nama sejak abad ke-19, termasuk Siam (yang berarti bahasa Sansekerta, yang berarti gelap atau cokelat) dan Thailand. Ramakien adalah sejarah nasional Thailand yang memengaruhi kehidupan masyarakat. Di Thailand, kepala adalah bagian tubuh yang paling dihormati.

Tidak ada yang berani menyentuh kepala, bahkan kepala anak kecil. Sebaliknya, kaki dianggap yang paling hina, karena digunakan sebagai alat untuk memasuki tanah. Karena itu, kaki jangan sampai terkena patung suci atau orang lain. Teh secara tradisional diminum di Indonesia dan Thailand. Di beberapa daerah di Indonesia teh telah diminum selama beberapa generasi. Salah satunya adalah teh yang diseduh dalam teko. Karena itu, teh disebut teko. Di Thailand, teh disajikan dengan susu dan rempah-rempah. Teh ini disebut Teh Es Thailand dan disajikan dingin.

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?

Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera. Situasi ini menjadikan Indonesia tempat yang strategis. Dengan lokasinya yang strategis, Indonesia memiliki pilihan transportasi yang sangat menguntungkan, baik di darat, laut atau di udara. Selain itu, lokasi yang strategis ini menyediakan iklim tropis di Indonesia. Indonesia tidak hanya memiliki lokasi yang sangat baik dan iklim yang sangat baik, tetapi juga satu-satunya negara yang terdiri dari ribuan pulau. Indonesia memiliki setidaknya 17.504 pulau besar dan kecil, di mana sekitar 6.000 tidak berpenghuni. Pulau tak berpenghuni ini menyebar di sekitar khatulistiwa.

Wilayah Indonesia mencakup panjang 6.977 mil antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Ketika perairan di antara pulau-pulau digabungkan, wilayah Indonesia mencapai 3 juta mil. Pulau terpadat di Indonesia terletak di pulau Jawa. Populasi pulau ini mencapai setengah dari total populasi di Indonesia. Oleh karena itu, pulau Jawa digunakan sebagai wilayah pusat negara Indonesia, karena di pulau ini adalah ibu kota negara Indonesia, yaitu Jakarta.

Budaya Indonesia adalah kombinasi dari semua budaya lokal yang ada sebelum daerah itu dibentuk menjadi Indonesia pada tahun 1945. Semua budaya yang berbeda di Indonesia telah menjadi bagian integral dari budaya Indonesia.

Baca Juga :   Bahasa Arab Terima Kasih

Meskipun budaya Indonesia beragam, budaya ini pada dasarnya dibentuk oleh budaya dari daerah lain seperti Cina, India dan Arab. Budaya India sendiri masuk ke dalam budaya Indonesia sebelum berdirinya Indonesia. Budaya India mulai menyebar ke Indonesia dengan penyebaran Hindu dan Budha di nusantara. Budaya Hindu dan Budha mendominasi kepulauan pada abad ke-5 Masehi. Ini ditandai dengan terbentuknya nafas Hindu dan Budha tertua di kepulauan, Kutai. Kerajaan Kutai tetap ada sampai akhir abad ke-15 Masehi.

Budaya Cina memasuki budaya Indonesia dan mempengaruhinya sebagai hasil dari hubungan perdagangan yang kuat antara pedagang Cina dan negara kepulauan tersebut. Selain itu, banyak imigran Tiongkok datang ke Indonesia dan menetap di sana. Mereka menetap dan menikahi penduduk dan menghasilkan perpaduan unik antara budaya Cina dan lokal. Budaya ini adalah salah satu akar dari budaya lokal modern di Indonesia, seperti budaya Jawa dan Betawi.

Kehidupan sosial masyarakat Indonesia terutama ditandai dengan kegiatan sosial seperti bekerja, berinteraksi, dan sebagainya. Dalam interaksi sosial, orang Indonesia memiliki bahasa daerah masing-masing. Namun, bahasa resmi orang Indonesia adalah bahasa Indonesia. Ini diatur dalam Konstitusi Indonesia tahun 1945, Pasal 36, dan diabadikan dalam Deklarasi Penugasan untuk Remaja 28 Oktober 1928. Selain itu, bahasa Indonesia ini diperkenalkan pada Hari Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang dinamis yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan dan penggabungan bahasa daerah atau bahasa asing. Selain bahasa, orang Indonesia juga memiliki beragam seni. Seni Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa kategori, misalnya. Musik, tarian, mode, seni bela diri dan banyak lagi.

Banyak seni Indonesia dipengaruhi oleh budaya dari daerah lain. Misalnya, tarian dari daerah Jawa dan Bali terkenal karena pengaruhnya pada aspek budaya dan mitologi Hindu.

Kondisi geografis di Asia Tenggara

Posisi geografis Asia Tenggara terletak di antara tiga perairan:
• Samudra Hindia dan Teluk Bengal di barat;
• Laut Cina Selatan di utara; dan
• Pasifik di timur

Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua tingkatan:

Semenanjung Berbentuk Daratan
Wilayah yang berbentuk semen adalah Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Malaysia Barat.

Tanah Dalam Bentuk Pulau
Wilayah yang berbentuk kepulauan adalah Filipina, Indonesia, Malaysia Timur, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Perbedaan dan persamaan dalam karakteristik negara-negara ASEAN

Pilih dua negara ASEAN. Carilah perbedaan dan persamaan dalam karakteristik kedua negara, dimulai dengan tanaman hidup, terutama bunga yang merupakan karakteristik negara dan kondisi sosial dan budaya mereka. Anda dapat menyebutkan nama bunga, nama label (jika ada), pengguna dan lokasi pertumbuhan.

Tulis pemikiran Anda tentang properti negara dalam diagram Venn yang disiapkan.

  • Tunjukkan kedua negara tempat Anda membutuhkan informasi lebih lanjut. Tulis di kolom yang disediakan.
  • Tulis setiap fitur dalam lingkaran yang sesuai dengan negara.
  • Di tengah-tengah lingkaran Anda dapat menulis persamaan karakteristik yang dimiliki kedua negara.
Perbedaan dan persamaan dalam karakteristik negara-negara ASEAN

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Revisi 2018. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Revisi 2018 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar