Permintaan Dan Penawaran

Posted on

Permintaan Dan Penawaran – Dalam kegiatan ekonomi pasti terdapat unsur permintaan (demand) dan juga penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk sebuah titik pertemuan didalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).

Permintaan Dan Penawaran
Permintaan Dan Penawaran

Pada pembahasan kali ini saya akan mengupas secara rinci tentang Permintaan dan Penawaran beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Pengertian Permintaan

Permintaan yaitu sejumlah barang yang ingin dibeli atau diminta, pada tingkat harga tertentu dan dalam kurun waktu tertentu. Masyarakat yang berperan sebagi konsumen, harus membeli barang atau jasa yang diperlukan oleh dirinya di pasar.

Dalam keadaan ini, barang atau jasa tersebut memiliki tingkat harga tertentu. Terdapat berbagai macam harga yang ada di pasar, hal ini mengandalkan adanya sebuah kondisi yang mempengaruhi.

Unsur-unsur yang ada pada Permintaan, yaitu barang atau jasa dengan harga dan kondisi yang sangat mempengaruhi. Jadi, permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang dibeli dalam berbagai macam situasi dan tingkat harga tertentu.

Hukum Permintaan (Demand)

Hukum pada permintaan tidak berlaku secara mutlak, namun memiliki sifat yang mutlat meskipun didalam kondisi cateris paribus atau faktor-faktor lain yang dianggap tetap.

Hukum permintaan berbunyi “jika harga barang atau jasa mengalami penurunan, maka jumlah permintaannya akan bertambah atau meningkat. Namun sebaliknya, jika harga barang atau jasa mengalami kenaikan, maka jumlah permintaan akan berkurang atau menurun”.

Perlu anda ketahui bahwa, hukum dari permintaan sangat berbanding terbalik dengan harga barang atau jasa.

Misalnya :
Jika harga dari suatu barang turun dari yang sebelumnya sangat mahal menjadi murah, maka permintaannya akan semakin banyak.

Baca Juga :   Pasar Oligopoli

Tetapi sebaliknya, jika harga dari suatu barang naik dari yang sebelumnya murah menjadi mahal, maka permintaannya akan menurun.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Berdasarkan penjelasan diatas, bahwa harga sangat berpengaruh terhadap jumlah barang/jasa yang diminta. Meskipun begitu, teradapat beberapa faktor lain yang sangat mempengaruhinya.

Berikut ini beberapa faktor yang sangat mempengaruhi permintaan tersebut :

1. Harga barang itu sendiri

Jika harga dari suatu barang/jasa semakin murah, maka permintaan terhadap barang/jasa tersebut akan semakin bertambah. Begitu pun sebaliknya.

Hal tersebut akan membawa kita kepada hukum permintaan, yang mengatakan bahwa “ Apabila harga dari suatu barang naik, ceteris paribus, maka jumlah barang/jasa yang diminta akan berkurang, dan begitutpun sebaliknya.”

2. Pendapatan Masyarakat

Dalam jumlah barang yang normal, peningkatan dari pendapatan masyarakat akan meningkatkan jumlah dari barang/jasa yang diminta.

Namun pada sebuah barang inferior, peningkatan dari pendapatan masyarakat justru akan mengurangi jumlah dari barang/jasa yang diminta.

3. Intensitas Kebutuhan Konsumen

Intensitas kebutuhan konsumen dapat dilihat dari beberapa unsur yang mempengaruhinya. Misalnya, pada bulan puasa (ramadhan) permintaan dari belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi, dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

4. Jumlah penduduk

Semakin besar dan bertambahnya jumlah dari penduduk yang ada di suatu negara, maka akan semkain besar pula permintaannya terhadap barang/jasa yang diproduksi oleh negara tersebut.

5. Selera atau Kebiasaan

Selara atau kebiasaan juga dapat mempengaruhi suatu permintaan terhadap barang atau jasa, misalnya seperti beras dan bahan sembako lainnya.

Walaupun harga beras rata-rata sama, namun permintaan beras per tahunnya di provinsi Maluku lebih rendah dibandingkan dengan daerah Sumatera Utara.

Hal ini disebabkan karena selain beras untuk dikonsumsi sendiri, ada juga adat istiadat masyarakat Batak yang menggunakan beras pada saat upacara pernikahan.

Kurva Permintaan

Permintaan itu sendiri di tempatkan sebagai fungsi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang di maksud disini adalah harga barang atau jasa, selera dan juga pendapatan.

Baca Juga :   Tenaga Kerja Adalah

Hubungan antara permintaan dengan faktor-faktor tersebut menghasilkan sebuah rumus yaitu sebagai berikut :
X= f (Hb1, Hb2, S, P)
Keterangan :
H = sebagai harga
S = sebagai selera
B = sebagai barang/jasa
P = sebagai pendapatan

Kurva permintaan akan bergerak dari arah kiri atas ke kanan bawah, artinya jika harga dari suatu barang/jasa mengalami penurunan, maka jumlah barang/jasa yang diminta akan semakin bertambah.

Contohnya :
Si ibu membeli telur dari yang sebelumnya hanya 3kg, sekarang menjadi 4kg karena harga telur tersebut sedang mengalami penurunan dengan harga Rp. 18.500 /kg nya.

Dilihat dari hal tersebut kita tidak menyebutnya sebagai kenaikan dari permintaan, namun hal tersebut dikatakan sebagai kenaikan dari jumlah barang yang diminta. Karena kenaikan dari permintaan masih berada pada pada satu kurva yang sama.

Pengertian Penawaran

Penawaran yaitu sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan juga waktu tertentu. Dalam rangka memenuhi permintaan dari konsumen, pihak produsen akan menyediakan berbagai macam barang/jasa.

Barang/jasa hasil dari produksi ini, yang kemudian akan dijual kepada konsumen yang ada di pasar berdasarkan dari tingkat harga tertentu. Permintaan ada sangkut pautnya terhadap sebuah pembelian dan pemakaian. Sedangkan penawaran ada sangkut pautnya dengan sebuah peneyediaan dan penjualan barang/jasa.

Jadi dapat disimpulkan dari penjelasan diatas bahwa penawaran adalah jumlah barang/jasa yang tersedia di pasar untuk dijual dengan berbagai tingkat harga dan juga situasi.

Hukum penawaran

Hukum penawaran merupakan kebalikan dari hukum permintaan, dimana peningkatan dari harga barang/jasa akan menimbulkan sebuah penawaran.

Penawaran yang terjadi terhadap barang/jasa tersebut akan meningkat dan begitupun sebaliknya, dengan asumsi faktor lain yang dapat dianggap tetap.

Kurva Penawaran

Kurva penwaran yaitu sebuah kurva yang menggambarkan fungsi antara harga dengan jumlah barang/jasa yang sudah ditawarkan kebeberapa konsumen.

Perubahan dari harga barang/jasa itu sendiri yang sangat berpengaruh terhadap pergerakan dari panjang kurva penawaran. Sementara itu perubahan yang diperoleh pada faktor lain akan sangat berpengaruh terhadap pergeseran dari kurva permintaan.

Baca Juga :   APBN Dan APBD

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Sama halnya seperti Permintaan, Penawaran juga memiliki beberapa faktor yang mempengaruhinya yang meliputi :

1. Biaya produksi

Kenaikan sebuah harga input, sebenarnya juga dapat menyebabkan kenaikan dari biaya produksi. Dengan begitu, jika biaya produksi meningkat (hal tersebut disebabkan oleh kenaikan harga faktor produksi atau penyebab lainnya), maka produsenlah yang akan mengurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang tersebut akan berkurang.

2. Teknologi yang Digunakan

Semakin canggih teknologi yang dipakai dalam proses produksi, maka produksi dari barang atau jasa juga semakin efisien. Sehingga jumlah barang/jasa yang ditawarkan dapat ditingkatkan kembali.

3. Harapan akan harga masa depan

Jika seorang produsen sudah memperkirakan bahwa harga barang/jasa akan naik di masa depan. Maka penwaran saat ini akan dikurangi dan barang/jasa tersebut akan ditimbun untuk dijual di masa depan dengan harapan keuntungan yang diperoleh semakin meningkat.

Jelaskan pengertian Permintaan dan Penawaran!
Permintaan yaitu sejumlah barang yang ingin dibeli atau diminta, pada tingkat harga tertentu dan dalam kurun waktu tertentu.

Sedangkan Penawaran yaitu sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan juga waktu tertentu.

Permintaan terbagi atas 2 jenis yaitu?
Terbagi atas 2 jenis :

  • Permintaan absolut : yaitu sebuah permintaan terhadap barang/jasa yang disertai atau tidak disertai sebuah kemampuan untuk membeli.
  • Permintaan efektif : yaitu sebuah permintaan terhadap barang/jasa yang disertai dengan kemampuan seseorang untuk membeli.

Tuliskan bunyi hukum dari permintaan!
Bunyi hukum dari permintaan yaitu “ jumlah barang/jasa yang diminta akan bertambah apabila harganya mengalami penurunan, dan permintaan barang/jasa akan berkurang apabila harganya naik pada periode tertentu.”

Sekian pembahasan dari artikel ini, semoga bermanfaat dan membantu para pembaca.

Baca Artikel Lainnya :