Kegiatan Ekonomi

Posted on

Kegiatan Ekonomi – Didalam upaya untuk menjalankan peran kehidupan, masyarakat tidak pernah terlepas dari hal yang dinamakan sebuah Kegiatan Ekonomi. Kegiatan ini temasuk kedalam unsur kehidupan yang sudah pasti akan dilakukan oleh masyarakat. Ekonomi merupakan salah satu masalah yang sangat penting yang berpengaruh kepada kelangsungan kehidupan di lingkungan masyarakat.

Kegiatan Ekonomi

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Kegiatan Ekonomi beserta dengan hal-hal yang terkait didalamnya.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seluruh manusia dalam upaya pemenuhan kebutuhan didalam hidupnya. Kegiatan Ekonomi juga dapat diartikan sebagai sebuah usaha yang dilakukan manusia untuk mencapai tingkatan kesejahteraan dan kemakmuran dalam hidupnya.

Secara umum, yang termasuk Kegiatan Ekonomi terdiri dari sebuah Kegiatan Produksi, Distribusi, dan juga Konsumsi. Masing-masing dari kegiatan tersebut saling berhubungan dan tidak akan terpisah anatara satu dengan yang lainnya.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi

Didalam suatu Kegiatan Ekonomi yang dikerjakan, dapat dibagi menjadi beberapa jenis kegiatan yaitu, adalah sebagai berikut :

Kegiatan Produksi

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Produksi merupakan salah satu bentuk aktivitas atau sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk, baik itu berupa jasa atau pun barang. Dengan adanya sebuah Kegiatan Produksi ini, maka sangat diharapkan barang dan jasa yang dihasilkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari masyarakat atau konsumen.

Pelaku dari sebuah Kegiatan Produksi disebut sebagai Produsen, selain berusaha untuk memenuhi permintaan dari para konsumen, Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Dibawah ini terdapat beberapa jenis barang yang dihasilkan dari suatu Kegiatan Produksi ini adalah sebagai berikut :

  • Barang mentah
  • Barang setengah jadi
  • Barang jadi.
Baca Juga :   Pengertian Bank

Kegiatan Distribusi

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Distribusi merupakan bentuk kegiatan yang menyalurkan suatu produk, baik itu berupa barang atau jasa, dari seorang produsen ke konsumen sehingga produk tersebut dapat tersebar luas ke lingkungan masyarakat yang membutuhkan. Tujuan dari sebuah Kegiatan Distribusi ini yaitu, untuk memastikan keberlangsungan dari suatu Kegiatan Produksi yang memastikan sebuah produk diterima oleh para konsumen dengan baik.

Pihak yang melaksanakan sebuah Kegiatan Distribusi biasanya disebut sebagai Distributor atau soarang Penyalur, yang mana pada umumnya mereka merupakan seorang Pedagang Besar. Contoh dari Kegiatan Distribusi misalnya Distributor Beras, Agen Surat Kabar (Koran), Agen Penyalur Bahan Makanan Mentah, dan lain sebagainya.

Dibawah ini terdapat beberapa aktivitas dari Kegiatan Distribusi yaitu, sebagai berikut :

  • Pembelian barang dari Produsen.
  • Pengangkutan barang.
  • Pengepakan Barang atau Pengemasan.
  • Penjualan ke para pedagang besar (grosir).
  • Penyimpanan di gudang.
  • Standarisasi mutu dari barang.
  • Klasifikasi barang.
  • Promosi barang-barang baru.
  • Penyaluran produk-produk baru.

Kegiatan Konsumen

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Konsumsi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh para konsumen dalam menggunakan sebuah produk atau jasa yang sudah diproduksi oleh para Produsen. Tujuan dari Kegiatan Konsumen tersebut yaitu untuk memenuhi sebuah keperluan sehari-harinya atau kebutuhan hidupnya.

Berikut ini merupakan beberapa Pelaku Utama dari sebuah Kegiatan Konsumen yaitu, adalah sebagai berikut :

  • Rumah tangga keluarga
  • Pemerintah
  • Industri atau perusahaan

Tujuan dari Kegiatan Ekonomi

Didalam menjalankan sebuah kehidupannya, manusia memiliki beberapa kebutuhan. Adapun beberapa kebutuhan tersebut dapat dibagi menjadi beberapa hal berdasarkan dari pentingnya kebutuhan tersebut didalam kehidupan manusia. Pembagian dari kebutuhan tersebut yaitu Kebutuhan Primer, Sekunder dan juga Tersier.

Secara umum, tujuan dari adanya sebuah Kegiatan Ekonomi tersebut yaitu untuk memenuhi segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan adanya sebuah Kegiatan tersebut, maka masyarakat dapat memiliki kehidupan yang lebih baik dan sejahtera, karena apa yang menjadi kebutuhan dari dirinya dapat dipenuhi dengan baik.

Baca Juga :   Faktor Produksi

Contoh Kegiatan Ekonomi

Di Indonesia ada bebera jenis sebuah kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh sebagian besar masyarakat indonesi, untuk mengetahui suatu informasi yang lebih detailnya maka kita simak uraian yang terdapat di bawah ini yaitu :

1. Perdagangan

Kegiatan Ekonomi

Saat ini kegiatan perdagangan sudah dijadikan sebagai salah satu bisnis yang sangat menguntungkan di Indonesia. Bahkan, dari berbagai macam jenis perdagangan yang ada di Indonesia dapat membuat berbagai macam inovasi dari beberapa produk dalam proses perdagangan yang sangat menguntungkan dari setiap masyarakat yang melakukan sebuah transaksi.

Tentunya, didalam Proses Kegiatan dari perdagangan ini memang sangat menguntungkan bagi para penjual ataupun pembelinya didalam suatu Kebutuhan Ekonomi yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-harinya.

2. Perindustrian

Kegiatan Ekonomi

Didalam sebuah Kegiatan Ekonomi yang terdapat di Indonesia yaitu Perindustrian. Perindustrian mempunyai ruang lingkup cukup luas didalam mengolah suatu produk berbahan mentah menjadi sebuah produk yang siap pakai. Di Indonesia memang sudah lumayan banyak jenis dari Perusahaan Industri yang akan memenuhi segala Kebutuhan Ekonomi masyarakat di Indonesia.

3. Pertanian

Kegiatan Ekonomi

Pertanian merupakan salah satu bentuk dari Kegiatan Ekonomi yang sangat familiar di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Negara Indonesia, merupakan salah satu Negara Agraris yang mempunyai sebuah lahan perhatian sangat luas. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan seperti Beras, Gandum, Buah-buah dan Sayur-sayuran.

4. Peternakan

Kegiatan Ekonomi

Peternakan juga menjadi salah satu Kegiatan Ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia yang memperkembangbiakan hewan dengan tujuan dan keuntungan yang cukup besar. Dan ketahuilah bahwa usaha dari peternakan yang berupa beberapa hewan ternak memang sangat memberikan sebuah penghasilan yang cukup besar dengan jumlah keuntungan yang sangat besar juga.

Baca Juga :   Pengertian Koperasi

Sekian pembahasan dari artikel pada kali ini yang mengenai Kegiatan Ekonomi beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Baca Artikel Terkai Lainnya :