Fi’il Amar

Posted on

Pengertian Fi’il Amar, Contohnya Dalam Al Qur’an, Contoh Kalimat Lengkap, Tasrif Fi’il Amar Lengkap, Dll – Fi’il dalam bahasa Arab, itu memiliki beberapa cabang yaitu : Fi’il Madhi, Fi’il Mudhari’ dan Fi’il Amar.

Pada kesempatan kali ini, yang akan kita bahas adalah Fi’il Amar yang mencangkup pengertian dan khususnya yaitu contoh – contoh fi’il amar dalam Al Qur’an.

Untuk itu, mari langsung saj kita simak uraiannya dibawah berikut ini !

Fi'il Amar
Fi’il Amar

Pengertian Fi’il Amar

Fi’il amar menurut bahasa artinya adalah kata perintah, yaitu merupakan suatu kata yang digunakan sebagai wujud permintaan terhadap kegiatan yang belum terjadi, dan mengandung unsur keharusan untuk mengerjakannya.

Menurut pembagian berdasarkan posisi akhir harakat (i’rab) pada fi’il amar yaitu ada empat adalah :

  1. Sukun.
    Yaitu apabila huruf akhirnya shahih (bukan illah) dan tidak bersambung dengan huruf apa pun, seperti kata (اِجْلِسْ) atau (اِذْهَبْ). Atau bersambung dengan nun niswah secara langsung, seperti (اِجْلِسْنَ) atau (اِذْهَبْنَ).
  2. Menghapus nun.
    Yakni apabila fi’il amar bersambung dengan alif itsnain (أَلِفُ الاِثْنَيْنِ), seperti (اِجْلِسَا). Atau waw jama’ah (وَاوُ الجَمَاعَةِ), seperti (اِجْلِسُوا). Dan atau yaa mukhathabah (يَاءُ المُخَاطَبَةِ), seperti (اِجْلِسِي).
  3. Menghapus huruf ‘illah.
    Yankni apabila huruf akhirnya adalah huruf ‘illah (cacat atau tidak sempurna), seperti (اُدْعُ) aslinya adalah (اُدْعُو).
  4. Fathah.
    Adalah apabila bersambung langsung dengan huruf nun tawkid, seperti (اِجْلِسَنْ) atau (اِذْهَبَنْ).

Baca : Contoh Fi’il Mudhari

Berdasarkan bentuknya, maka Fi’il Amar memiliki beberapa beberapa bentuk, di antara bentuk tersebut adalah :

  1. Yang paling mendasar yaitu : (افعل), bisa dibasa if’aluf’ul, dan if’il.
  2. Fi’il Mudhari Majzum yang didahului oleh huruf lam amar (لَامُ الأَمْرِ), seperti (لِتَجْلِسْ).
Baca Juga :   Soal Muatan Lokal Kelas 8

Ada hal yang menarik terkait fi’il amar ini, yaitu : ada kata kerja perintah yang hanya berupa satu huruf saja.
Contoh-contohnya adalah :

  1. (رَ) asli katanya seperti : (رَأَى – يَرَى) dan artinya ‘melihat‘.
  2. (عِ) asli katanya seperti : (وَعَى – يَعِي) dan artinya ‘menghafal‘.
  3. (فِ) asli katanya seperti : (وَفَى – يَفِي) dan artinya ‘menepati janji‘.
  4. (قِ) asli katanya seperti : (وَقَى – يَقِي) dan artinya ‘melindungi‘.

Itulah penjelasan singkat mengenai fi’il amar dan macam – macamnya. Jika kurang jelas, maka bisa meminta bantuan kepada seorang guru yang dirasa ahli dalam bidang ini.

Baca : Contoh Fi’il Madhi Dalam Al Qur’an

Kata Fi’il Amar dalam AL Qur’n

Selanjutnya adalah beberapa contoh kalimat yang mengandungFi’il Amar yang tercantum dalam al Qur’an, kalian pun juga bisa sambil membuka al Qur’an kalian sendiri dirumah untuk memastikan.

Berikut contoh – contohnya :

  1. Buka sekitar halaman 1:
  • اِهْدِنَا الصِّرَاطَ المُسْتَقِيْمَ ) merupakan kata yang berasal dari kata (هَدَى – يَهْدِي – اِهْدِ) yang artinya adalah “memberi hidayah“.

2. Buka sekitar halaman 3:

  • وَإِذَا قِيْلَ لَهُمْ ءَامِنُوا ) Kata ini merupakan kata yang berasal dari kata (آمَنَ – يُؤْمِنُ – آمِنْ) yang artinya adalah “beriman”.

3. Buka sekitar halaman 4:
Terdapat 4 macam yaitu :

  1. يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رُبَّكُمْ ) Merupakan kata yang berasal dari kata (عَبَدَ – يَعْبُدُ – اُعْبُدْ) yang artinya “beribadah“.
  2. فَأْتُوا بِسُوْرَةٍ مِنْ مِثْلِهِ ) Merupakan kata yang berasal dari kata (أَتَى – يَأْتِي – اِئْتِ بِـ) yang artinya “mendatangkan“.
  3. وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُوْنِ اللهِ ) Merupakan kata yang berasal dari kata (دَعَا – يَدْعُو – اُدْعُ) yang artinya “menyeru“.
  4. فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِى وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالحِجَارَةَ ) Merupakan kata yang berasal dari kata (اِتَّقَى – يَتَّقِي – اِتَّقِ) yang artinya “takut“.
Baca Juga :   Soal Penjas Kelas 4

4. Buka sekitar halaman 6 :
Pada halaman ini, ada sekitar 6 kata yang mengandung fi’il amar yaitu :

  1. فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَؤُلَاءِ ) Merupakan kata yang berasal dari kata (أَنْبَأَ – يُنْبِئُ – أَنْبِئْ) yang artinya “memberitahu”.
  2. قَالَ أَنْبِئْهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ )
  3. وَإِذْ قُلْنَا لِلمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ ) Merupakan kata yang berasal dari kata (سَجَدَ – يَسْجُدُ – اُسْجُدْ) yang artinya “sujud”.
  4. يَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَزَوْجُكَ الجَنَّةَ ) Merupakan kata yang berasal dari kata (سَكَنَ – يَسْكُنُ – اُسْكُنْ) yang artinya “tinggal“.
  5. وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَا ) Merupakan kata yang berasal dari kata (أَكَلَ – يَأْكُلُ – كُلْ) yang artinya “makan“.
  6. وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُم لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ) Merupakan kata yang berasal dari kata (هَبَطَ – يَهْبِطُ – اِهْبِطْ) yang artinya “turun“.

5. Buka halaman 7 :
Pada halaman ini terdapat sekitar 12 kalimat yang mengandung kata perintah (fi’il amar) yaitu :

  1. قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيْعًا )
  2. يَا بَنِي إِسْرَائِيْلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِي ) Yaitu merupakan kata yang berasal dari kata (ذَكَرَ – يَذْكُرُ – اُذْكُرْ) yang artinya “mengingat“.
  3. وَأَوْفُوا بِعَهْدِي أُوْفِ بِعَهْدِكُمْ ) Yaitu merupakan kata yang berasal dari kata (أَوْفَى – يُوْفِي – أَوْفِ) yang artinya “menepati janji“.
  4. وَإِيَّايَ فَارْهَبُوْنِ ) Yaitu merupakan kata yang berasal dari kata (رَهَبَ – يَرْهَبُ – اِرْهَبْ) yang artinya “takut“.
  5. وَءَامِنُوا بِمَا أَنْزَلْتُ )
  6. وَإِيَّايَ فَاتَّقُوْنِ )
  7. وَأَقِيْمُوا الصَّلَاةَ ) Yaitu merupakan kata yang berasal dari kata (أَقَامَ – يُقِيْمُ – أَقِمْ) yang artinya “mendirikan“.
  8. وَءَاتُوا الزَّكَاةَ ) Yaitu merupakan kata yang berasal dari kata (آتَى – يُؤْتِي – آتِ) yang artinya “menunaikan“.
  9. وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ ) Yaitu merupakan kata yang berasal dari kata (رَكَعَ – يَرْكَعُ – اِرْكَعْ) yang artinya “ruku“.
  10. وَاسْتَعِيْنُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ) Yaitu merupakan kata yang berasal dari kata (اِسْتَعَانَ – يَسْتَعِيْنُ – اِسْتَعِنْ) yang artinya “memohon pertolongan“.
  11. يَا بَنِي إِسْرَائِيْلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِي )
  12. وَاتَّقُوا يَوْمًا لَا تَجْزِي نَفْسٌ عَنْ نَفْسٍ شَيْئًا )
Baca Juga :   Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 1

Dan masih banyak lagi, kalian bisa mencari lagi selanjutnya pada al Qur’an kalian masing-masing dirumah.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Fi’il Amar. Semoga bermanfaat ya ….