Pengertian Ruang Dan Interaksi Antar Ruang Beserta Contohnya

Posted on

Rumusbilangan.com- Pada kesempatan di bab ini, kami akan membahas materi mengenai pengertian ruang dan interaksi Antar ruang beserta contohnya

Materi ini sering di ajarkan pada siswa kelas 7 SMP, biasa nya di bab pertama tentang Manusia, Tempat dan Lingkungan, dengan sub babnya yaitu tentang Pengertian Ruang dan Bangun Ruang. Yap,,, disini kita akan membahas materi tersebut. Mari simak artikel ini terus!

Interaksi Antar Ruang
Interaksi Antar Ruang

Pengertian Ruang

Ruang adalah suatu tempat pada permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh setiap makhluk hidup untuk sebuah tempat tinggal.

Didalam ruang ini, terdapat berbagai hal yakni seperti perairan baik yang berada diatas permukaan bumi (sungai, laut, danau, dan lain – lain) maupun dibawah permukaan bumi (tanah). Diatas permukaan bumi ini tidak hanya udara yang bersentuhan dengan permukaan bumi, melainkan juga lapisan atmosfer terbawah juga mempengaruhi.

Pengertian Interaksi Antar Ruang

Pengertian Interaksi antar ruang adalah suatu cara mengelola ruang – ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang – ruang yang ada disekitarnya.

Keterkaitan antar lokasi atau ruang disini dapat juga dilihat secara fisik maupun non fisik.

Pengertian interaksi antar ruang ini juga di didefinisikan sebagai suatu pergerakan orang, barang atau informasi dari suatu daerah ke daerah yang lain atau dari daerah asal menuju ke daerah tujuan.

Bentuk Interaksi Antar Ruang

Terdapat beberapa bentuk interaksi antar Ruang, diantaranya yaitu:

Baca Juga :   Status Bahasa Arab

1. Mobilitas Penduduk

Bentuk interaksi ruang yang pertama yaitu Mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah Interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia, contohnya seperti: emigrasi, urbanisasi, imigrasi, transmigrasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk bekerja atau wisata.

2. Komunikasi

Bentuk interaksi yang kedua yaitu: Komunikasi yaitu suatu interaksi melalui perpindahan ide atau gagasan dan informasi.Contohnya yaitu: pengiriman informasi baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti membaca berita, melihat tayangan televisi, internet, koran, majalah dan lain – lain.

3. Transportasi

Dan bentuk interaksi yang terakhir adalah Transportasi, yaitu suatu interaksi melalui perpindahan barang atau energi. Contohnya yaitu: pengakutan barang, perdagangan dan lain – lain.

Syarat Kondisi Dalam Interaksi Antar Ruang

Ada beberapa kondisi yang saling bergantung yang diperlukan dalam terjadinya sebuah interaksi ruang, yaitu: saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity)  dan  keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability).

Kondisi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Saling  Melengkapi  (Complementarity)

    Biasa disebut  Regional Complementary ialah kondisi saling melengkapi yang terjadi apabila ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya.
    Misalnya:
    Wilayah Lampung Timur termasuk wilayah penghasil jagung, sedangkan wilayah  Lampung Utara adalah termasuk wilayah penghasil getah karet. Wilayah Lampung Timur membutuhkan getah karet untuk produksi Karet, sedangkan wilayah Lampung utara  membutuhkan jagung untuk kebutuhannya.
    Apabila masing-masing  memiliki kelebihan (surplus), maka wilayah Lampung Timur melakukan interaksi dengan wilayah Lampung Utara dalam melalui aktivitas perdagangan atau jual beli.

  • Kesempatan Antara (Intervening Opportunity)

    Adalah suatu   lokasi   yang   menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal  maupun tempat tujuan. Apabila seseorang akan membeli suatu produk, maka ia akan memperhatikan faktor jarak dan biaya untuk memperoleh produk tersebut.

Contohnya:
Pedagang beras dari Karawang biasanya membeli beras dari pasar Induk Jakarta, tetapi sejak ada pasar induk di Cikopo maka mereka lebih dekat membeli beras di Cikopo sehingga terjadi interaksi antara wilayah Karawang dengan Cikopo.

  • Kemudahan Transfer (Transferability).

Pengangkutan  barang  atau  juga  orang  memerlukan sebuah biaya, biasanya biaya yang dicari ialah biaya yang lebih rendah. Apabila biaya tersebut terlalu tinggi dibandingkan dengan keuntungannya, maka interaksi antar ruang tidak akan terjadi.

Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan juga sangat tergantung pada ketersediaan suatu infrastruktur  (sarana dan prasarana) yang menghubungkan daerah asal dan tujuan.

Sebagai contoh:
Apabila jalan dari desa ke kota rusak maka mereka sulit mendapatkan harga yang murah karena jalannya mengalami kerusakan, tetapi apabila jalannya mudah dilalui maka barang-barang yang ada di daerah tersebut biasanya akan lebih murah.

Demikianlah pembahasan mengenai Interaksi Antar Ruang. Semoga bermanfaat …

Baca Juga:

Rumus Cara Menghitung Kekuatan Interaksi 2 Wilayah Lengkap
Cara Menghitung 1 Dekade Berapa Tahun? dan Contoh Soal

Pengertian Ruang Dan Interaksi Antar Ruang Beserta Contohnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar