Pidato Bahasa Arab tentang Kebersihan Lingkungan

Posted on

Pidato Bahasa Arab tentang Kebersihan Lingkungan – Pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan publik atau berorasi dengan tujuan mengemukakan suatu pendapat atau memberikan gambaran tentang suatu hal atau masalah peristiwa.

Biasanya, pidato ini disampaikan oleh seseorang yang tampil di khalayak umum untuk memberikan sebuah orasi atau pernyataaan akan suatu hal atau peristiwa penting dan layak untuk disampaikan.

Fungsinya yaitu untuk menjalin sebuah hubungan yang harmonis antara pimpinan dan anak buahnya atau antara sesama anggota sebuah dalam sebuah organisasi atau lembaga agar mempermudah komunikasi di antara kedua belah pihak.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan sajikan kutipan tentang pidato berbahasa Arab dan artinya dari salah satu contoh yang kami kutip dari laman web : https://www.ilmuakademika.com/ tentang kebersihan, dibawah berikut ini :

Pidato Bahasa Arab tentang Lingkungan
Pidato Bahasa Arab tentang Lingkungan

Pidato tentang Kebersihan

السّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه.

الْحَمْـدُ للهِ الَّـذِيْ أَنْعَمَـنَا بِنِعْمَـةِ اْلإِيْمَـانِ وَاْلإِسْـلاَمِ. وَنُصَلِّـيْ وَنُسَلِّـمُ عَلَى خَيْـرِ اْلأَنَـامِ سَيِّدِنَـا مُحَمَّـدٍ وَعَلَى اَلِـهِ وَصَحْبِـهِ أَجْمَعِيْـنَ، أَمَّـا بَعْـدُ.

قـال الله تعـالى في كتـابه الكريـم: “…إِنَّ اللهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْـنَ وَيُحِبُّ المُتَطَهِّـرِيْنَ”

وقـال النّبـيُّ صلى الله عليـه وسلـم: “تخللـوا فإنـه نظافـة والنظـافـة تدعـو إلى الإيمـان والإيمـان مع صاحبـه في الجنـة”.

وقـال أيـضـا: “إِنَّ الله تـعــالـى طَــيِّـبٌ يُـحِــبُّ الطَـيِّـبَ، نـظـيــفٌ يـحـبُّ النّــظـافــةَ، كـريــمٌ يــحبُّ الــكَـرَمَ، جَــوَّادٌ يــحبُّ الـجُــوْدَ، فَنَــظَّـفُــوْا أَفْنِـيَـــتَكُـمْ”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala-puji-bagi-Allah-yang-telah-memberi-kita-nikmat-iman-dan-islam.Shalawat dan salam semoga tercurah limpah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW., serta kepada keluarganya dan sahabatnya. Amma ba’du.

Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an: “…Sesungguhnya-Allah-menyukai orang-orang-yang-bertaubat-dan-orang-orang-yang-menyucikan/membersihkan-diri”.

Nabi Muhammad SAW. bersabda: “Sela-selailah-gigi-karena-itu-adalah-kebersihan-dan-kebersihan-mengajak-kepada-iman-dan-iman-bersama-orang-yang-beriman-ada-di-dalam-surga”.

Nabi Muhammad SAW. jga brsabda : “Ssungguhnya-Allah-itu-baik, mncintai-kebaikan, Allah-itu bersih, mnyukai-kebersihan, Dia-Maha-Mulia, mnyukai-kemuliaan, Dia-Maha-Dermawan-menyukai-kdermawanan, krn-itu-bersihkan-tempat-tempatmu”.

سِيَـادَةُ رَئِيْسِ الجَلَسَة، سِيَـادَةُ رَئِيْسِ المَدْرَسَة، سِيـَادَةُ الأَسَـاتِذ وَالأَسَـاتِذَة، وَجَمِيْع الأَصْحَـابِ الأَحِبَّـاءِ.

أوَلا، هَيـَّا بِنَـا نَشْكُرُ اللهَ تعـالى عَـزَّ وَجَـلَّ، الَّذِيْ أَعْطَـانَا نِعَمِـهِ وَمِنَنِهِ حَتَّى نَسْتَطِيْـعَ أَنْ نَجْـتَـمِعَ فِي هَـذَا الـمَكَـان الـمُبَـارَك.


ثانيـا، نُصَلِّي وَنُسَلِّمُ عَلىَ سَيِّدِنَا وَحبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَلىَ الِـهِ وَصَحْـبِـهِ أَجْمَـعِيْـنَ.

Baca Juga :   Bahasa Arab Ibu Rumah Tangga

Ketua panitia yang saya hormati, kepala sekolah dan guru-guru, serta sahabat-sahabat yang saya cintai.

Pertama-tama mari kita mengucap syukur kepada Allah SWT. Yang telah memberi kita nikmat dan anugerah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang diberkahi ini.

Kedua kita ucapkan shalawat dan salam kepada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW., juga kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya.


أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الكِرَامأقوم أمامكم للبَحْثِ عنْ “النظافة في الإسلام”.

عِنْدَنَا السُّؤَال، هَلْ يَهْتَمُّ الإسلامُ بالنّظافة؟ الجوابُ طبعًا، يهتمُّ الإسلامُ بالنظافةِ اهتمامًا عظيمًا، ويأمرُ بأُمَّتِهِ أَنْ نُحَافِظَ النظافةَ دَوْمًا.


نَسْتَمِعُ كثيرا أَنَّ النّظافةَ من الإيمان، فهذا صحيحٌ جدًا، لأنه من حديثِ النبيِ صلى الله عليه وسلم. فمعنى ذلك الحديثِ أنّه إذا نحافظُ النظافةَ دائمًا، إما نظافة الجسمِ أو البيئةِ كبيئةِ البيتِ وفنائِه والمجتمعِ والمدرسةِ والفصلِ وغيرِها، ثم نَتَيَقَّنُ أنّ ذلك مِنْ أَمْرِ الله ورسولِه ونحن نشعُرُ بِمُرَاقَبَةِ الله دائما، فحقيقتُه نُأمِنُ بالله ورسوله بتلك المحافظةِ على النظافة.


ولأجْلِ ذلك أن المحافظة على النظافةِ تدعو لصاحبِه إلى الجنة، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم: “تخللوا فإنه نظافةٌ، والنّظافةُ تدعو إلى الإيمان، والإيمانُ مع صاحبِه في الجنة”. فهذا مَوْهُوْبٌ من الله وبشيرا لنا.تَذَكَّرْ في قلبِنا، أنّ الله تعالى طيّبٌ يحب الطيبَ، نظيف يحب النظافةَ، كريم يحب الكرمَ، جَوَّاد يحب الجُوْدَ، جميل يحب الجمالَ. فلا عُذْرٌ لنا لِئَلَّا نحافظ على النظافة.

Hadirin sekalian yang saya hormati.Saya berdiri di depan kalian akan membahas mengenai “Kebersihan dalam Islam”.

Kita mempunyai pertanyaan, apakah Islam memperhatikan akan kebersihan? Jawabannya tentu saja iya, Islam sangat memperhatikan kebersihan dan memerintahkan terhadap umatnya untuk senantiasa menjaga kebersihan.

Kita sering mendengar bahwa kebersihan itu sebagian dari iman, hal ini sangat benar sekali, karena ungkapan tersebut berasal dari hadits Nabi SAW., makna hadits tersebut adalah jika kita senantiasa menjaga kebersihan baik kebersihan jasmani ataupun lingkungan, seperti lingkungan rumah dan halamannya, lingkungan masyarakat, sekolah, kelas dan sebagainya, kemudian kita yakin bahwa menjaga kebersihan tersebut berdasar pada perintah Allah SWT. dan Rasul-Nya, dan kita selalu merasa diawasi oleh Allah SWT., maka hakikatnya kita beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dengan kita menjaga kebersihan tersebut.

Baca Juga :   Soal Kewirausahaan Kelas 10

Di samping itu, bahwa menjaga kebersihan dapat menarik pelakunya masuk ke surga, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.: “Sela-selailah gigi karena itu adalah kebersihan dan kebersihan mengajak kepada iman dan iman bersama orang yang beriman ada di dalam surga”. Ini adalah anugerah dari Allah SWT. dan tentu menjadi kabar gembira bagi kita.

Selalu ingat-ingatlah dalam hati bahwasannya Allah itu baik dan mencintai kebaikan, Allah itu bersih dan menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia dan menyukai kemuliaan, Dia maha dermawan dan menyukai kedermawanan, Dia Maha Indah dan menyukai keindahan. Maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menjaga kebersihan.

كَفَى بِهذا كلامي عن النظافة في الإسلام، شُكرا جزيلا لِحُسْنِ اهْتمامكم، والله الموفّق إلى أقوم الطّريق، والسّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه..

Demikian pembicaraan saya mengenai kebersihan dalam Islam, terimakasih banyak atas perhatiannya, “Allah adalah Dzat yang memberi petunjuk ke jalan yang selurus-lurusnya”

Demikianlah pembahasan tentang Pidato Bahasa Arab tentang Kebersihan Lingkungan. Semoga bermanfaat ….

Baca juga :