Tugas Pokok Manajemen Keuangan

Posted on

Tugas Pokok Manajemen Keuangan – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Tugas Pokok Manajer Keuangan yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Apa Itu Manajemen Keuangan ?

Manajemen keuangan adalah proses perencanaan, penganggaran, peninjauan, pemrosesan, pengendalian, penempatan, dan penyimpanan dana dari perusahaan atau organisasi.

Fungsi Dari Manajemen Keuangan

Penjelasan singkat dari masing-masing fungsi manajemen keuangan:

  • Perencanaan keuangan
    Buat rencana pemasukan dan pengeluaran dan aktivitas lain untuk periode waktu tertentu.
  • Penganggaran Keuangan
    Tindak lanjut perencanaan keuangan melalui rincian pengeluaran dan pendapatan.
  • Manajemen Keuangan
    Gunakan sumber daya perusahaan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada dalam sejumlah cara.
  • Pencarian Finansial
    Temukan dan gunakan sumber pendanaan yang ada untuk operasi perusahaan.
  • Penyimpanan keuangan
    Kumpulkan uang perusahaan dan simpan dengan aman.
  • Kontrol Keuangan
    Penilaian dan peningkatan sistem keuangan dan keuangan di perusahaan.
  • Audit Keuangan
    Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada untuk menghindari penyimpangan.

Fungsi Lain Manajemen Keuangan

Tugas Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Tugas utama manajemen keuangan termasuk membuat keputusan tentang investasi, membiayai bisnis, dan membagikan dividen perusahaan. Karena itu, peran manajer keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai bisnis.
Kegiatan penting lainnya yang harus dilakukan oleh manajer keuangan meliputi empat (4) aspek:

  • Pertama, perencanaan dan peramalan, di mana manajer keuangan harus bekerja dengan manajer lain yang bertanggung jawab atas keseluruhan perencanaan bisnis.
  • Kedua, manajer keuangan perlu fokus pada berbagai keputusan investasi dan pendanaan serta semua hal terkait.
  • Ketiga, manajer keuangan perlu bekerja dengan manajer lain dalam bisnis untuk membantu bisnis beroperasi seefisien mungkin
  • Keempat, sehubungan dengan penggunaan pasar keuangan dan pasar modal, manajer keuangan mengasosiasikan perusahaan dengan pasar keuangan di mana dana dapat dikumpulkan dan sekuritas perusahaan diperdagangkan.
Baca Juga :   Tugas Pokok Administrasi

Fungsi Utama Tentang Manajemen Keuangan

  • Keputusan investasi: keputusan aset mana yang dikelola oleh Perusahaan.
  • Keputusan pembiayaan: keputusan sehubungan dengan penentuan sumber pembiayaan yang diperlukan dan penentuan neraca pembayaran terbaik (struktur modal optimal).
  • Keputusan manajemen aset: keputusan mengenai penggunaan dan pengelolaan aset (kata-kata: lebih mudah dibangun daripada dikelola).

Tujuan Dari Manajemen Keuangan

Tujuan manajemen keuangan adalah membuat nilai perusahaan berharga. Ini, jika suatu saat perusahaan itu dijual, maka harganya bisa ditentukan dengan kekayaan yang sangat tinggi.

Tugas Utama Dari Manajemen Keuangan

Tugas utama manajemen keuangan adalah:

  • Pengadaan dana perusahaan
  • Penggunaan dana perusahaan
  • Bagikan keuangan atau keuntungan perusahaan

Prinsip dari Manajemen Keuangan

Prinsip-prinsip manajemen keuangan adalah sebagai berikut:

Konsistensi
Konsistensi adalah prinsip yang dengannya sistem dan kebijakan keuangan perusahaan tidak berubah dalam setiap periode sesuai dengan apa yang direncanakan. Namun, harus ditekankan bahwa sistem keuangan tidak berarti bahwa penyesuaian tidak dapat dilakukan dan bahwa perubahan signifikan dibuat dalam perusahaan. Proses keuangan yang tidak teratur dapat menjadi tanda manipulasi dalam manajemen keuangan perusahaan.

Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah kewajiban hukum dan moral yang unik bagi setiap individu, kelompok, atau perusahaan dalam menyatakan bagaimana dan atau apa kekuasaan yang telah diberikan oleh pihak ketiga. Setiap pihak harus menjelaskan kepada pemangku kepentingan bagaimana mereka menggunakan sumber daya dan bentuk pertanggungjawaban apa yang telah dicapai sehingga semua orang tahu bagaimana menggunakan otoritas dan dana yang mereka miliki.

Transparansi (transparansi)
Transparansi adalah prinsip di mana semua kegiatan manajemen harus terbuka, baik dalam memberikan informasi tentang rencana dan dalam semua kegiatan terhadap mereka yang memiliki kepentingan di dalamnya, serta memberikan laporan keuangan yang memadai, lengkap, tepat waktu dan akurat. Pemerintah AS mudah dibuka. Jika tidak transparan, itu akan menyebabkan penipuan dalam kegiatan perusahaan.

Baca Juga :   Contoh Soal Ips Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013

Kelangsungan Hidup
Kelangsungan hidup adalah prinsip yang berfokus pada kesehatan keuangan perusahaan, mensyaratkan bahwa semua biaya operasional atau tingkat strategi disesuaikan dengan sumber daya yang ada, dengan kelangsungan hidup perusahaan menjadi ukuran tingkat keamanan dan kelangsungan pembiayaan perusahaan. mewakili. Manajemen perlu mengembangkan rencana keuangan yang menunjukkan bagaimana perusahaan dapat mengimplementasikan rencana strategisnya untuk memenuhi kebutuhan keuangannya.

Integritas
Integritas adalah prinsip bahwa setiap individu harus memiliki tingkat integritas yang tinggi dalam melakukan kegiatan operasional. Selain itu, saat mencatat dan melaporkan, integritas keuangan harus dijaga dengan kelengkapan dan keakuratan laporan keuangan.

Administrasi (Manajemen)
Manajemen adalah prinsip dimana dana yang diperoleh dapat dikelola dengan baik, dan dalam memberikan jaminan untuk cara mencapai tujuan yang ditetapkan, rencana strategis disiapkan dengan hati-hati yang mengidentifikasi dan mengatur risiko keuangan yang ada dan menciptakan sistem kontrol keuangan yang tepat.

Akuntansi Standar
Standar akuntansi, yaitu sistem akuntansi keuangan yang harus mematuhi prinsip atau standar aturan akuntansi yang mulai berlaku dengan tujuan laporan keuangan, dapat dengan mudah dipahami dan dipahami oleh semua pihak yang terlibat.

Lingkup Didalam Manajemen Keuangan

Ruang lingkup manajemen keuangan adalah sebagai berikut:

Keputusan Pendanaan
Dalam hal ini, termasuk pedoman manajemen untuk pencarian dana perusahaan, seperti kebijakan penerbitan obligasi serta sekuritas hutang jangka pendek dan jangka panjang perusahaan yang sumbernya internal atau eksternal.

Keputusan Investasi
Kebijakan investasi untuk properti, pabrik dan peralatan, seperti bangunan, tanah, serta peralatan atau aset keuangan dalam bentuk sekuritas seperti saham dan obligasi atau mendanai kegiatan investasi dalam berbagai aset.

Keputusan Pemrosesan Pabrik
Merupakan kebijakan pemrosesan aset yang efisien untuk mencapai tujuan bisnis.

Baca Juga :   Letak Astronomis Indonesia

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Tugas Pokok Manajemen Keuangan. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :