Efektivitas

Posted on

Efektivitas- Pengertian, Rumus, Indikator, Kelompok, Contoh- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini kita akan membahas makalah tentang materi yang berjudul Efetivitas dan bebrapa penjelasan lainnya. Efektivitas ini berhubungan dengan sesuatu apakah berhasil ataupun tidak dengan waktu yang tidak lama dengan sebuah kualitas yang sesuai dengan keinginan.

Lebih lengkapnya, mari kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Efektivitas

Efektivitas ialah sebuah tingkat keberhasilan yang bisa dihasilkan oleh setiap orang ataupun suatu organisasi dengan cara tertentu yang sesuai dengan tujuan yang telah dikehendaki untuk dicapai. Dengan bahasa lain, bahwa semakin banyak sebuah rencana yang dapat berhasil dicapai maka suatu kegiatan tersebut akan dianggap semakin efektif pula.

Menurut buku Kamus Besar Bahasa Indonesia atau “KBBI”, menjelaskan bahwa efektivitas merupakan suatu daya guna, dan keaktifan serta adanya kesesuaian di dalam suatu kegiatan yang terjadi antara seseorang yang melaksanakan tugas dengan sebuah tujuan yang akan dicapai.

Pengertian Efektivitas menurut Para Ahli

Terdapat beberapa macam pendapat yang di kemukakan oleh beberapa ahli mengenai pengertian efektivitas ini, di antaranya adalah sebagai berikut :

Menurut Ravianto

Menurut Ravianto bahwa pengertian efektivitas yaitu mengenai seberapa baikkah suatu pekerjaan yang dilakukan, dan sejauh manakah orang menghasilkan keluaran yang sesuai dengan yang diharapkannya.

Ini artinya, jika suatu pekerjaan bisa diselesaikan sesuai dengan perencanaan, yakni : baik dalam segi waktu, biaya, ataupun mutunya maka bisa dikatakan sudah efektif.

Menurut Gibson

Gibson memberikan sebuah ungkapan bahwa pengertian efektivitas ialah sebuah penilaian yang dapat dibuat sehubungan dengan sebuah prestasi individu, atau kelompok maupun organisasi. Semakin dekat sebuah prestasi mereka terhadap sebuah prestasi yang sedang diharapkan “standar” maka mereka bisa dinilai sudah menjadi semakin efektif.

Baca Juga :   Jumlah Mufidah (الجملة المفيدة) dalam Bahasa Arab

Menurut Sondang P. Siagian

Menurut beliau bahwa pengertian efektivitas yaitu suatu pemanfaatan mengenai sarana prasarana, dan juga sumber daya di dalam jumlah tertentu yang mana sebelumnya telah ditetapkan untuk bisa menghasilkan sejumlah barang ataupun jasa kegiatan yang akan atau sedang dijalankan oleh seseorang ataupun suatu perusahaan.

Rumus Hitung Efektivitas

Adapun rumus cara untuk menentukan sebuah efektivitas adalah sebagai berikut :

Efektivitas = (Output Aktual / Output Target) ≥ 1

  1. Jika hasil perbandingan sebuah output aktual dengan sebuah output target < 1, maka sebuah efektivitas tidakakan tercapai.
  2. Jika hasil perbandingan sebuah output aktual dengan sebuah output target ≥ 1, maka sebuah efektivitas akan tercapai.

Teori Efektivitas

Efektivitas adalah salah satu pencapaian yang sangat ingin diraih oleh suatu organisasi. Agar dapat memperoleh teori efektivitas peneliti bisa menggunakan sebuah konsep-konsep di dalam teori manajemen dan organisasi khususnya teori yang berkaitan dengan teori efektivitas ini.

Efektivitas tidak bisa kita samakan dengan efisiensi. Sebab dari keduanya memiliki sebuah arti yang berbeda, walaupun di dalam berbagai amacam penggunaan kata efisiensi tersebut lekat dengan kata efektivitas. Efisiensi bisa mengandung pengertian suatu perbandingan antara biaya dengan hasil, sedangkan efektivitas bisa secara langsung dihubungkan dengan sebuah pencapaian dari suatu tujuan.

Efektivitas ini mempunyai tiga buah tingkatan sebagaimana yang sudah didasarkan oleh David J. Lawless antara lain, yaitu :

Efektivitas Individu

Efektivitas Individu ialah sebuah efektivitas yang didasarkan pada suatu pandangan dari segi individu yang lebih menekankan kepada suatu hasil karya karyawan ataupun anggota dari sebuah organisasi.

Efektivitas Kelompok

Efektivitas kelompok adalah jumlah kontribusi yang berasal dari semua anggota kelompoknya.

Efektivitas Organisasi

Efektivitas organisasi terdiri atas efektivitas individu dan efektivitas kelompok. Dengan sebuah pengaruh sinergitas, maka organisasi akan mampu memperoleh suatu hasil karya yang lebih tinggi pada tingkatannya daripada jumlah hasil dari suatu karya tiap-tiap bagiannya.

Efektivitas Pembelajaran

Adalah sebuah roses belajar mengajar yang ada baik di dalam sekolah dasar maupun di dalam sekolah yang sudah menengah, serta sudah barang tentu memiliki sebuah target bahan ajar yang harus dicapai oleh dari setiap guru, yang didasarkan pada sebuah kurikulum yang berlaku pada saat itu.

Baca Juga :   Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 10

Kriteria Efektivitas dalam Pembelajaran

Didalam proses kegiatan belajar mengajar, banyak sekali faktor yang mempengaruhi terhadap suatu berhasilnya sebuah pembelajaran, di antaranya seperti : kurikulum, presensi guru, daya serap, dan presensi siswa serta prestasi belajar.

Kurikulum

Kurikulum merupakan sebuah rencana pelajaran atau bahan ajar, yang mana kurikulum sebagai pengalaman belajar dan juga merupakan sebagai rencana belajar.

Pembelajaran

Pengertian pembelajaran

Pembelajaran merupakan sebuah aktivitas perubahan sebuah tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut yang dimaksud adalah perubahan tingkah laku dari yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, dari yang tadinya tidak mengerti menjadi mengerti.

Dasar – Dasar Tujuan Pembelajaran

Untuk memperkuat dan mempengaruhi siswa agar memiliki sebuah perubahan dalam dirinya untukmenjadi yang lebih baik lagi.

Aspek – Aspek pada Efektivitas

Adapun mengenai aspek-aspek efektivitas yang akan dicapai di dalam suatu kegiatan, bisa mengacu pada pengertian efektivitas yakni sebagai berikut :

Aspek Peraturan atau Ketentuan

Peraturan atau ketentuan ialah sesuatu yang harus dilaksanakan agar sebuah kegiatan dapat dianggap sudah berjalan secara efektif.

Aspek Fungsi atau Tugas

Individu atau organisasi bisa dianggap efektif apabila bisa melakukan tugas dan fungsinya dengan baik yang sesuai dengan ketentuan. Oleh sebab itu setiap individu di dalam suaut organisasi harus mengetahui tugas dan fungsinya sehingga bisa melaksanaannya atau mewujudkannya.

Aspek Rencana atau Program

Suatu kegiatan bisa dinilai efektif apaila mempunyai suatu rencana yang akan dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan yang akan dicapai. Tanpa adanya sebuah rencana atau program maka tujuan itu tidak akan mungkin bisa tercapai.

Aspek Tujuan atau Kondisi Ideal

Merupakan sebuah target yang ingin dicapai dari suatu kegiatan dengan berorientasi kepada suatu hasil dan proses yang bisa direncanakan.

Unsur-Unsur Efektivitas 

Unsur-unsur efektifitas ialah sebuah ruang lingkup yang menjadi pembangun efektifitas. Terdapat 3 unsur efektivitas yaitu :

  1. Unsur sumber daya pada manusia
  2. Unsur sumber daya yang bukan manusia
  3. Unsur pada hasil yang akan dicapai. 

Pengukuran sebuah Efektifitas Kegiatan 

Agar bisa dapat mengetahui efektifitas suatu kegiatan diperlukan sebuah pengetahuan tentang bagaimana cara mengukur efektifitas tersebut. Menurut Sumaatmaja mengatakan bahwa sebuah “pengukuran efektifitas secara umum bisa dilihat dari pada hasil kegiatan yang sesuai dengan suatu tujuan dengan proses yang tak membuang-buang waktu serta suatu tenaga” 

Baca Juga :   Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 6

Dan berikut adalah cara mengukur efektivitas yaitu :

Efektifitas Waktu

Bagi setiap orang ataupun kelompok yang melaksanakan suatu kegiatan mengharapkan penggunaan suatu waktu yang seminimal mungkin. Hal ini bisa berarti bahwa waktu merupakan hal yang sangatlah penting didalam menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan mereka. Apabila waktu dalam menyelesesaikan sebuah pekerjaan tak sesuai dengan target yang telah ditetapkannya, maka itu bearati suatu kegiatan bisa dikatakan tidak efektif. 

Efektifitas Tenaga 

Tenaga dalam hal ini yang dimaksud adalah suatu hal yang berkenaan dengan tenaga fisik dan tenaga pikiran bagisetiap individu maupun kelompok yang terlibat di dalam suatu kegiatan. Tenaga itu juga berkenaan dengan sebuah kuantitas atau jumlah pekerja. Apabila jumlah pekerja sangat banyak dan  hasilnya yang diperoleh tidak sesuai, maka bisa dikatakan bahwa pekerjaan tersebut tidak efektif. 

Hasil yang Diperoleh 

Yang ketiga disini adalah alat ukur dengan melihat sebuah hasil yang di capai. Pencapaian sebuah hasil akhir dari suatu kegiatan bisa dilihat dengan menyesuaikan padahasil yang diperoleh dengan suatu tujuan yang telah disusun pada sebelum pada pekerjaan yang telah dilaksanakan.

Contoh Efektivitas

Berikut ini ada beberapa contoh dari efektivitas dari berbagai bidang kerjaataupun organisasi. Beberapa contoh tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Seorang karyawan berprofesi customer service diharapkan bisa melayani 20 pelanggan pada setiap harinya. Namun pada kenyataannya karyawan tersebut hanya bisa melayani 15 pelanggan saja per hari, maka karyawan tersebut telah dianggap mempunyai efektivitas yang belum baik.
  2. Seorang manajer perusahaan membawahi 10 orang pegawai dan harus mampu membagi tugas atau pekerjaan dari masing-masing pegawai tersebut. Namun pada kenyataannya manajer tersebut telah menentukan orang terbaik disuatu bidang posisi, maka manajer tersebut telah dianggap mempunyai efektivitas yang baik.

Demikianlah pembahasan makalah tentang teori Efektivitas. Semoga kita bisa mengambil manfaatnya …..

Baca juga :