Ekonomi Makro – Pengertian, Tujuan, Dan Ruang Lingkupnya

Posted on

Ekonomi Makro – Pengertian, Tujuan, Teori, Dan Ruang Lingkupnya Pada kesempatan yang lalu, kita sudah melihat pembahasan tentang Ekonomi Mikro.

Nah, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang Ekonomi Makro beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Ekonomi Makro - Pengertian, Tujuan, Dan Ruang Lingkupnya

Apa kalian sudah mengetahui apa itu Ekonomi Makro? Ekonomi Makro adalah sebuah adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perekonomian dari suatu negara secara menyeluruh atau disebut dengan agregatif dengan menggunakan variabel-variabel ekonomi.

Beberapa aspek dari sebuah analisis yang terjadi didalam ekonomi makro yaitu meliputi ;

  • Pendapatan nasional.
  • Kesempatan kerja.
  • Tingkat inflasi.
  • Investasi.
  • Neraca pembayaran.

Tujuan dari mempelajari sebuah ekonomi makro adalah untuk bisa memahami berbagai macam peristiwa yang terjadi didalam perekonomian pada suatu negara serta meningkatkan sebuah kebijakan ekonomi di negara tersebut.

Pengertian Ekonomi Makro Menurut para Ahli

Beberapa para ahli di bidang ilmu ekonomi yang pernah menjelaskan pengertian dari ekonomi makro. Berikut daftar dari beberapa para ahli tersebut yaitu :

1. Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno Ekonomi Makro merupakan sebuah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang aktivitas utama sebuah perekonomian secara komprehensif terhadap berbagai masalah dalam pertumbuhan ekonomi. Masalah tersebut yaitu diantaranya:

  • Banyak individu yang menganggur
  • Adanya sebuah Inflasi.
  • Timbulnya neraca perdagangan dan pembayaran.
  • Kegiatan sebuah ekonomi yang tidak stabil.

2. Adam smith

Menurut Adam Smith, ekonomi makro adalah bentuk dari analisa tentang keadaan atau penyebab kekayaan pada suatu negara dengan menggunakan berbagai penelitian yang di pandang secara keseluruhan dari kegiatan ekonomi.

Baca Juga :   Ekonomi Mikro - Pengertian, Tujuan, Teori Dan Ruang Lingkupnya

3. Samuelson dan Nordhaus

Menurut Samuleson dan Nordhaus, ekonomi makro adalah sebuah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari dan mengamati suatu kinerja perekonomian secara keseluruhan dan komprehensif.

4. Budiono

Menurut Budiono, ekonomi makro adalah sebuah cabang ilmu yang membahas tentang pokok-pokok ekonomi, baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang yang meliputi sebuah stabilitas dan pertumbuhan ekonomi dari suatu negara.

Tujuan Ekonomi Makro

Sama seperti Mikro, Ekonomi makro juga bertujuan untuk membantu memahami dan menyelesaikan masalah yang terkait perekonomian, dan juga sebagai alat untuk menentukan arah kebijakan yang akan diambil.

Berikut ini beberapa tujuan dari kebijakan ekonomi makro yaitu :

  • Bertujuan untuk membantu meningkatkan kapasitas produksi barang.
  • Membantu untuk meningkatkan kesempatan kerja pada masyarakat.
  • Mengendalikan sebuah laju inflasi pada suatu negara.
  • Bertujuan untuk membantu meningkatkan pendapatan nasional.
  • Bertujuan untuk menjaga kestabilan perekonomian suatu negara.
  • Menyeimbangkan sebuah neraca pembayaran luar negeri.
  • Untuk membantu sebuah pemerataan distribusi pendapatan.
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari suatu negara.

Ruang Lingkup Ekonomi Makro

Berikut ini beberapa contoh dari ruang lingkup Ekonomi makro yaitu, dibawah ini :

1. Penentuan Tingkat Kegiatan Perekonomian Suatu Negara

Pada teori ini akan dijelaskan tentang sejauh mana perekonomian yang dapat menghasilkan sebuah produk dan jasa. Analisis ekonomi makro akan memberikan rincian pada pengeluaran secara keseluruhan, seperti :

  • Pengeluaran dari rumah tangga.
  • Pengeluaran dari Pemerintah.
  • Pengeluaran dari perusahaan atau investasi.
  • Pengeluaran Eksport dan import.

2. Kebijakan Pemerintah

Perekonomian dari suatu negara tidak pernah lepas dari yang namanya pengangguran dan inflasi. Pemerintah harus bisa melakukan banyak upaya agar dapat mengatasi berbagai masalah tersebut dengan sebuah kebijakan, seperti kebijakan moneter atau kebijakan fiskal. Berikut ini penjelasannya ;

  • Kebijakan moneter merupakan salah satu kebijakan yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam mempengaruhi jumlah uang yang sudah beredar dalam lingkungan masyarakat (money suplay) didalam sebuah perekonomian.
  • Kebijakan fiskal merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengubah struktur, jumlah pajak dan pengeluaran yang bertujuan dalam pengaruh kegiatan perekonomian.
  • Kebijakan segi penawaran adalah sebuah usaha untuk meningkatkan efisiensi suatu kegiatan sebuah perusahaan, sehingga mereka dapat menawarkan produk yang mereka produksi dengan harga yang bersaing dan dengan kualitas yang lebih baik.
Baca Juga :   Tenaga Kerja Adalah

3. Pengeluaran Agregat/ Menyeluruh

Pada suatu pengeluaran secara keseluruhan tidak dapat mencapai tingkat yang ideal, maka hal ini akan menimbulkan sebuah masalah yang terjadi didalam perekonomian.

Untuk dapat mewujudkan sebuah kesempatan kerja yang lebih maju dan dapat mengontrol sebuah laju inflasi, maka idealnya pada suatu pengeluaran harus berada pada tingkat yang akan dibutuhkan.

Apa yang dimaksud dengan Ekonomi Makro?
Ekonomi Makro adalah sebuah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perekonomian dari suatu negara secara keseluruhan atau biasa disebut dengan agregatif dengan menggunakan variabel-variabel ekonomi.

Tuliskan beberapa masalah yang umum terjadi pada Ekonomi Makro?
Permasalahan yang sering terjadi yaitu :

  1. Peningkatan angka pengangguran dan kemiskinan .
  2. Pertumbuhan ekonomi suatu negara yang semakin lambat.
  3. Hutang negara pada luar negeri semakin meningkat.
  4. Inflasi dan defisit APBN.

Tujuan dari mempelajari ilmu Ekonomi Makro yaitu?
Tujuan dari mempelajari sebuah ekonomi makro adalah untuk bisa memahami berbagai macam peristiwa yang terjadi didalam perekonomian pada suatu negara

Demikian pembahasan tentang Ekonomi Makro, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi para pembaca.

Artikel Terkait Lainnya :