Fungsi Kelenjar Prostat

Posted on

Fungsi Kelenjar Prostat – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah Fungsi Kelenjar Prostat yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Prostat adalah organ yang memproduksi dan menyimpan jenis cairan yang membentuk sebagian besar air mani (sperma).

Apa Itu Prostat ?

Fungsi Kelenjar Prostat

Prostat adalah kelenjar eksokrin seukuran kacang kenari, terletak di antara kandung kemih dan penis di depan dubur. Cairan yang dilepaskan oleh zat memberikan nutrisi dan melindungi sperma. Selama ejakulasi, prostat melakukan cairan ini melalui uretra bersama dengan cairan mani yang membentuk sperma.

Fungsi Dari Prostat

  • Fungsi utama prostat adalah untuk menghilangkan 30-35% / sepertiga cairan dari biji. Cairan ini digunakan untuk nutrisi dan perlindungan terhadap sperma untuk bertahan hidup di lingkungan vagina.
  • Prostat mengandung jaringan otot polos, sehingga sperma dapat dipompa melalui penis dengan kekuatan yang cukup untuk masuk ke dalam vagina dan memungkinkan sperma membuahi sel telur.
  • Prostat yang mengelilingi uretra dapat bertindak sebagai katup yang mencegah urin keluar kecuali ada rangsangan untuk buang air kecil.
  • Sistem saraf prostat membantu ereksi penis.

Struktur Kelenjar Prostat

Bentuk prostat seperti segitiga terbalik, yang panjangnya sekitar 4 cm, lebar 3 cm dan 2,5 cm dan beratnya sekitar 20 gram. Kelenjar prostat adalah kelenjar fibromuskular (serat otot polos dicampur dengan serat kolegial dan elastis) dikelilingi oleh kapsul prostat (jaringan fibrosa yang berisi pembuluh darah dan saraf) dan prostat vagina (jaringan fibrosa).

Bagian terbesar dari prostat terdiri dari 30-50 komponen kelenjar tubuloacinar bercabang kecil atau kelenjar alveolar tubular. Dinding lapisan prostat adalah dinding selaput lendir, submukosa dan lapisan perifer, yang terdiri dari kelenjar utama yang membentuk kelenjar prostat.

Baca Juga :   Pisces Biologi

Jaringan epitel yang melapisi prostat biasanya berupa simpleks kolumnar atau pseudostratifikum kolum. Pada beberapa bagian dilapisi dengan epitel skuamosa atau epitel ashlar.

Prostat menerima kekuatan nutrisi dan oksidatif dari arteri prostat. Persarafan berasal dari pleksus prostat (mungkin dalam bentuk rangsangan simpatis atau parasimpatis).

Bagian Dari Kelenjar Prostat

Prostat dapat dibagi menjadi 5 lobus

  • Front / Isthmus lobe (depan), terletak di depan uretra dan tidak memiliki jaringan kelenjar.
  • Medius flap (tengah) terletak di antara uretra dan saluran ejakulasi dan kaya akan jaringan kelenjar.
  • Flap posterior (posterior) adalah flap yang terletak di belakang uretra dan di bawah saluran ejakulasi. Bagian ini juga kaya akan jaringan kelenjar.
  • Lobus kanan, kanan uretra, yang dipisahkan oleh alur vertikal dangkal di bagian belakang prostat, ada banyak jaringan kelenjar di lobus ini.
  • Left Lateal Lobe Di sebelah kiri uretra adalah alur vertikal dangkal di bagian belakang kelenjar prostat. Lobus ini juga mengandung banyak jaringan kelenjar.

Berdasarkan zona tersebut, prostat dapat dibagi menjadi beberapa zona, yaitu:

  • Zona perifer (zona lateral) membentuk 70% dari jaringan kelenjar proksimal dan mencakup bagian postior dan lateral kelenjar. Zona perifer adalah zona yang sangat rentan terhadap infeksi atau peradangan.
  • Zona transisi (zona tengah) membentuk 5-10% dari prostat.
  • Zona pusat, yang menyumbang 25% dari jaringan prostat. Zona pusat terdiri dari lapisan mukosa dan submukosa.
  • Zona selain komponen kelenjar, yaitu zona stroma fibromuskuler (serat otot polos dicampur dengan serat kolagen dan elastin), terletak di depan kelenjar prostat.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Fungsi Kelenjar Prostat. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :   Percobaan Sachs - Sejarah, Teori, Tujuan, dan Laporan

Baca Juga :

Fungsi Kelenjar Prostat Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar