Kingdom Monera – Definisi, Ciri, Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Posted on

Kingdom Monera – Definisi, Ciri, Ruang Lingkup dan Manfaatnya – Selamat hari libur sahabat, di hari libur ini mari kita isi hari-hari dengan tetap terus rajin membaca dan menggali ilmu namun tidak disekolah tapi dimana saja kita singgah.

Kali ini, kami akan berbagi ilmu dengan sahabat tentang kingdom monera, setelah sebelumnya kita sudah membahas materi tentang kingdom plantae.

Kingdom Monera

Tahukah apa itu kingdom monera? bagaimana definisinya? adakah ciri-ciri yang dapat kita pahami? meliputi apa saja rang lingkupnya? dan apakah ada manfaatnya? Untuk kejelasnnya, langsung saja kita simak uraiannya dibawah berikut ini …

Definisi Kingdom Monera

Kingdom monera adalah merupakan organisme prokariotik yang merupakan organisme tertua yang hidup dimuka bumi ini. Ada dua contoh dari kelompok organisme ini yakni bakteri dan alga biru.

Organisme ini sendiri telah hidup dan berevolusi sekitar dua milyar tahun yang lalu. Pada awalnya organisme prokariotik ini dikelompokkan ke dalam kingdom plantae akan tetapi pada akhirnya dikeluarkan dari kelompok ini dikarenaka sebuah fakta yang menunjukkan bahwa karakteristik sel yang dimiliki oleh bakteri dan alga biru sangat berbeda jauh dengan anggota tumbuhan.

Anggota monera adalah sebuah organisme primitive yang tubuhnya tersusun hanya dari satu sel saja sehingga monera hanya mengandalkan reaksi metabolisme di dalam tubuh mereka termasuk dalam proses regenerasi atau  proses reproduksi.

Proses pengembangbiakan yang dilakukan oleh kelompok ini pun sangat sederhana, sebuah individu baru dapat terbentuk hanya dari pembelahan yang dilakukan induknya selama dua puluh menit sehingga bisa dibilang jumlah spesies ini adalah yang paling banyak di muka bumi ini.

Meskipun jumlahnya banyak, namun dengan ukurannya yang sangat kecil membuat organisme ini tak disadari kehadirannya oleh manusia. Namun keberadaan organisme ini memiliki peranan yang penting karena organisme ini yang telah mati bisa melalui proses penguraian atau pelapukan yang nantinya akan menjadi senyawa penyusun seperti carbon, nitrogen, sulfur dan lain sebagainya dan bisa mengembalikan mineral di dalam tanah yang bisa digunakan kembali oleh organisme lain.

Namun, selain perannya diatas yang sangat penting, ada juga beberapa dari organisme ini yang dikenal bisa membawa penyakit bagi organisme lain seperti sifilis. Akan tetapi organisme ini juga masih memiliki manfaat lain seperti mengadakan simbiosis mutualisme dengan organisme lain, dengan artian organisme ini juga memiliki banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup.

Baca Juga :   Metamorfosis Kupu-Kupu

Sejarah Organisme Kingdom Monera

Pada sejarah awal pembentukan sistem klasifikasi Systema Naturae, hanya ada hewan, tumbuhan, dan mineral. Namun kemudian klasifikasi mineral dihilangkan dari klasifikasi makhluk hidup sehingga menyisakan hewan dan tumbuhan saja.

Setelah ditemukannya mikroskop, para ilmuwan mulai menggolongkan mikro organisme ke dalam hewan dan tumbuhan.

Pada tahun 1866 Ernst Haeckel mengajukan sistem tiga kingdom, yaitu menambahkan Protista sebagai kingdom baru yang berisi sebagian besar makhluk hidup microskopik.

Salah satu dari 8 divisio Protista itu adalah Moneres, yang meliputi sekelompok bakteri seperti Vibrio. Kemudian para ilmuwan membuktikan bahwa kingdom Protista hampir tidak ada kemiripannya untuk dijadikan sebuah kingdom.

Kemudian tahun 1937 Édouard Chatton mengusulkan klasifikasi dua kingdom, Eukaryota dan Prokaryota, meskipun papernya tidak banyak ditinjau ulang sampai tahun 1962, sebab dia tidak menekankan pembeda antar dua kingdom tersebut, seperti para ahli biologi di masa itu.

Roger Stanier dan C. B. van Niel percaya bahwa bakteri (pada saat itu alga hijau-biru belum masuk bakteri) dan alga hijau-biru berasal dari induk yang sama, yang kemudian membuat dia mengeluarkan pernyataan di tahun 1970, yang bunyinya bahwa “Alga hijau-biru tidak ada bedanya dengan bakteri”.

Pada tahun 1949, E. G. Pringsheim dalam tulisannya mengatakan bahwa bakteri dan alga hijau-biru berasal dari induk yang berbeda.

Pada tahun 1974, Bergey’s Manual mengeluarkan istilah cyanobacteria untuk mengacu pada alga hijau-biru, membuatnya diterima ke dalam kelompok Monera.

Pada tahun 1969, Robert Whittaker mengusulkan sistem lima kingdom. Sistem ini meletakkan sebagian besar makhluk hidup bersel satu ke dalam monera (prokaryota) ataupun protista (eukaryota).

Tiga kingdom lainnya adalah dari eukaryota: Fungi, Hewan, dan Tumbuhan. Namun Whittaker tidak percaya bahwa semua kingdomnya monofilia.

Pada tahun 1977, sebuah paper dari PNAS ditulis oleh Carl Woese dan George Fox mengusulkan bahwa Archaea (sebelumnya dinamai archaebacteria) tidak lebih dekat dengan Bakteri daripada dengan eukaryota.

Paper ini menjadi halaman utama di koran The New York Times dengan kontroversi yang besar. Karena diterima khalayak, kingdom monera akhirnya diganti menjadi dua kingdom baru yaitu menjadi Bacteria dan Archaea.

Baca Juga :   Sistem Koloid - Makalah, Materi, Pengertian, Jenis, Dan Sifat-Sifat Koloid

Akan tetapi, Thomas Cavalier-Smith tidak pernah terima dengan pembagian menjadi dua kelompok tersebut, dan mempublikasikan bahwa archaebacteria adalah bagian dari sebuah subkingdom dari kingdom bacteria.

Ciri-Ciri Umum Kingdom Monera

  1. Tersusun atas satu sel atau uniseluler
  2. Memiliki bentuk sel yang bervariasi
  3. Memiliki tipe sel prokariotik
  4. Memiliki dinding peptidoglikan
  5. Tidak memiliki oraganel bermembran
  6. Bereproduksi dengan cara membelah diri atau endospora tanpa perkawinan

Ruang Lingkup Kingdom Monera

Apabila didasarkan dengan struktur selnya, maka kingdom monera ini dapat dikelompokkan menjadi dua divisi yakni:

  1. Archaebacteria

Merupakan kelompok bakteri purba dengan karakteristik yang berbeda dengan anggota monera lainnya yaitu kelompok ini ditemukan di tempat-tempat yang ekstrem.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari bakteri archaebakter:

  • Tidak memiliki dinding peptidoglikan
  • Mempunyai beberapa jenis RNA polimera
  • Dapat tahan terhadap antibiotic
  • Hidup di tempat-tempat ekstreem
Gambar Archaebacteria

Archae jika dibedakan berdasarkan dengan tempat hidupnya maka:

Methanogen

merupakan kelompok archae yang bisa menghasilkan gas metana atau CH4, kelompok ini adalah organism anaerob obligat yang artinya tak bisa mentolelir oksigen resiprasi berlangsung secara anaerob.

Bakteri ini juga dapat ditemukan di lapisan rawa paling bawah. Bakteri ini biasanya dimanfaatkan untuk mengubah kotoran hewan menjadi biogas dan selain itu bakteri ini sendiri juga ditemukan di dalam simbiosis mutualisme pada sistem pencernaan hewan seperti sapid an rayap.

Gambar Bakteri Methanogen

Halofil Ekstrim

Baketeri ini adalah kelompok bakteri archae yang ditemukan di daerah dengan kadar salinitas atau garam yang tinggi, contohnya seperti di laut mati atau pun great salt lake, kelompok ini sendiri mempunyai pigmen orhodopsin penangkap energi matahari yang dipergunakan untuk menghasilkan ATP atau energi.

Gambar Bakteri Halofil Ekstrim

Termofil Ekstrim

Kelompok bakteri ini biasanya ditemukan pada tempat dengan suhu ekstrim di antara 60°C – 105°C. Bakteri ini biasanya dapat ditemukan pada sumber mata air panas atau kawah yang berada di gunung berapi sehingga energi yang diperleh oleh bakteri ini merupakan kemosintesis dari senyawa sulfur.

Gambar Bakteri Termofil Ekstrim
  1. Eubacteria

Adalah kelompok bakteri yang mempunyai dinding peptidoglikan yang bersifat kaku dan bertanggungjawab untuk menjaga integritas sel serta menentukan bentuknya suatu bakteri.

Kelompok bakteri ini sendiri dibedakan menjadi beberapa kelompok yakni:

Spirokaeta

Bakteri memiliki bentuk spiral dengan panjang kurang lebih 0,25mm dan memperoleh energy melalui kemoheterotrof. Bakteri ini sendiri dapat menyebabkan penyakit seperti Treponema pallidum atau sifilis.

Baca Juga :   Kingdom Plantae
Gambar Bakteri Spirokaeta

Klamidia

Merupakan parasit yang ada di dalam sel hewan dan bisa ditularkan melalaui seksual, bakteri ini bisa menyebabkan kebutaan dan mendapatkan energi dari inangnya. Contohnya adalah: Chlamydia trachomatis.

Gambar

Bakteri Gram

Bakteri ini merupakan jenis bakteri yang didasarkan oleh pewarnaan gram dan terdapat dua macam gram yakni:

  1. Gram Negatif atau dinding peptidoglikan tipis yang memiliki warna merah pada pewarnaan gram. Contohnya adalah patogen, contoh Salmonella sp.

    Gambar Bakteri Patogen
  2. Gram positif mempunyai dinding peptidoglikan yang tebal dan memiliki warna ungu apabila dilakukan pewarnaan gram, umumnya sangat menguntungkan, contohnya seperti Basillus sp.

    Gambar Bakteri Bcillus SP

Cyanobacteri

Bakteri ini merupakan golongan alga biru dan memiliki klorofil a seperti yang dimiliki oleh tumbuhan, kelompok ini bisa ditemukan di air tawar, air laut atau juga di kedalaman.

Gambar Bakteri Cyanobacteri

Proteobacteri

Bakteri ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu:

  1. Bakteri ungu
  2. Proteobacteri kemoautotrofik
  3. Proteobacteri kemoheterotrofik

Manfaat Dari Kingdom Monera

1. Bidang Farmasi

Manfaat dibidang farmasi yakni bakteri penghasil zat antibiotic. Lihat tabel:

NoJenis BakteriProduk zat antibiotikPenyakit yang dapat diatasi
1StreptomycesTetrasiklinInfeksi bakteri kokus
2Streptomyces griseusStreptomisinDisentri, tipus, TB
3Streptomyces aureofaciensAureomisinPneumonia, infeksi mata, batuk rejan
4Streptomyces rimosusTeramisinPneumonia,tipus, infeksi urogeitalia
5Streptomyces fradiaeNeomisinTB
6Streptomyces venezuelaeKloromisetinRiketsiae

Escherichia coli membantu membusukkan makanan dan menghasilkan vitamin K dan vitamin B

2. Bidang Non Farmasi

  1. Bidang Pertanian

Bakteri nitrifikasi ialah bakteri yang akan membantu proses pembentukan senyawa nitrat dalam tanah. Bakteri yang mengikat N2 atau nitrogen bebas meningkatkan kesuburan tanah.

Contohnya Clostridium pasteureanum, Rhodospirillum rubrum.

  • Bidang Industri

  1. Archeobacter xylinum dalam pembuatan nata de coco
  2. Streptococcus lactisdan cremoris menghasilkan keju dari bahan susu
  3. Lactobacillus casei dalam pembuatan k
  4. Enzim dari Archaebacteria ditambahkan kedalam sabun cuci atau detergenuntuk meningkatkan sabun cuci dan sabun cuci pada ph dan suhu tinggi
  5. Beberapa archaebacteria digunakan untuk mengatasi pencemaran misalnya tumpahan minyak

Deimikianlah pembahasan mengenai materi kingdom monera. Semoga bermanfaat …

Baca Juga: