Bagian Tuba Falopi

Posted on

Bagian Tuba Falopi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Bagian Tuba Falopi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Tabung Falopi, atau tuba fallopi, adalah saluran yang menghubungkan ovarium dengan uterus. Ada sepasang tabung Falopi, kiri dan kanan. Fungsi utama saluran ini adalah pengangkutan sel telur dari ovarium ke rahim. Setiap tuba falopii biasanya memiliki panjang sekitar 10 hingga 13 cm dengan diameter 0,5 hingga 1,2 cm.

Struktur Dari Tuba Falopi

Struktur Dari Tuba Falopi

Dinding tuba falopi dibagi menjadi empat lapisan utama:

  • Lapisan serosa (lapisan luar)
  • Lapisan Subserosa / Lapisan Otot adalah lapisan pembuluh darah, limfatik, otot longitudinal dan otot melingkar. Otot-otot pada lapisan ini menyebabkan pergerakan sehingga tuba falopi dapat memindahkan ovum dari ovarium ke rahim.
  • Lamina Propria, bagian terbesar dari lapisan ini adalah pembuluh darah, sehingga sering disebut sebagai lapisan pembuluh darah.
  • Lapisan mukosa, lapisan epitel kolumnar dalam ciliates dan sel sekretori.

Tabung Falopi dapat dibagi menjadi 4 bagian utama:

  • Fimbriae, struktur kedip seperti jari, digunakan untuk menjebak telur dari ovarium.
  • Infundibulum, tempat fimbriae melekat.
  • Ampul, bagian terbesar dari tuba falopii, biasanya merupakan tempat pembuahan (pertemuan sperma dengan sel telur).
  • Isthmus, sebuah kanal sempit yang menghubungkan ampul dengan rongga rahim

Fungsi Dari Tuba

Fungsi Utama Tuba Falopii adalah saluran yang membawa telur dari ovarium ke rahim. Selain itu, ampul sering menjadi tempat pertemuan sperma dan telur (pembuahan).

Baca Juga :   Pengertian Vertebrata dan Invertebrata

Tuba Fallopii melakukan fungsinya melalui kontraksi dan otot polos, menciptakan peristaltik (gerakan tekanan). Ini adalah gerakan yang bisa memindahkan telur ke dalam rongga rahim. Gerakan ini dipengaruhi oleh sistem hormon estrogen dan progesteron serta prostaglandin, yang juga dipengaruhi oleh beberapa faktor di luar tubuh.

Dalam saluran tuba juga ada silia, struktur seperti rambut halus, yang mendukung pergerakan oosit. Perjalanan ini bisa memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Terkadang ada anomali yang menyebabkan hasil pembuahan tidak masuk ke rahim tetapi berkembang di saluran tuba, seperti kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim).

Bagian Dari Tuba Falopi

Berikut adalah beberapa bagian tuba falopi (tuba falopii) yaitu sebagai berikut:

  • Fimbriae, struktur kedip seperti jari, digunakan untuk menjebak telur dari ovarium.
  • Ampul, bagian terluas dari tuba falopii, biasanya merupakan tempat pembuahan (kebetulan sperma dengan sel telur).
  • Infundibulum tempat fimbriae menempel.
  • Isthmus adalah saluran sempit yang menghubungkan ampula ke rongga rahim.

Gangguan Dari Tuba Falopi

Tuba fallopi menerima persarafan simpatis dan parasimpatis oleh serabut saraf dari ovarium dan pleksus uterus (panggul).

Salpingitis
Salpingitis adalah peradangan pada saluran rahim, yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini dapat menyebabkan perlengketan mukosa yang sebagian atau seluruhnya dapat memblokir lumen tuba uterus. Ini berpotensi menyebabkan infertilitas atau kehamilan ektopik.

Kehamilan Ektopik
Jika lumen rahim tersumbat sebagian, air mani dapat melewati dan membuahi sel telur. Namun, sel telur yang dibuahi tidak bisa masuk ke rahim dan ditanam di dalam tabung rahim. Ini disebut kehamilan ektopik.

Kehamilan ektopik adalah keadaan darurat medis. Jika tidak didiagnosis lebih awal, implan blastokista dapat menyebabkan ruptur dan perdarahan dari tuba yang terkena.

Baca Juga :   Vesica Urinaria

Ligasi Rahim
Pemotongan bedah dari tabung rahim adalah metode sterilisasi. Oosit tidak dapat memasuki rahim dan karena itu tidak dapat berkembang menjadi kehamilan.

Ada dua metode utama ligasi:
Open Abdomen : Dilakukan melalui sayatan suprapubik.
Laposkopik : Dilakukan dengan laproskop fiberglass yang dimasukkan melalui sayatan kecil di dekat umbilikus.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Bagian Tuba Falopi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Bagian Tuba Falopi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar