Macam Macam Vena dan Letaknya

Posted on

Macam Macam Vena dan Letaknya – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Macam Macam Vena dan Letaknya yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Vena dalam tubuh manusia bervariasi dalam ukuran. Karena memainkan peran penting dalam tubuh, kerusakan vena berbahaya bagi suatu organisme. Vena memiliki fungsi yang berlawanan dari arteri atau yang kita sebut arteri.

Apa Itu Vena ?

Vena (pembuluh refluks) adalah jenis pembuluh darah otot yang membawa darah dari seluruh tubuh ke jantung. Fungsi utamanya adalah untuk mengirimkan karbon dioksida dan sisa metabolisme ke jantung. Vena memiliki dinding tipis dan tidak elastis. Vena memiliki penutup di seluruh tubuh. Katup ini menahan aliran darah ke arah langsung ke jantung. Lokasi vena lebih dekat ke permukaan luar tubuh dan warnanya tampak kebiru-biruan.

Fungsi Dari Vena

  • Bawa darah kotor dari seluruh tubuh ke jantung.
  • Membantu menghilangkan karbon dioksida dan sisa metabolisme dari tubuh.
  • Membantu memasok jantung dengan oksigen dan nutrisi dari paru-paru.
  • Mempertahankan keseimbangan komponen darah penting seperti protein, bahan kimia, faktor kekebalan tubuh dan sel.

Struktur Dari Vena

Struktur Dari Vena

Struktur dasar dari semua jenis vena adalah dinding yang terdiri dari berbagai lapisan.

Tunic Intima (lapisan dalam)
Intima tunica adalah lapisan yang terdiri dari sel epitel skuamosa yang dikelilingi oleh jaringan ikat dengan serat elastin.

Tunica Media (lapisan tengah)
Media tunika terdiri dari sel-sel otot polos yang selaras. Media tunika di vena tidak terlalu tebal seperti di arteri. Fungsi otot ini adalah untuk memperluas (melebarkan) dan berkontraksi (mengontrak) diameter arteri sesuai dengan kebutuhan tubuh. Fungsi media ini juga dapat memengaruhi tekanan darah seseorang.

Baca Juga :   Fungsi Kelenjar Prostat

Tunika Advent (lapisan luar)
Tunik Advent adalah bagian luar dari vena yang menempel pada jaringan di sekitar pembuluh darah. Tunik Advent terdiri dari kolagen jaringan ikat dan elastin.

Katup Vena
Vena memiliki katup di sepanjang pembuluh darahnya. Fungsi katup ini adalah untuk mengarahkan aliran darah ke arah jantung dan bukan ke arah yang berlawanan. Aliran darah vena lebih lambat dan lebih lemah dari arteri. Terlepas dari kenyataan bahwa pergerakan darah vena juga dipengaruhi oleh gravitasi, yang menyebabkan aliran darah dalam arah yang berlawanan, katup seminal vena memainkan peran penting dalam persepsi fungsi mereka.

Anastomosis Arteri
Anastomosis arteriovenosa adalah hubungan langsung antara arteri (arteri) dan vena (vena). Anastomosis sering terjadi di seluruh tubuh dan biasanya ditemukan di pembuluh darah kecil yang mengatur aliran darah di area tertentu seperti jari, kuku, dan telinga. Anastomosis arteriovenosa dipersarafi oleh sistem saraf otonom. Mereka tidak hanya bekerja dalam sirkulasi, tetapi juga sebagai termostat.

Klasifikasi Dari Vena

Tubuh manusia memiliki beberapa jenis pembuluh darah berdasarkan klasifikasi masing-masing, yaitu:

Berdasarkan Organ dan Komposisi Darahnya

A. Vena Paru
Vena paru adalah vena yang membawa darah dari paru-paru ke jantung (atrium jantung kiri). Vena paru berbeda dari vena lain. Darah yang dibawa oleh pembuluh darah ini mengandung oksigen dan nutrisi.

B. Vena Sistemik
Vena sistemik adalah vena yang membawa darah beroksigen dan sisa metabolisme dari sisa tubuh ke jantung setelah Pengukuran Nutrisi.

Berdasarkan Diameternya

A. Cava Vein
Cava vein adalah vena terbesar dari tubuh manusia dengan diameter antara 15 dan 17 mm. Vena cava bertanggung jawab untuk mengantarkan darah dari seluruh tubuh ke jantung (atrium kanan). Ada dua jenis vena cava: vena cava superior (atas) dan vena cava inferior (bawah).

Baca Juga :   Zygomycota

B. Venula
Venula adalah vena kecil dan sejati dengan ukuran antara 0,07 dan 0,5 mm.

C. Kapiler
Kapiler bukan vena sejati, melainkan kombinasi arteriol dan venula (cabang vena). Kapiler memiliki diameter sekitar 5-10 mikron. Kapiler adalah tempat pertukaran air, oksigen, karbon dioksida, nutrisi, bahan kimia dan zat yang tidak perlu antara darah dan jaringan di sekitarnya.

Berdasarkan Lokasi

A. Vena Kulit
Pembuluh darah terletak di bawah permukaan kulit (dekat permukaan kulit). Vena ini biasanya vena yang tertusuk ketika seseorang diinfus.

B. Vena Dalam
Vena dalam adalah vena yang lebih dalam dan tidak terlihat dari luar. Vena ini biasanya terletak di dekat arteri.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Macam Macam Vena dan Letaknya. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Macam Macam Vena dan Letaknya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar