Kingdom Protista

Posted on

Pengertian Kingdom Protista – Beberapa hari yang lalu kita sudah menyimak penjelasan dari Kingdom Animalia dan Kingdom Plantae. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang kingdom Protista, Apa itu Kingdom Protista?

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini mengenai Kingdom Protista secara lengkap.

Kingdom Protista

Definisi Kindom Protista

Kingdom Protista merupakan kingdom yang hanya mempunyai satu sel atau bahkan banyak sel dan mempunyai membrane inti atau Organisme Eukariot yang bersel tunggal.

Kingdom Protista di kelompokkan menjadi 3 jenis yaitu Protista yang menyerupai hewan (protozoa), Protista yang menyerupai tumbuhan (Ganggang) dan Protista yang menyerupai jamur. Mayoritas Kingdom Protista hidup di perairan, karena kingdom ini tidak mempunyai sebuah pelindung yang berguna untuk menjaga tubuhnya dari hawa panas.

Kingdom Protista merupakan salag satu kingdom yang sederhana karena, kindom ini hanya terdiri dari satu sel sehingga bisa di kelompokan dalam kingdom itu sendiri. Tetapi ada juga kingdom yang multiseluler namun masih bersifat sangat sederhana jika dibandingkan dengan organisme yang lainnya.

Ciri-Ciri Kingdom Protista

Dibawah ini penjelasan dari beberapa ciri-ciri dari kindom Protista yaitu, sebagai berikut ini :

  • Kindom ini bersifat Eukariotik atau sudah mempunyai sebuah membran inti.
  • Protista mempunyai hidup yang bebas dan berkoloni atau soliter dan simbiosis.
  • Beberapa dari kingdom ini memiliki alat gerak yang sederhana.
  • Ada yang mempunyai pigmen warna seperti alga.
  • Protista ada yang bersifat autotrof atau biasa dikenal juga dapat memproduksi makanannya sendiri ada juga yang bersifat Heterotrof dengan menyerap makanan.
  • Protista masih belum mempunyai sistem jaringan yang jelas.
Baca Juga :   Manfaat Reboisasi

Klasifikasi Kingdom Protista

Dibawah ini ada 3 klasifikasi kingdom protista yaitu menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur berikut adalah penjelasannya:

1. Menyerupai Hewan (Protozoa)

Kingdom Protista

Kingdom Protista yang meyerupai hewan yang biasanya disebut dengan Protozoa. Protozoa meupakan salah satu jenis organisme yang memiliki sel dan berukuran mikroskopis. Protista yang menyerupai hewan ini memiliki 2 cara berkembang biak yaitu dengan cara Seksual dan Asseksual.

Berdasarkan dari alat gerak yang dimilikinya filum protozoa dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu RhizopodA atau kaki semu, Ciliata atau bulu getar, Flagellata atau bulu cambuk, Sporozoa atau tidak memiliki alat gerak khusus.

Cara Hidup

Protozoa hidup dengan cara Heterotrof dengan memangsa sebuah bakteri dari Protista lain dan sampah dari sisa-sisa organisme. Sebagai kingdom pemangsa bakteri, Protozoa memiliki peran yang sangat penting didalam mengontrol jumlah bakteri di alam.

2. Menyerupai Tumbuhan (Algae)

Kingdom Protista

Kingdom Protista yang menyerupai tumbuhan ini merupakan kingdom yang termasuk kedalam kelompok Protista Fotosintetik. Algae ini hanya terdiri dari satu sel atau berkoloni yang membentuk sebuah tubuh yang multiseluler.

Selain itu juga kingdom ini mempunyai klorofil seperti tumbuhan pada umumnya. Kelompok Algae dikelompokkan menjadi empat jenis berdasarkan dari sebuah pigmen dominan yang dimilikinya, yaitu diantaranya Cholophyta atau alga hijau, Chrysophyta atau alga emas, Phaeophyta atau alga coklat, Rhodophyta atau alga merah.

Cara Hidup dan Habitat

Ganggang mampu melakukan sebuah proses Fotosintesis, yaitu memiliki kemampuan untuk membuat makanannya sendiri dari bahan Anorganik dengan bantuan sebuah cahaya matahari.  Ganggang memiliki bentuk yang menyerupai talus yang mampu melakukan penyerapan air dan mineral serta melakukan sebuah proses Fotosintesis yang dilakukan oleh sel dari seluruh tubuhnya. Kemampuan untuk melakukan sebuah proses fotosintesis menjadikan ganggang tergolong kedalam sebuah organisme Fotoautotrof.

Baca Juga :   Mengetahui Fungsi Trakea Pada Hewan Serangga Dan Manusia

3. Menyerupai jamur

Kingdom Protista

Kingdom Protista yang menyerupai jamur dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu jamur Lendir atau Myxomycota dan jamur air atau Oomycota tetapi jenis jamur ini bukan termasuk jamur sejati. Jamur dari jenis ini memiliki bentuk yang menyerupai jamur Sporangia atau filamen yang menyerupai seperti hifa memiliki warna kuning, putih dan juga berlendir.

Demikianlah penjelasan secara detail tapi mudah dipahami mengenai Kingdom Protista beserta dengan Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasinya. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Baca Artikel Berikut :