Cara Mengerjakan Limit Trigonometri Beserta Penerapannya

Posted on

Kajian ilmu matematika sangatlah luas. Jika sebelumnya kami sudah mengulas mengenai perkalian matriks, kali ini kami akan bahas tentang limit trigonometri. Limit fungsi trigonometri merupakan nilai paling dekat suatu sudut yang ada pada fungsi trigonometri. Cara menghitung limit fungsi trigonometri bisa langsung disubtitusikan. Hal ini seperti halnya limit fungsi aljabar. Hanya saja, ada fungsi trigonometri yang harus diubah terlebih dahulu ke identitas trigonometri (limit tak tentu).

Limit tak tentu itu sendiri adalah limit yang jika kita langsung gantikan nilainya, maka menjadi 0. Untuk limit tak tentu ini, kita sebenarnya tak harus menggunakan identitas namun menggunakan teorema limit trigonometri. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan identitas dan teorema. Maka dari itu, jika suatu fungsi limit trigonometri digantikan nilai yang mendekatinya menghasilkan, maka kita harus memecahkannya dengan cara yang lainnya.

Cara Mengerjakan Limit Trigonometri

Bagi anda yang ingin mengerjakan soal mengenai limit trigonometri, sebenarnya ada trik jitu yang bisa anda coba ikuti. Dengan begitu, soal limit fungsi trigonometri bisa terpecahkan secara mudah dan cepat. Adapun beberapa trik jitu dalam mengerjakan limit fungsi trigonometri diantaranya yaitu menggunakan aturan sinta coret, aturan hapus kosinus, dan aturan ubah kosinus. Berikut penjelasannya.

Aturan Sinta Coret

Salah satu trik jitu dalam memecahkan soal limit fungsi trigonometri ialah menggunakan aturan sinta coret. Aturan ini sangat cocok untuk menyelesaikan limit fungsi trigonometri yang memuat sinus atau tangen. Cara ini menghasilkan bentuk tak tentu hanya dengan mencoret sinus dan tangen. Dengan begitu, tinggal menyisakan sudutnya. Setelah itu, anda tinggal mencoret variabel yang sama pada bagian pembilang serta penyebut. Jika ditarik garis besar, anda hanya perlu coret sin atau tan. Setelah itu, sederhanakan bentuk yang tersisa.

Baca Juga :   Rumus Keliling Alas Kubus dan Contoh Soalnya

Aturan Hapus Kosinus

Selain aturan sinta coret, soal limit fungsi trigonometri juga bisa diselesaikan dengan menggunakan aturan hapus kosinus. Cara ini sangat pas diterapkan pada soal limit fungsi trigonometri yang memuat kosinus. Aturan ini menghasilkan bentuk tak tentu dengan cara menghapus fungsi kosinus yang memiliki nilai 1. Selanjutnya, anda tinggal mencoret variabel yang sama pada bagian pembilang dan penyebut. Kesimpulannya, anda hapus cos dan sederhanakan bentuk yang tersisa.

Aturan Ubah Kosinus

Aturan yang satu ini bisa anda gunakan ketika ingin menyelesaikan limit fungsi trigonometri yang di dalamnya memuat bentuk kosinus baik. Cara ini menghasilkan bentuk tak tentu hanya dengan mengubah fungsi kosinus yang mengakibatkan nilai limit menjadi 0. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sifat identitas trigonometri. Kemudian anda hanya perlu mencoret variabel yang sama dalam pembilang dan penyebut. Bisa dibilang, anda tinggal ubah cos. Lalu sederhanakan bentuk yang tersisa.

Penerapan Limit Trigonometri

Limit fungsi trigonometri sering diterapkan di berbagai bidang kehidupan, seperti halnya bidang fisika dan kedokteran. Seseorang yang mengalami permasalahan rabun jauh akan menggunakan kacamata lensa cekung supaya bisa melihat dengan jelas. Mula-mula dokter akan memeriksa sekaligus menguji jarak pandang pasien guna mengetahui seberapa parah permasalahan rabun jauh yang ia derita.

Setelah itu, dokter akan menentukan jarak fokus lensa cekung kacamata yang nantinya harus digunakan pasien tersebut. Jarak fokus lensa cekung ini bisa diperoleh dengan bantuan limit fungsi trigonometri. Tak hanya itu, limit trigonometri juga berguna untuk menghitung rotasi bumi maupun benda lainnya yang berbentuk seperti elips.