Pengertian Amfibi

Posted on

Pengertian Amfibi – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Amfibi yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Amfibi adalah vertebrata yang dapat hidup di dua area. Kata amfibi berasal dari dua kata Yunani, “amphi”, yang berarti dua, dan “bios”, yang berarti hidup. Kebanyakan amfibi adalah vertebrata, berdarah dingin (Poikiloterm) dan berkaki empat (tetrapoda).

Apa Itu Amfibi ?

Amfibi adalah hewan yang memiliki proses metamorfosis sempurna. Kelompok hewan ini dapat hidup di air atau di darat, umumnya ketika mereka bernapas di dalam air dengan insang, dan ketika mereka berada di darat, mereka bernafas dengan paru-parunya.

Kulit amfibi adalah struktur lembab dengan banyak pembuluh darah yang berguna untuk adaptasi habitat. Ada sekitar 5.000 spesies amfibi yang dikenal.

Struktur Dan Ciri Ciri Amfibi

Amfibi juga dapat kita lihat dan kita jelaskan struktur dan ciri nya dibawah ini :

Anggotanya terdiri dari kepala dan tubuh (misalnya katak) atau kepala, tubuh, dan ekor (misalnya salamander). Amfibi adalah satu-satunya vertebrata yang mengalami metamorfosis sempurna. Ini berarti bahwa amfibi memiliki bentuk yang sangat berbeda pada orang dewasa daripada saat lahir dan memiliki fase larva.

Ciri ciri Amfibi

  • Amfibi juga memiliki kelenjar hati, pankreas dan adrenal.
  • Amfibi adalah hewan berdarah dingin, yang berarti bahwa pengaturan suhu tubuh terjadi dari luar (di luar tubuh).
  • Memiliki 4 kaki (2 pasang) dan ada selaput di antara jari-jari, kecuali dalam urutan Caecilia (tanpa kaki).
  • Kulit halus, tipis, keropos, berlendir, biasanya beracun dan selalu lembab.

Struktur Dari Amfibi

Setelah membahas pengertian dan ciri amfibi berikut ini ada beberapa struktur dari amfibi :

Struktur Dari Amfibi
  • Sistem pernapasan, terutama ketika larva menggunakan insang sementara orang dewasa menggunakan paru-paru.
  • Sistem peredaran darah, jantung memiliki 3 ruang, yaitu 2 atria dan 1 ventrikel. Sirkulasi darah adalah sirkulasi darah tertutup ganda, yaitu melewati jantung dua kali dalam satu siklus.
  • Sistem pencernaan lengkap yang terdiri dari mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus dan dubur, yang berhubungan langsung dengan Koakla (satu-satunya lubang untuk saluran pencernaan, urin dan alat kelamin).
  • Amfibi memiliki mulut lebar, gigi kecil dan lidah yang terbelah dua di bagian atas. Permukaan lidah mengandung perekat yang menangkap mangsa.
  • Dalam sistem ekspresi, amfibi memiliki ginjal dan saluran kemih, yang mengatur proses ekskresi baginya. Ujung saluran kemih juga sama dengan saluran pencernaan, yaitu koakla (satu-satunya lubang untuk saluran pencernaan, urin dan alat kelamin).
  • Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi.
  • Sistem sensorik terdiri dari mata, hidung dan telinga. Kepala amfibi adalah segitiga kerucut yang terdiri dari dua mata. Setiap mata memiliki kelopak mata atas dan bawah. Di Kelopa mata bagian bawah adalah selaput tipis yang disebut selaput Niktitan.
  • Membran ini berfungsi untuk melindungi mata dari menggosok dengan air. Lubang hidung pada amfibi berhubungan langsung dengan rongga mulut.
  • Telinga amfibi terdiri dari telinga tengah dan telinga bagian dalam, mereka tidak memiliki telinga bagian luar. Di telinganya juga terdapat faring, yang terhubung ke faring dan disebut tuba Eustachius.
  • Saluran ini digunakan untuk menyesuaikan tekanan udara di lingkungan eksternal dengan lingkungan di dalam tubuh. Katak juga memiliki gendang telinga (gendang telinga), sedangkan salamander tidak memilikinya, sehingga mereka menangkap getaran suara dengan kaki mereka.
  • Pemupukan (pertemuan sperma dengan oosit) terjadi di luar tubuh kecuali dalam urutan Gymnophiona (Apoda), yang dibuahi di dalam tubuh.
Baca Juga :   Klasifikasi Tumbuhan (Kingdom Plantae)

Klasifikasi Dari Amfibi

Klasifikasi Amfibi

Anura Orde

Ordo Anura adalah anggota kelompok amfibi yang karakteristiknya adalah “tanpa ekor”. Salah satu anggota Ordo Anura adalah yang biasa kita sebut katak atau katak. Ada sekitar 4000 spesies yang diidentifikasi dalam urutan ini.

Tubuh Anura terdiri dari 3 bagian utama, yaitu kepala, tubuh dan anggota badan dalam bentuk kaki. Kepala mereka berbentuk seperti segitiga datar, mereka memiliki mulut lebar dan lidah lengket. Giginya disebut gigi veormer yang ada di langit-langit mulut.

Ini memiliki dua mata di sisi kiri dan kanan kepala, setiap mata memiliki kelopak mata atas dan bawah. Pada kelopak mata bagian bawah adalah selaput niktitan (selaput tidur), yang melindungi mata dari gesekan di air.

Anura memiliki lubang hidung yang menutup saat menyelam. Anura juga memiliki gendang telinga untuk mendeteksi getaran suara. Tungkai adalah 2 pasang kaki (2 kaki depan dan 2 kaki belakang), kaki depan biasanya lebih kecil dan lebih pendek dari kaki belakang. Ordo Anura memiliki 4 jari kaki depan dan 5 jari kaki belakang, di antara jari kaki ada selaput dara, yang dapat membantu berenang. Anggota badan ini digunakan untuk berlari, berenang dan melompat.

Anggota amfibi yang paling terkenal adalah katak atau katak, bahkan kelas amfibi tidak terbatas pada hewan-hewan ini. Banyak hewan lain yang termasuk dalam kelompok ini. Amfibi dibagi menjadi tiga urutan, yaitu:

  • Sistem organ dalam pesanan Anura meliputi:
  • Sistem reproduksi terdiri dari sistem reproduksi dan betina, ia berkembang biak dengan oviposisi dan sebagian besar pembuahan (pertemuan sel jantan dan betina) terjadi di luar tubuh.
  • Sistem pencernaan diatur oleh mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus, dubur dan kloaka.
  • Makanan melewati mulut dan keluar melalui kloaka.
  • Sistem ekskresi diatur oleh ginjal dan kandung kemih.
  • Sistem pernapasan katak setelah menetas dari telur (larva) dibentuk oleh insang saat mereka menggunakan paru-paru setelah mengoreksi metamorfosis yang sempurna dan tumbuh dewasa.
  • Kulit dapat digunakan di saluran pernapasan karena memiliki pori-pori dan banyak pembuluh darah.
  • Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan perifer.
  • Secara umum, kami telah menjelaskan fitur-fitur tatanan Anura dalam deskripsi karakteristik dan struktur amfibi di atas.
  • Anura Order terdiri dari beberapa pesanan dan keluarga, termasuk yang berikut:
  • Subordo Archaeobactrachia: Family Discoglossidae,
  • Familia Ascaphidae, Family Leiopelmatidae.
  • Subordo Mesobatrachia Familia Pipidae, keluarga Rhinophrydae, keluarga Pelututdae, keluarga Pelodytidae.
Baca Juga :   Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Lengkap

Subordo: Neobaktrachia: keluarga Bufonidae, keluarga Microhylidae, keluarga Ranidae, perawatan keluarga (Megophrydae), keluarga Rhacophoridae, keluarga Dendrobatidae, keluarga Hylidae, keluarga Pelodryadidae, keluarga Myobatrachidae keluarga, keluarga Rhacophoridae, keluarga Dendrobatie.

Ordo Caudata (Urodela)

Ordo Caudata adalah kelompok amfibi yang merek dagangnya memiliki ekor. Kata cauda berasal dari bahasa lati dan berarti ekor. Tubuh tatanan ini terdiri dari kepala, tubuh, ekor dan anggota badan. Anggota ordo ini dapat memiliki ukuran tubuh yang berbeda dan ekornya hampir sepanjang tubuh mereka, beberapa bahkan lebih panjang dari tubuh mereka.

Beberapa spesies memiliki insang, sementara yang lain bernapas melalui paru-paru. Pesanan ini bisa hidup di darat, tetapi tidak bisa dipisahkan dari air untuk waktu yang lama. Mereka tidak memiliki gendang telinga, sehingga mereka merasakan gerakan suara dengan kaki mereka.

Caudata memiliki 4 kaki (sepasang kaki depan dan sepasang kaki belakang) yang digunakan untuk berlari. Kakimu tidak bisa digunakan untuk melompat seperti katak. Ekornya yang berkembang dengan baik juga dapat digunakan sebagai bantuan daya apung. Meskipun metamorfosis sempurna, fase larva menyerupai bentuk dewasa. Ada sekitar 500 spesies yang termasuk dalam ordo ini.

Anggota Ordo Caudata yang sangat terkenal adalah Salamander. Setelah metamorfosis, mereka memiliki dua fitur luar biasa, yaitu hilangnya atau pengurangan paru-paru, dan bentuk dewasa masih memiliki karakteristik larva. Kulit, yang dapat menjadi alat pertukaran gas di salamander, adalah mengapa mereka dapat bertahan hidup di darat tanpa paru-paru. Sistem tubuh lainnya mirip dengan apa yang telah kami jelaskan di atas dalam sifat dan struktur tubuh amfibi.

Urutan Caudata terdiri dari beberapa perintah dan keluarga, termasuk yang berikut:

  • Subordo Cryptobranchoidea: Familia Cryptobranchidae, Familia Hynobiidae
  • Subordo Salamdroidea: keluarga Salamandridae, keluarga Proteidae, keluarga Ambystomatidae, keluarga Amphiumidae, keluarga Dicamtodontidae, keluarga Plethodontidae
  • Subordo artinya: Familia Sirenidae
Baca Juga :   Struktur Paru Paru

Order Gymnophiona / Caecilia (Apoda)

The Order Gymnophiona atau Apoda adalah grup amfibi yang fitur kasnya “tanpa kaki”. Ini berarti bahwa tubuh terdiri dari kepala, badan dan ekor. Susunannya memiliki bentuk tubuh memanjang yang menyerupai bentuk cacing atau belut dengan kulit dan tulang yang kompak. Kepala diatur oleh tengkorak yang kuat, yang berguna untuk menggali tanah, karena mereka hidup jauh di dalam tanah.

Ketika larva dalam keadaan, caecilia biasanya hidup di dalam air dan bernafas dengan insang, sementara saat dewasa larva mulai menyusut atau menghilang dan biasanya di tanah. Beberapa spesies memiliki tentakel yang bertindak sebagai organ sensorik. Kesuburan (pertemuan sel pria dan wanita) umumnya terjadi di dalam tubuh (dalam hati). Kebanyakan orang dewasa memiliki mata yang berkurang, sehingga mereka memiliki sedikit fungsi. Bentuk mata sangat kecil dibandingkan dengan panjang tubuh mereka dan hanya punctiform.

Gymnophiona Order terdiri dari beberapa keluarga, termasuk:
– Familia Ichtyopidae, Familia Caecilidae, Familia Rhinatrematidae, Familia Scoleocomorphidae, Familia Uracotyohlidae, Familia Typhlonectida

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Amfibi. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Pengertian Amfibi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar