Pengertian Salju

Posted on

Pengertian Salju – Berikut ini rumusbilangan.com akan membahas tentang rangkuman makalah materi Salju yang akan diterangkan mulai dari pengertian, jenis, fungsi, struktur, unsur, jurnal, tujuan, ciri, makalah, peran, makna, konsep, kutipan, contoh secara lengkap.

Bahasa kata salju berasal dari kata Arab “Tsalju”, yang berarti bahwa air jatuh dari awan yang membeku dan membeku seperti hujan.

Apa Itu Salju ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), salju adalah butiran uap air putih yang memisahkan kapas beku di udara, yang jatuh ke bumi karena suhu daerah beku.

Salju terdiri dari uap air yang mendingin di udara dan jatuh ke bumi seperti sepotong putih lembut seperti kristal. Pada suhu tertentu atau titik beku 0 derajat Celcius, salju dapat mencair dan menghilang. Proses mengubah salju langsung menjadi uap tanpa meleleh disebut luhur.

Proses Pembentukan Dari Salju

Proses Pembentukan Dari Salju
Proses Pembentukan Dari Salju

Salju terbentuk dari uap air yang menumpuk di atmosfer bumi. Kemudian akumulasi uap air mendingin ke titik kondensasi (suhu di mana gas berubah menjadi cair atau padat) dan kemudian menggumpal di awan.

Karena massa jauh lebih kecil daripada massa udara, awan dapat mengambang dan bergerak di udara, yang dipengaruhi oleh pergerakan angin. Seiring waktu, pengumpulan uap terus tumbuh dan ada semakin banyak awan. Ketika mencapai titik tertentu di mana massa awan lebih besar dari massa udara, komponen-komponen awan itu jatuh kembali ke permukaan bumi.

Partikel uap air yang jatuh adalah air murni. Di daerah di mana suhu di bawah 0 derajat Celcius, uap air ini menjadi padatan, membentuk salju, sementara di daerah di mana suhu di atas 0 derajat Celcius, uap air turun dalam bentuk hujan.

Baca Juga :   Fungsi dan Bentuk Struktur Sosial

Namun, bukan hanya suhu rendah yang berperan dalam pembentukan salju. Ketika uap air mencapai bumi, uap air murni ini dicampur dengan partikel pengotor yang disebut nuklean.

Sekarang zat nukleasi ini dapat mempercepat fase pembekuan dan adhesi antara uap air sehingga partikel air (yang tidak lagi murni) bergabung dengan partikel lain untuk membentuk kristal yang lebih besar.

Fungsi dari Salju

  • Mempertahankan kelembaban bumi
  • Pertahankan kehidupan beberapa tanaman
  • Mempengaruhi kesuburan tanah
  • Lindungi hewan kecil dari pemangsa

Jenis – Jenis Dari Salju

Berdasarkan bentuknya, ada berbagai jenis salju dari seluruh dunia, yaitu:

Prisma
Ini salju, yang memiliki bentuk yang mirip dengan pensil kayu yang biasa kita gunakan di Indonesia. Jenis salju ini sangat tipis dan kecil, sehingga sulit untuk melihat bentuk sempurna dengan mata telanjang.

Piring Bintang
Itu adalah salju tipis yang kepalanya menyerupai piring dengan 6 lengan seperti bintang. Biasanya dihiasi dengan tanda-tanda yang membagi bagian menjadi beberapa bagian simetris. Dibuat pada suhu antara -2 hingga -15 derajat Celcius.

Piring Sektor
Adalah jenis salju yang sisinya dibagi menjadi enam bagian yang sama.

Dendrit Stellar
Adalah sejenis salju besar sekitar 2-4 mm, yang terlihat seperti pohon dengan cabang khusus. Salju dalam bentuk dendrit bintang dapat dilihat dengan mata telanjang.

Stelllike Stellar Denrites
Apakah kristal salju terbesar 5 mm atau lebih. Bentuknya seperti pakis.

Kolom Berlubang
Adalah sejenis salju yang bentuknya seperti tabung dengan lubang kerucut. Bentuknya sangat kecil sehingga diperlukan kaca pembesar untuk melihat bentuk sempurna dari jenis salju ini.

Jarum
Sesuai namanya, jenis salju ini memiliki bentuk jepit atau rambut kecil. Biasanya terbentuk pada suhu 5 derajat.

Baca Juga :   Karakteristik Matahari

Kolom Tertutup
Kristal yang muncul dari perubahan jenis kristal salju lainnya. Sangat sulit ditemukan di salju.

Piring Ganda
Ubah untuk menyusutkan kolom karena kondisi suhu kolom dengan tutup tinggi. Sepertinya dua butiran salju terpaku bersama.

Piring Terbagi / Lempeng Bintang
Perubahan plat ganda, d. Kepingan salju H. yang telah dikombinasikan sempurna untuk potongan-potongan baru.

Kristal Segitiga
Adalah sejenis salju yang bentuknya mirip segitiga dengan 6 sisi yang sama. Sangat jarang ditemukan, terbentuk pada suhu -2 derajat Celcius.

Kepingan Salju Sisi
Adalah sejenis salju yang berbentuk seperti kristal kembar.

Mawar Peluru
Butiran es berinti yang menghasilkan banyak kristal dan terbentuk secara acak. Terkadang menghasilkan kolom yang unik. Ketika bentuknya dipotong, kristal bola terbentuk.

Mawar Peluru
Butiran es berinti yang menghasilkan banyak kristal dan terbentuk secara acak. Terkadang menghasilkan kolom yang unik. Ketika bentuknya dipotong, kristal bola terbentuk.

Untuk Memancarkan Dendrit
Merupakan jenis salju yang memiliki cabang lebih dari spesies lainnya.

Kristal Terdampar
Bentuk kristal salju yang masih mengandung tetesan air.

Kristal Tidak Teratur
Seperti namanya, itu salju dengan bentuk tidak beraturan, yang biasanya terjadi dalam kelompok.

Salju Buatan
Salju dihasilkan oleh sistem pembuatan salju yang komposisi utamanya adalah air.

Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengertian Salju. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di RumusBilangan.com. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Baca Juga :

Pengertian Salju Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar