Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula

Posted on

Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula – Bagi seseorang pemula yang sedang mempelajari ilmu bahasa Arab, selain membutuhkan guru sebagai pembimbing, dia juga membutuhkan sebuah kitab atau buku sebagai penunjang pembelajarannya tersebut. Dan penting untuk di perhatikan. Salah satu kitab atau buku yang dapat dijadikan sebagai rujukan adalah kitan matan Al Jurumumiyyah.

Pada artikel sebelumnya, penulis juga sudah memberikan ulasan tentang beberapa buku panduan bahasa Arab yang dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan, yang mana kalian bisa melihatnya disini.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu kitab yang dapat kalian jadikan rujukan untuk mempelajari ilmu bahasa Arab bagi pemula, yaitu kitab Al – Jurruumiyyah ( الْآجُرُّومِيَّةِ )

Kitab Matan الْآجُرُّومِيَّةِ

Kitab Matan Al-Aajurruumiyyah adalah salah satu kitab matan rujukan utama dalam disiplin ilmu Nahwu dalam cabang tata bahasa Arab. Matan kitab ini sederhana dan ringan, disusun khusus untuk pelajar bahasa Arab tingkat pemula. Namun demikian untuk mempelajari kitab ini, kita juga harus memiliki guru yang berkompeten dalam menguasai kitab ini.

Menurut perjalanan sejarahnya, kepopuleran kitab matan ini tidak perlu dipertanyakan lagi, terutama di kalangan penuntut ilmu atau santri. Sebab mayoritas ulama menganjurkan para penuntut ilmu terutama dipesanteren, ketika saat di awal perjalanan thalab-nya maka diwajibkan untuk menghafal kitab matan tersebut.

Kitab matan ini berisikan kaidah-kaidah dasar gramatikal bahasa Arab untuk tingkat pemula.

Namun, kitab matan ini sangat singkat, sehingga saking singkatnya, kita hanya perlu waktu seminggu saja untuk bisa menghafalnya di luar kepala.

Bagiamana, apakah diantara kalian ada yang berani mencoba menghafalnya ?

Baca Juga :   Contoh Soal Cerita KPK dan FPB

Dan ini adalah salah satu gambar contoh dari kitabnya :

الْآجُرُّومِيَّةِ

Kalian bisa membelinya di toko – toko terdekat.

Penulis Kitab Matan الْآجُرُّومِيَّةِ

Siapakah penulis kitab matan الْآجُرُّومِيَّةِ ini ?

Mengenai nama siapa penulis kita matan الْآجُرُّومِيَّةِ ini masih terdapat perselisihan. Sebab ada beberapa pendapat mengenai namanya tersebut yaitu :

Ada sebagain ulama berpendapat yang mengatakan bahwa nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Daud Ash-Shanhaji, atau lebih dikenal dengan IbnuAajurruum.

Namun ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa nama beliau adalah selain itu.

Perbedaan pendapat ini disebutkan oleh Syaikh Abdulkarim Al-Khudheir yang merupakan anggota dari Komisi Tetap Fatwa Saudi Arabia.

Sebenarnya dari perbedaan pendapat mengenai identitas penulis kitab matan al Juurumiyyah ini merupakan salah satu bukti betapa besarnya
usaha beliau untuk menutupi identitasnya demi menjaga nilai keikhlasannya dalam mengarang kitab ini.

Dan hal itu insyaallah semoga juga tidak akan menghalangi pahala yang akan beliau terima, sebab pahala tersebut dijamin tidak akan salah alamat.

Beliau tidak takut akan adanya pihak-pihak yang akan mengklaim karyanya tersebut. Maka dengan izin Allah ta’ala, lalu keihlasannya, Allah tuliskan al-qabuul (penerimaan) karyanya di kalangan ulama dan penuntut ilmu.

Hal ini dapat kita ilihat dari banyaknya jumlah buku syarah (penjelasan) yang ditulis oleh ulama. Dan matan ini masih terus dikaji dan dipelajari oleh ulama dan thalabatul-‘ilmi (penuntut ilmu) dari sejak ditulis sampai sekarang.

Kitab – Kitab Syarah

Kitab matan الْآجُرُّومِيَّةِ ini banyak di syarah oleh beberapa ulama dan menghasilkan beberapa kitab sebagai syarah dari kitab matan الْآجُرُّومِيَّةِ ini, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1.  At-TuhfahAs-SaniyyahbisyarhAl-MuqaddimahAl-Aajurruumiyyah
    Sebuah karya dari Syaikh Muhammad Muhyiddin bin Abdulhamiid, yang merupakan kitab yang banyak tersebar di kalangan penuntut ilmu.
  2. Al-HulalAdz-Dzahabiyyah ‘ala At-TuhfahAs-Saniyyah, karya dari Al-‘Abaadili Al-Maqthari.
  3. SyarhAl-MuqaddimahAl-Aajurruumiyyah, merupakn karya dari Syaikh Khalid Al-Anshari.
  4. MafaatiihAl-‘Arabiyyah ‘ala MatnAl-Aajurrumiyyah, adalah kitab syarah karya dari Syaikh Faishal Alu Mubarak.
  5. Syarh Al-Aajurruumiyyah, adalah kitab syarah karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin.
Baca Juga :   Proses Metamorfosis Kecoa

Dan jika kalian ingin mendownload file dari kitab matan الْآجُرُّومِيَّةِ ini, kalian bisa mendowloadnnya disini dalam bentuk file pdf.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua …. Aamiin

Baca juga :

Buku Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula Rating: 5 Diposkan Oleh: Pelajar