Tebak-Tebakan Bahasa Arab

Posted on

Tebak-Tebakan Bahasa Arab – Tebakan-tebakan dalam bahasa Indonesia merupakan kata jamak yang menunjukan suatu objek yang berjumlah lebih dari satu. Kata tebak – tebakan berasal dari satu kata yaitu tebak yang artinya adalah suatu masalah atau enigma yang diberikan sebagai hiburan.

Kata tebakan ini bisa berarti sebagai sesuatu yang ditebak atau teka – teki. Menurut dalam kelasnya nomina, tebakan bisa berati sesuatu yang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas makalah dengan judul materi tebak – tebakan dalam bahasa Arab, namun fokus yang kita bahas bukanlah tebakan yang sesungguhnya dalam bahasa Arab, melainkan lebih ke plesetan tebakan dalam bahasa Arab.

Mau tahu bagaimana plesetan tebakan dalam bahasa Arab yang sifatnya untuk hiburan. Mari langsung saja kita simak uraiannya dibawah berikut ini !

Bahasa Arab Tebak – Tebakan

Dalam bahasa Arab, kata tebakan yaitu لُغْز، مُعْضِلَة dibaca lughza, mu’dlilah.

Tebakan biasanya banyak yang berakar dari masalah logistik serius dan matematika.

Sejarah tebakan berawal dari ribuan tahun lalu. Kita bisa mengambil contoh yaitu Tangram adalah salah satu yang pertama dan masih merupakan tebakan paling populer. Didalam beberapa kuil di Jepang,biksu – biksu disana biasa menulis tebak – tebakan matematika pada dinding kuil.

Tebak – Tebakan Plesetan Bahasa Arab

Apabila kita ingin bermain tebak – tebakan, maka judul diatas adalah sebuah pertanyaan yang bagus untuk dijawab? Tapi untuk menjawab pertanyaan tersebut tidak boleh asal-asalan, membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk melalukan sebuah  penelitian dan penghitungan.

Baca Juga :   Fungsi Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah beberapa tebak – tebakan pelesetan ke bahasa Arab yang sifatnya untuk hiburan. Yuk kita simak dibawah berikut :

Apa bahasa arabnya diam ditempat? Ta’kabuurr..

Apa bahasa arabnya bir bintang? Inni Al-kohool..

Apa bahasa arabnya musim kemarau? Al-Hujannu Lamma Ta’Turuun..

Apa bahasa arabnya sangat haus? Lammaa ta’minuum ….

Apa bahasa arabnya ragu-ragu? Ta’yaqiin ….

Apa bahasa arabnya menanak nasi? Malikinnasi …

Apa bahasa arabnya baterai? Al – kaliin …

Apa bahasa arabnya terkejut? Al-lamaak..

Apa bahasa arabnya kucing mati? Ta’kubuurr..

Apa bahasa arabnya penantian panjang? Lamma Ta’tungguu..

Apa bahasa arabnya orang tua pelupa? Lamma Ta’tungguu..

Apa bahasa arabnya ibu naik pohon tapi tidak turun – turun ? Mah maa yu’ turuun..

Manfaat Melakukan Tebak – Tebakan

Ada beberapa manfaat ketika melakukan tebak-tebakan baik itu dengan keluarga, kawan dan lainnya sebagaimana dibawah berikut ini !

Dapat mempererat Hubungan

Bermain tebak – tebakan ini dapat melekatkan hubungan anak dengan orang tua. Saat bermain tebak-tebakan, anak-anak pasti akan merangsek ke orang tua. Anak-anak akan memperhatikan orang tuanya dengan rasa senang.

Kenyataan ini akan membuat anak-anak memiliki ikatan emosional yang kuat. Anak-anak akan merasa orang tuanya asyik dan bisa jadi sahabat. Ingin akan membuat anak – anak senang dan lekat pada orang tua.

Menumbuhkan Rasa Bahagia

Manfaat selanjutnya adalah dapat membuat anak-anak dan orang tua berbahagia. Salah satu tujuan utama bermain tebak-tebakan adalah untuk bergembira.

Maka tidak heran, saat anak-anak bermain mereka semuanya bersuka cita merayakan rasa penasaran, berpikir dan hasil jawaban. Yang bisa menjawab akan tertawa senang dan riang. Yang jawabannya salah akan menimbulkan rasa penasaran untuk terus bisa berpikir keras agar jawabannya benar.

Baca Juga :   Bahasa Arab Peralatan Rumah

Sehingga suasana senang pun menjadi pemandangan utama dalam kegiatan ini.

Mencerdaskan Otak

manfaat ke tiga adalah dapat mencerdaskan anak-anak. Dalam bermain tebak-tebakan akan selalu ada pertanyaan. Pertanyaan yang akan membuat anak-anak memberdayakan pikiran dan pengalamannya untuk bisa menemukan sebuah jawabannya.

Di sinilah, pikiran dan pengalaman diajak untuk bekerja ekstra sehingga akan semakin berkembang kecerdasannya. Hasilnya adalah jawaban-jawaban yang mencerminkan sistem kecerdasan anak.

Sehingga apabila ini dilakukan maka akan banyak pengetahuan yang didapat oleh anak-anak sehingga anak-anak pun semakin cerdas.

Menciptakan Keadaan yang Harmonis

Manfaat yang terahir adalah dapat membangun hubungan harmonis anak dengan orang tua.

Apabila permainan tebak-tebakan dilakukan terus menerus, maka akan tercipta hubungan harmonis anak dengan orang tuanya. Anak akan kecanduan untuk terus bermain tebak-tebakan karena senang. Lama-kelamaan anak-anak yang semakin bertambah sayang pada orang tuanya, begitu juga sebaliknya, orang tua semakin sayang dengan anak.

Demikianlah pembahasan makalah tentang tebak – tebakan dalam bahasa Arab. Semoga dapat bermanfaat …..

Baca juga :