Contoh Teks Diskusi

Posted on

Contoh Teks Diskusi- Tentang Sampah, Banjir, Olahraga, Pergaulan Bebas, Panjang, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang materi bahasa Indonesia, dengan tema artikel yaitu Contoh Teks Diskusi.

Pada pembahasan dibawah ini kita akan jabarkan materinya meliputi : pengertian, Struktur, Unsur – Unsur, dll. Untuk itu, mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Teks Diskusi

Pengertian dari teks diskusi ialah sebuah teks tulisan yang mengulas mengenai sebuah pokok masalah (isu) yang disertai dengan suatu argumen atau pendapat baik yang bisa mendukung maupun yang bisa menentang suatu isu tersebut serta diakhiri dengan sebuah kesimpulan atau rekomendasi saran dari penulis.

Ada pengertian lain tentang teks diskusi ini yang mengatakan bahwa teks diskusi merupakan salah satu bentuk pada kegiatan wicara. Dengan melakukan diskusi maka kita dapat memperluas suatu pengetahuan serta memperoleh banyak ilmu pengalaman.

Diskusi ialah sebuah pertukaran pikiran, ide gagasan, argumen atau pendapat antara dua orang bahkan lebih secara lisan langsung.

Struktur dari Teks Diskusi

Adapun struktur mengenai teks diskusi ini yaitu meliputi :

Isu

Struktur yang perta yaitu Isu yaitu berisikan yang berkenaan tentang masalah yang akan didiskusikan atau dibahas pada diskusi yang lebih lanjut.

Argumen yang Mendukung

Yang kedua ini adalah suatu bagian pendapat yang memberikan kontribusi dukungan dan menjabarkan secara lebih lanjut yang berkenaan dengan suatu penjelasan mengenai suatu masalah yang sedang di bahas

Argumen yang Menentang

Sebuah pendapat alasan atau argumen yang memberikan kontribusi untuk menentang suatu masalah yang berisikan tentang suatu pertentangan terhadap suatu masalah yang dibahas pada diskusi dengan disertai suatu alasan – alasan yang mendukung.

Baca Juga :   Soal Penjas Kelas 12

Kesimpulan

Kesimpulan dalam teks diskusi yaitu berisikan tentang suatu tarikan dari pokok masalah yang di imbuhi dengan suatu rekomendasi tentang isu yang dibahas serta solusi usaha dalam mengambil jalan tengah dari masalah isu yang dibahas tersebut.

Tujuan dari Teks Diskusi

Adapun tujuan dari teks diskusi ialah mencari sebuah kesepakatan atau kesepahaman antara satu sama lain tentang suatu pokok gagasan atau pendapat. Diskusi yang termasuk melibatkan oleh beberapa orang disebut juga sebuah diskusi kelompok.

Di dalam diskusi kelompok ini, maka dibutuhkan seorang pemimpin yang bisa disebut dengan ketua diskusi. Tugas dari ketua diskusi yaitu membuka dan menutup kegiatan atau jalannya diskusi, membangkitkan tentang suatu minat anggota untuk menyampaikan gagasan mereka, menengahi anggota mereka yang sedang berdebat, serta menyimpulkan dari sebuah hasil diskusi.

Unsur – Unsur tentang Kebahasaan dalam Teks Diskusi

Terdapat beberapa unsur pendukung dalam teks diskusi. Berikut dibawah ini adalah beberapa unsur tentang kebahasaan dari teks diskusi, yaitu terdiri dari :

Pertama Penggunaan sebuah Konjungsi Perlawanan

Konjungsi memiliki pengertian suatu partikel yang digunakan untuk menghubungkan antara sebuah kata dengan klausa, kata frasa dengan frasa, kata klausa dengan klausa, suatu kalimat dengan kalimat. Kemudian pengertian konjungsi perlawanan ialah suatu penghubung yang digunakan untuk menyatakan tentang sebuah makna perlawanan atau saling berlawanan.

Konjungsi perlawanan ini menggunakan suatu kata hubung antara lain yaitu : namun, sebaliknya, sedangkan dan tetapi.

Kedua Kohesi leksikal

Kohesi leksikal yaitu sebuah efek kohesif yang dapat dicapai dengan melalui pemilihan kosa kata kohesi teksikal yang bisa berbentuk suatu pengulangan, antonym, sinonim dan hiponim.

Ketiga Kohesi Gramatikkal

Kohesi gramatikal adalah suatu hubungan kohesor yang dicapai dengan suatu penggunaan elemen serta aturan gramatikkal yang meliputi resonansi, slipsis dan subtitusi.

Ke empat Modalitass

Modalitas ialah sebuah keterangan di dalam suatu kalimat  yang menyatakan tentang sebuah sikap pembicara terhadap hal yang sedang dibicarakan, yakni : tentang suatu perbuatan, peristiwa, keadaan atau suatu sikap terhadap lawan bicaranya masing – masing.

Baca Juga :   Soal Tema 2 Kelas 3

Jenis dari Teks Disskusi

Di bawah berikut ini ialah terdapat beberapa jenis – jenis dari teks disskusi, yaitu terdiri dari :

Pertama Seminar

Jenis seminar ialah sebuah jenis pertemuan khusus yang mempunyai teknis dan akademis yang mana tujuannya adalah untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik pada bab tertentu dengan suatu pemecahan serta permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar dengan yang dibantu oleh seorang guru besar ataupun seorang cendikiawan.

Kedua Sarasehan

Pengertian sarasehan yaitu sebuah pertemuan yang dilakukan untuk mendengarkan suatu pendapat seseorang yang ahli di dalam bidangnya yang tertentu sesuai dengan kehalian, yang mana kegiatan ini akan dilaksanakan dengan cara mengundang atau menghadirkan sekelompok undangan dalam bentuk tertentu.

Ketiga Simposium

Pengertian simposium yaitu suatu serangkaian dari pidato pendek yang dilaksanakan oleh seseorang di depan para peserta atau para pengunjung yang datang. Contoh umumnya yaitu seperti : pada acara simposium nasional akuntasi.

Ke Empat Diskusi panel

Pengertian Diskusi Panel yaitu sebuah diskusi dalam suatu forum pertukaran pikiran yang dilaksanakan oleh sekelompok orang yang dihadapankan dengan sekelompok hadirin mengenai suatu masalah tertentu yang telah dipersiapkannya oleh mereka. Diskusi Panel ialah suatu kelompok individu yang sedang membahas tentang topik yang berkenaan suatu kelebihan pada masyarakat atau pendengar dalam diskusi.

Ke Lima Kongres

Kongres merupakan seubah pertemuan besar para wakil organisasi yaitu : politik, profesi dan sosial, untuk mendiskusikannya serta mengambil keputusan.

Ke Enam Muktamar

Pengertian muktamar yaitu suatupertemuan atau sebuah permusyawaratan yang tertinggi yang mana diselenggarakan oleh para pimpinan pusat di dalam sebuah organisasi, yang mana pertemuan ini juga yang akan dihadiri oleh para wakil organisasi tertentu untuk mengambil sebuah keputusan mengenai suatu permasalahan yang mana sedang mereka hadapi bersama di dalam suatu organisasi tersebut.

Ke Tujuh Lokakarya

Pengertian Lokakarya ialah sebuah acara atau pertemuan yang mana dilakukan oleh para ahli di bidangnya masing – masing sesuai dengan keahlian tertentu yang bertujuan untuk membahas suatu permasalahan yang terkait dengan sebuah keahlian mereka, sekaligus untuk mencari sebuah solusi bagi permasalahan tersebuat.

Baca Juga :   Bahasa Arab Perawat

Cara Menyusun Teks Diskusi

Berikut dibawah ini terdapat beberapa cara untuk menyusun sebuah teks diskusi, yang mana terdiri dari :

  1. Menentukan sebuah topik masalah atau suatu isu
  2. Menentukan tujuan atau memberikan sebuah penjelasan tentang pro dan kontra
  3. Mencari suatu informasi atau data tentang isu yang dipilih
  4. Menyusun suatu karangan teks atau karangan
  5. Mengembangkan suatu karangan menjadi teks pada diskusi
  6. Merevisi atau menyunting sebuah teks diskusi

Contoh Teks Diskusi

Dibawah ini adalah contoh dari teks diskusi adalah :

Teks Diskusi Tentang COVID- 19

ISU

Bahaya buruk Virus Corona tentunya sudah banyak diketahui oleh masyarakat saat ini. Namun, sampai detik ini belum ditemukan obat penawarnya.

Civid 19 merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang di sebabkan oleh virus Corona, yang dapat membuat korabnnya merasa sakit di tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala dan parahnya bisa membuat korbannya meninggal dunia. Virus ini sangat mudah menular dari satu korban ke korban yang lain.

Argumen Mendukung

Contohnya bahaya yang disebabkan oleh Covid 19 ini dan sudah banyak buktinya antara lain adalah :

  1. Membuat tenggorokan terasa kering
  2. Gangguan pernafasan sehingga sesak untuk bernafas
  3. sakit kepala
  4. Gangguan fungsi pada paru – paru
  5. Daya tahan tubuh melemah
  6. Dan gejala lainya

Argumen Menantang

Tetapi Virus Covid 19 ini tidak akan bisa menyerang manakala kita mau menjaga pola hidup kita, seperti : menjaga kebersihan badan, pakaian, tempat, lingkungan dan makanan. Serta patuhi seruan dari pemerintah.

Kesimpulan

Jika sudah di ketahui beberapa bahaya – bahaya yang di timbulkan oelh virus Covid 19 ini, baiknya kita untuk menghindari cara penularannya dan bersama untuk mencegahnya dengan melaksanakan pola hidup bersih serta patuhi aturan pemerinatah demi kebaikan kita bersama.

Demikianlah embahasan makalah tentang teks Diskusi. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :