Resensi Buku Non Fiksi

Posted on

Resensi Buku Non Fiksi- Pengetahuan, Teknologi, Kesehatan, Seni Budaya, Biografi, Dll- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kita akan membahas makalah dengan materi Resensi dari sebuah buku no Fiksi.

Buku non fiksi adalah sebuah buku yang berisikan tentang sebuah kejadian yang sebenarnya namun di sampaikan dengan menggunakan opini, pendapat atau melalui kajian penulis. Contohnya adalah seperti buku pelajaran, buku esai dan paket serta buku – buku lain yang sejenis.

Dalam artikel ini kita akan mengupas tentang resensi dari buku non fiksi. Baiklah mari langsung saja kita simak uraian materinya dibawah berikut ini!

Pengertian Resensi Buku Non Fiksi

Resensi buku adalah sebuah evaluasi mengenai suatu karya. Karya tersebut yang dimaksud di sini adalah bisa jadi dalam bentuk buku, film, dan karya seni drama.

Menulis ulasan buku non fiksi adalah suatu kegiatan menuliskan tentang bebeapa kekuatan, kelemahan, dan informasi yang berasal dari buku dan tersedia untuk umum buku tersebut.

Pengertian tentang Resensi Menurut Para Ahli

Menurut Sitepu

Menurutnya resensi secara etimologis dapat dipelajari dari bahasa Latin yaitu : recensere atau revidere dan dalam bahasa Inggris (review), pengulas menyertakan makna dasar “meninjau, melihat, meninjau atau melihat ke belakang”. Dengan pemahaman dasar ini, objek ulasan tidak terbatas pada buku saja, tetapi bisa juga dalam bentuk film, drama, pameran, dan berbagai bentuk / manifestasi penulisan.

Menurut Gorys, Keraf 

Selanjutnya menurut Gorys bahwa Review dapat definisikan sebagai jenis huruf atau komentar tentang nilai sebuah karya atau buku.

Menurut Yus Rusyana

Menurut pendapat yang ketiga ini adalah resensi dapat adalah sebuah reviewer menulis tentang buku pengetahuan, literatur, kamus, ensiklopedi, dll., Dan merangkum, menjelaskan, menjelaskan, dan mengevaluasi buku-buku

Unsur dari Resensi Buku

Terdapat beberapa unsur – unsur yang harus dipenuhi, dapat dikatakan dengan fakta bahwa mereka masih utuh. Berikut adalah elemen-elemennya:

Baca Juga :   Preposisi Adalah

Judul
Judul harus sesuai dengan konten pengulas. Selain itu, judul yang menarik menawarkan nilai lebih pada dirinya sendiri.

Kompilasi buku data
Kompilasi data buku dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Judul bukunya
  2. Pengarang
  3. Penerbit
  4. Tahun publikasi bersama dengan cetakan
  5. Kertas Dimensinya
  6. Harga buku

Isi Review Buku dari Resensi
Bagian ini berisi ikhtisar, ikhtisar singkat buku dengan kutipan pendek, serta pro dan kontra dari buku itu, kata-kata dari bingkai buku, dan bahasa yang digunakan.

Bagian ini berisi ikhtisar, ikhtisar singkat buku dengan kutipan pendek, serta pro dan kontra dari buku itu, kata-kata dari bingkai buku, dan bahasa yang digunakan.

Tutup ulasan buku
Bagian terakhir biasanya berisi alasan mengapa buku itu ditulis dan untuk siapa buku itu dimaksudkan

Jenis Ulasan Rensensi Buku

Secara umum, resensi buku dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Informatif di sini resensi secara singkat dan umumnya disajikan dari seluruh isi buku.
  2. Deskriptif. Ini adalah pengulas yang menjelaskan secara rinci di setiap bagian atau bab.
  3. Secara kritis, ini adalah resensi buku yang mengulas detail buku menggunakan metodologi ilmiah tertentu. Isi resensi biasanya objektif dan kritis dalam menilai isi buku.
  4. Namun, dapat terjadi bahwa ketiga jenis verifikasi yang disebutkan di atas digunakan bersama-sama, karena ketiganya tidak sesuai dengan standar.

Tujuan Rensensi Buku

Kita perlu tahu bahwa tujuan penilai meliputi:

  1. Pengetahuan tentang kelebihan dan kekurangan buku dalam ulasan.
  2. Berikan deskripsi singkat tentang pembaca dan evaluasi umum suatu karya.
  3. Berikan saran penulis dalam bentuk kritik dan saran pada konten, konten dan ejaan buku.
  4. Ketahui latar belakang dan alasan mengapa buku itu diterbitkan.
  5. Uji kualitas buku dan bandingkan dengan karya lain.

Manfaat Ulasan Resensi Buku

Pertimbangan Penting
Berikan pembaca gambar sebuah karya dan pengaruhnya pada karya tersebut.

Bahan Iklan Untuk Buku
Buku yang ditinjau biasanya buku baru yang belum pernah ditinjau. Dengan cara ini, ia bisa menjadi semacam iklan buku yang terkenal dan banyak digunakan.

Pengembangan Kreativitas
Karena kita tahu bahwa menulis lebih baik semakin sering ditulis, pemeriksaan yang cermat dapat secara tidak langsung mendorong kreativitas menulis.

Baca Juga :   Soal UN IPA SMP

Nilai Ekonomi
Dan satu hal yang mungkin tidak dapat Anda bayangkan adalah bahwa dengan membaca buku Anda, Anda mendapatkan hadiah dalam bentuk uang atau hal-hal lain

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Berikut ini adalah beberapa contoh dari buku non fiksi, yaitu :

Sebuah Tulisan Perubahan

Identitas dalam Buku

Judul Buku = Merubah Kepribadian Melalui sebuah Tulisan Tangan
Pengarang = Vimala Rodgers
Penerjemah = Arfan Achyar
Penerbit = Penerbit Hidayah (PT. Al Mizan Republika)
Bahasa = Indonesia
Cetakan = Cetakan III, Januari 2009
ISBN = 978-979-114-233-5
Genre = Nonfiksi (Graphology dan Graphotherapy)
Jumlah Halaman = XI + 215 halaman
Desain Sampul = Gambar dari secarik kertas bergaris yang berisikan tentang tulisan tangan seseorang

Sebuah karangan dari tulisan tangan seseorang adalah bukan sekedar rangkaian kata yang disambungkan saja, sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi. Namun, suatu cara ketika kita menulis menjadi sebuah indikator tentang apa yang tengah kita rasakan serta yang kita alami. Tulisan tangan itu juga bisa menggambarkan tentang sebuah kepribadian seseorang. Saat kita sedang berbahagia, sedang sakit keras, ataupun sedang sedih, maka otomatis tulisan tangan pun juga akan berubah. Fakta ini ialah tanpa kita sadari telah mengacu kepada suatu bukti baru yakni tentang sebuah kepribadian seseorang yang ternyata dapat disesuaikan melalui tulisan tangannya. Apabila kita dengan sengaja melakukan atau mengubah tulisan kita, maka itu berarti sama saja dengan mengeksplorasi sebuah karakter yang tersembunyi dalam diri kita.

Buku ini terbagi atas 3 bagian, dilengkapi dengan bab-bab yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Pada bagian yang pertama adalah berjudul tentang Pengantar Pada Analisa sebuah Tulisan Tangan yang terdiri atas 3 bab. Selanjutnya pada bab yang pertama ini juga menjelaskan tentang sebuah pertanyaan yaitu : apa itu tentang tulisan tangan, penjelasan singkat berkenaan tentang Graphology dan Graphotherapy, selanjutnya sebuah sistem penulisan, serta ditampilkan kedalam sebuah bentuk abjad Vimala di dalam bab ini. Menurut si Vimala, bahwa sistem penulisan tersebut ialah sebuah sistem penulisan yang menggunakan sebuah tulisan tangan bukan hanya untuk sebagai cara berkomunikasi saja, namun juga sebagai alat pembangunan karakter, sebab setiap hurufnya mempunyai sebuah arti tertentu. Pada bab 2 juga dapat dijabarkankan tentang sebuah jawaban dari sebuah pertanyaan – pertanyaan yang acap kali juga diajukan tentang  Graphotherapy dan dijelaskan pula dengan baik apa itu Graphotherapy. Sedangkan pada bab 3 disini mengajak para pembaca untuk melakukan sebuah tes perkiraan tulisan tangan yang menunjukkan tentang kepribadian yang manakah yang harus diperbaiki serta menentukan huruf Vimala yang apakah yang harus dipelajari dan diberikan sebuah perhatian yang lebih.

Baca Juga :   Soal Geografi Kelas 12

Dalam buku ini juga diselipkan fakta-fakta tentang masing-masing huruf dalam alfabet Vimala yang memiliki asal-usul yang kaya dan mengagumkan. Bagian terakhir yang berjudul Membuat Perubahan mengajak para pembaca untuk mulai melakukan perubahan tulisan tangan dan membiasakan cara penulisan yang baru. Vimala juga memberikan tips-tips yang akan memudahkan pembaca untuk melatih perubahan tulisan tangan dan mencapai hasil yang diinginkan setiap pembaca.

Sayangnya, buku ini juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya bahasa yang kurang tersusun dengan baik dan ada pula beberapa kalimat yang sulit dimengerti. Dalam buku ini juga menggunakan istilah yang tak familiar sehingga harus berulangkali membuka daftar istilah.

Akan tetapi, terlepas dari itu semua, buku ini cukup menarik untuk kita baca. Sebuah buku yang ternyata cukup ringan untuk kita bawa ke manapun ini dan dapat dipahami dengan cukup mudah ini oleh setiap kalangan pembaca. Buku ini perlu dibaca oleh siapapun itu terutama bagi orang – orang yang memerlukan dukungan dalam sebuah kehidupnya. Selain itu sebuah simbol merupakan suatu kunci dari komunikasi. Maka apabila kita akan memahami diri serta kemampuan dan menginginkan suatu perubahan, maka bacalah buku ini.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Resensi Buku Non Fiksi. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :