Contoh Karya Ilmiah

Posted on

Contoh Karya Ilmiah- Remaja, Formal, Populer, Semi Formla, Bahasa Indonesia- Hallo sahabat pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makalah tentang Contoh Karya Ilmiah. Karangan ilmiah adalah sebuah karangan yang dibuat berdasarkan data yang akurat serta nyata benar apa adanya. Ada beberapa macam contoh karya ilmiah, yakni seperti : karya ilmiah tentang remaja, formal seperti makalah atau penelitian dan lain sebagainya.

Baiklah, mari langsung saja kita simak uraian pembahasan materinya dibawah berikut ini !

Pengertian Karya Ilmiah

Pengertian sebuah karya ilmiah ialah sebuah laporan tertulis yang berisikan tentang suatu hasil dari sebuah kegiatan ilmiah yang mana dilakukan oleh seorang peneliti. Menurut definisinya bahwa karya tulis ilmiah adalah sebuah tulisan yang membahas tentang permasalahan berdasarkan suatu penyelidikan, suatu pengamatan, maupun mengenai pengumpulan data yang mana berkaitan dengan suatu permasalahan tersebut, serta di tulis menggunakan sebuah bahasa yang baku.

Sebuah karangan karya tulis ilmiah ialah sebuah karya dari penelitian. Penelitian tersebut contohnya yang dilaksanakan demi mengembangkan suatu ilmu pengetahuan, suatu teknologi, dan seni, serta yang lainnya. Kepustakaan merupakan tempat kajian untuk mendapatkan sebuah data. Kemduian disajikan dengan gaya bahasa yang baku.

Suatu karya ilmiah ialah merupakan suatu sikap dan pernyataan ilmiah dari seorang peneliti, dan karya tulis ilmiah ini memiliki tujuan utamanya adalah untuk memberitahukan sesuatu kepada para pembacanya tentang suatu masalah dan demi menemukan sebuah jawaban mengenai suatu masalah tersebut serta untuk membuktikan kebenarannya.

Struktur Dari Sebuah Karya Ilmiah

Struktur karya ilmiah ada tiga macam, yaitu sebagai berikut :

Bab. I Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ini ialah salah satu dari bagian utama yang berisikan tentang sebuah dasar – dasar dari penelitian dan juga suatu karya ilmiah yang juga dilakukan, tentang masalah yang diangkat, serta juga mekanisme dari penyelesaian oleh masalah tersebut.

Baca Juga :   Gurindam

Bab. II Isi Dan Pembahasan

Pada bagian yang kedua ini adalah isi dan umumnya terdiri atas satu bahkan lebih dari satu bab, atau mungkin dengan kata lain ialah jumlah bab pada bagian tersebut bergantung dari seberapakah rinci pembedahan serta juga pembahasan oleh bahan penelitian dari suatu karya ilmiah.

Bab. III Kesimpulan

Di dalam bagian ini adalah kesimpulan yang mana umumnya berisikan mengenai sebuah kesimpulan yang diperoleh oleh hasil analisis pada bagian isi serta juga pada pembahasan.

Kesimpulan ini yang disampaikan dari penulis umumnya juga berupa sebuah penjelasan yang singkat, ringkas dan padat tentang hasil analisis yang telah dibahas.

Contoh Karya Tulis Ilmiah

Berikut ini adalah contoh karya ilmiah yaitu sebagai berikut :

 Dampak Internet Terhadap Anak pada Usia Dibawah Umur

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur senantiasa penulis panjatkan atas keharibaan Allah SWT yang mana telah memberikan segala rahmat serta karunia-Nya terhadap penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tentang sebuah Karya Ilmiah yang sederhana ini tepat pada waktunya dengan judul yaitu : “Dampak Internet Terhadap Anak pada Usia Dibawah Umur”.

Penulis juga sangat berharap bahwa sebuah Karya Ilmiah yang sedrhana ini dapat memberikan sebuah informasi tentang suatu Dampak Negatifnya atau Positifnya dari Internet yang dapat diperoleh oleh anak yang masih dibawah umur.

Penulis juga sangat menyadari sepenuhnya bahwa karya ilmiah yang sederhana ini masih sangat jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik beserta saran yang dapat diberikan oleh semua pihak yang mana bersifat membangun akan selalu penulis harapkan dan akan penulis terima dengan baik demi kesempurnaannya dari karya ilmiah ini.

Lampung Timur, 12 April 2020

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………….
KATA PENGANTAR ………………………………
DAFTAR ISI ………………………………………….
BAB I PENDAHULUAN …………………………
A. Latar belakang …………………………………..
B. Perumusan masalah …………………………..
C. Tujuan penelitian ………………………………
BAB II PEMBAHASAN
Kesadaran Masyarakat Terhadap Dampak Internet Bagi Anak yang masih Berusia dibawah umur …………………………………………
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ……………………………………………………
B. Saran ……………………………………………………………

Baca Juga :   Sejarah Keunikan Sastra Arab

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Jaringan internet saat ini dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk penemuan yang terbaik dalam kisah sejarah perkembangan ilmu teknologi di Dunia. Karena, seluruh umat manusia yang tinggal berada diantara belahan bumi manapun bisa saling melakukan komunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Canggihnya penemuan yang diberikan oleh sebuah jaringan Internet ini menghasilkan umat manusia dapat mengaksesnya dengan mudah bahkan bisa dilakukan oleh segala jenjang usia, baik itu anak muda, remaja bahkan hingga anak yang masih usianya masih sangat dibawah umur yang juga bisa mengakses Internet dengan sangat mudah.

Sehingga, media Internet ini sangat sering dimanfaatkan oleh kaula anak – anak yang usianya masih dibawah umur, di mulai dari main game sampai menonton sebuah vidio dan film di youtube. Dengan suatu keadaan emosi anak yang di rasa masih “sangat labil”, internet malah justru mempunyai suatu pengaruh yang cukup sangat besar.

B. Rumusan Masalah

Apakah dampak negatif dari internet terhdap usia anak yang berada dibawah umur ?

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui dan serta menjelaskan terhadap orang tua anak tentang dampak negatif dari Internet untuk anak yang usianya masih berada dibawah umur.

BAB II
PEMBAHASAN

Dampak Internet Terhadap Anak pada Usia Dibawah Umur

Sekarang ini Internet adalah sebuah kebutuhan pokok yang menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia. Internet banyak dipakai oleh para orang dewasa, remaja, anak – anak serta anak usia yang masih dibawah umur. Dan akan tetapi masih banyak anak yang belum dapat menggunakan internet yang sesuai menurut kebutuhannya mereka.

Oleh sebab ini lah di haruskan bagi setiap orang tua agar harus mengetahui tentang apa saja dari dampak negatif yang dapat mereka peroleh untuk anak dari penggunaan mereka seperti Internet yang tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan mereka.

Baca Juga :   Pengertian Sosial Dalam kelompok Dan Organisasi Serta Unsurnya

Berikut dibawah ini bahwa terdapat beberapa jumlah dampak negatif yang disebabkan oleh Internet, yaitu : diantaranya ialah sebagaimana berikut ini :

  1. Dapat menimbulkan suatu rasa keinginan pada anak untuk melakukan suatu tindakan kekerasan, karena hal ini bisa terjadi kalau anak sudah menonton vidio kekerasan yang dilakukan oleh seperti orang dewasa.
  2. Dapat membuat anak menjadi merasa keasikan untuk menjelajahi dunia internet hingga membuatnya lupa akan waktu terutama waktu belajar.
  3. Dapat menjadi sebuah kecanduan game online.
  4. Dapat menambah sebuah kasus bullying atau ejekan yang sering terjadi serta dilakukan oleh para anak – anak ayng berusia dibawah umur.
  5. Biasanya terdapat vidio porno yang bisa dengan mudah untuk diakses di internet serta hal ini bisa merusak pola pikir pada anak.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Munculnya internet didalam hidup kita ini memang dirasa sangat membantu dalam kehidupan masyarakat dari berbagai kalangan. Sebuah internet bisa membantu anak dalam melakukan semua aktivitasnya. Akan tetapi, terdapat banyak sekali suaut dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet tersebut.

B. Saran

Suatu dampak negatif yang dihasilkan oleh sebuah internet ialah bukan suatu hal yang bisa di anggap sepele. Karena, apabila sudah terlalu parah, maka hal ini akan menyebabkan suatu hal – hal yang tidak di inginkan oleh setiap orang tua.

Oleh sebab itu, suatu peran orang tua akan sangat penting sekali dan juga sangat diperlakukan sekali didalam keadaan seperti ini. Orang tua itu juga harus senantiasa mengawasi anak putra – putrinya didalam memanfaatkan sebuah internet.

Demikianlah pembahasan makalah tentang Contoh Karya Imiah. Semoga bermanfaat ya ….

Baca juga :