Teks Eksplanasi

Posted on

Teks Eksplanasi – Sebenarnya apa yang dimaksud Teks Eksplanasi? Eksplanasi berasal dari bahasa asing yaitu sebuah tindakan yang menerangkan atau menjelaskan segala sesuatu secara detail.

Teks Eksplanasi

Setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita, tentunya ada sebuah proses dan hubungan sebab-akibat dengan peristiwa yang lainnya. Oleh sebab itu di dalam Explanatory Text juga terdapat penjelasan tentang hubungan sebab-akibat tersebut dengan memakai beberapa aspek seperti “mengapa” dan “bagaimana” peristiwa itu bisa terjadi.

Pada umumnya teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan tentang “mengapa” dan “bagaimana” proses dari fenomena atau peristiwa yang terjadi. Contohnya, artikel tentang dampak dari Global Warming, peristiwa meletusnya Gunung Merapi, Banjir, Kebakaran dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Sangat mudah bagi kita untuk membedakan Teks Eksplanasi dengan teks-teks yang lainnya. Dikarenakan didalam Teks Eksplanasi memiliki beberapa ciri-ciri yang sangat khusus yaitu diantaranya :

  • Struktur dari teks ini terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, dan juga interpretasi.
  • Informasi yang dimuat di dalamnya berdasarkan fakta (faktual).
  • Faktual tersebut berisi sebuah informasi yang bersifat ilmiah/keilmuan, contohnya Sains.
  • Teks ini bersifat Informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi para pembaca untuk percaya terhadap hal yang telah dibahas.
  • Menggunakan Sequence Markers seperti pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Teks ini juga bisa juga memakai : pertama, berikutnya, terakhir.

Struktur Teks Eksplanasi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, teks Eksplanasi mempunyai 3 struktur yang menyusunnya agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Strukturnya yaitu, diantaranya sebagai berikut :

  • Pernyataan Umum
    Teks ini berisi sebuah pernyataan umum tentang topik yang akan dijelaskan sesuai dengan proses terjadinya peristiwa itu.
  • Urutan Sebab Akibat
    Teks ini juga berisi tentang penjelasan terjadinya peristiwa yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai ke bagian akhir.
  • Interpretasi
    Interpretasi ini berisi tentang kesimpulan dari topik yang telah dijelaskan.
Baca Juga :   Cara Penulisan Gelar Yang Benar Di Indonesia Sesuai EYD

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Teks ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis teks Eksplanasi yaitu, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Eksplanasi Sequential, yaitu salah satu jenis Eksplanasi yang menjelaskan rincian dari tahapan suatu fenomena, contohnya : urutan siklus kehidupan rantai makanan.
  2. Eksplanasi Kausal, yaitu salah satu bentuk Eksplanasi yang menjelaskan tentang asal-muasal penyebab terjadinya perubahan pada sesuatu secara bertahap, contohnya : proses terjadinya tanah longsor.
  3. Eksplanasi Teoritis, yaitu bentuk teks Eksplanasi yang berisi spekulasi dari kemungkinan yang dapat terjadi di balik suatu fenomena alam, contohnya : letusan gunung merapi memicu terjadinya sebuah bencana alam yang dahsyat.
  4. Eksplanasi Faktorial, yaitu jenis dari Eksplanasi yang menjelaskan tentang sebuah efek dan juga hasil dari suatu proses, contohnya efek terjadinya kolonialisasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Sama seperti teks pada umumnya, Teks Eksplanasi juga memiliki beberapa contoh yang dapat membantu kita untuk memahami nya yaitu sebagai berikut :

1. Contoh Teks Eksplanasi tentang Sosial

(Pernyataan Umum)

Kemiskinan merupakan salah satu kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok dari hidupnya, dikarenakan daya beli yang mereka punya sangatlah rendah. Kemiskinan akan menjadi Polemik utama dari suatu masyarakat yang sangat meluas, karena akan menjadi permasalahan yang lumayan besar dari suatu Negara. Kemampuan daya beli dan juga upah yang di terima oleh masyarakat di dalam suatu negara menjadi patokan dari tingkat kesejahteraan negara tersebut.

(Sebab-Akibat)

Isu dari kemiskinan menjadi salah satu berita yang mulai diperbincangkan khususnya di daerah Internasional, semenjak adanya gerakan organisasi yang menyadarkan manusia bahwa masih banyak orang miskin di seluruh dunia. Faktor dari penyebab terjadinya masalah tersebut harus di ketahui serta ditemukan jalan keluarnya. Beberapa dari para ahli ekonomi maupun filsafat mengungkapkan bahwa, kemiskinan merupakan salah satu kondisi yang relatif.

Baca Juga :   Contoh Kalimat Kompleks - Pengertian, Ciri-Ciri Dan Macam-Macamnya

Kondisi relatif berarti bahwa penyebab dan juga tingkat kemiskinan sangat berbeda-beda tergantung dari siapa dan bagimana cara seseorang melihatnya. Ada pula yang mengartikan bahwa kemiskinan sebagai nilai yang tidak bisa diukur. Orang-orang Marxis juga mengatakan bahwa kemiskinan bisa terjadi karena adanya sebuah Eksploitasi dari orang kaya. Artinya kemiskinan tidak akan pernah ada jika si kaya juga tidak ada, begitupun sebaliknya.

(Interpretasi)

Hal itu sangat berbeda dari sudut pandang orang-orang yang Konservatif, mereka mengatakan bahwa kemiskinan atau kelemahan termasuk takdir yang sudah diberikan tuhan. Dari sudut pandang liberal pun sangat berbeda, kemiskinan bisa juga diakibatkan karena kurangnya usaha yang dilakukan oleh seseorang. Itulah mengapa berita kemiskinan menjadi sangat relatif, kemiskinan bisa dinilai hanya dari materi atau bisa saja kemiskinan dinilai dari kurangnya norma ataupun etika.

2. Contoh Teks Eksplanasi tentang Bencana Alam

(Pernyataan Umum)

Bencana alam yang satu ini merupakan salah satu bencana yang sudah sering terjadi di daerah-daerah pegunungan dengan struktur tanah yang memiliki tingkat kepadatan rendah. Tanah longsor juga menjadi bencana yang sangat dikhawatirkan oleh masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana tanah longsor sebab mengingat kedatangannya yang selalu tidak dapat diprediksikan. Biasnya bencana tanah longsor sering terajadi bersamaan dengan bencana yang lainnya seperti banjir ketika musim hujan datang.

(Sebab-Akibat)

Penyebab utama terjadinya tanah longsor yaitu dari kondisi lingkungan yang secara alamiah maupun ulah dari manusia itu sendiri yang sudah merusak alam. Kondisi lingkuhan yang alamiah yaitu dimana struktur tanah yang terdapat pada dataran tinggi mempunyai tingkat kepadatan yang sangat rendah, sehingga jika tanah tidak mampu untuk menampung beban baik itu berupa air hujan atau yang lainnya maka akan terjadi bencana tanah longsor.

Baca Juga :   Teks Anekdot - Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh
(Interpretasi)

Terjadinya bencana tanah longsor yang diciptakan oleh ulah manusia yang terus menerus menebang pohon padahal akar pohon tersebut mampu menahan struktur tanah. Selain itu manusia juga terus melakukan penggalian secara ilegal yang mengakibatkan struktur tanah tersebut menjadi gembur. Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di daerah dataran tinggi diwajibkan untuk selalu menjaga lingkungan alamnya.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Teks Eksplanasi?

Teks Eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan dari suatu peristiwa dengan proses-proses yang mendetail.

Struktur dari Teks Eksplanasi adalah?

Struktur dari teks ini yaitu Pernyataan umum, Sebab-akibat, Interpretasi

Tujuan dari Teks Eksplanasi yaitu?

Teks Eksplanasi umumnya bertujuan untuk menjelaskan tentang “mengapa” dan “bagaimana” proses dari fenomena atau peristiwa yang sudah terjadi.

Demikian pembahasan dari artikel ini, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi kita semua.

Baca Artikel Terkait Lainnya :