Teks Surat Bahasa Arab

Posted on

Teks Surat Bahasa Arab – Menulis surat mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama bagi orang zaman dulu sebelum adanya handphone, email dan lainnya, mereka ketika ingin menyampaikan sesuatu kepada kerabat, saudara, keluarga dan lainnya pasti menggunakan surat dan mengirimkannya lewat kantor pos atau jasa yang lainnya.

Namun sekarang, zaman sudah berubah seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin memudahkan kita untuk melakukan sesuatu terutama ketika ingin mengirim surat. Kita sudah tidak perlu lagi menulis di kertas melainkan langsung saja kita tulis di handphone kemudian kita kirim bisa lewat Whats up, Facebook, Email dan lainnya, serta pesan akan cepat terkirim dan tersampaikan tanpa harus menunggu berhari – berminggu – minggu atau berbulan – bulan karna suratnya nyelip di tumpukan kotak surat kantor pos 😀

Namun, menulis surat biasa mungkin sudah biasa, bagaimana jika surat tersebut kita tulis dengan menggunakan bahasa Arab ? pasti akan sangat luar biasa terlebih jika kita bisa sendiri menulisnya dengan menggunakan bahasa Arab.

Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagian ini kita akan sajikan dua macam surat dengan berbahasa Arab namun tetap kita berikan artinya dibawahnya.

Baiklah, mari langsung saja kita simak dibawah berikut ini !

Bahasa Arab Surat

Menurut bahasa Arab, surat disebut رِسَالَةٌ جـ رَسَائِلُ dibaca : risaalatun jim rosaa-ilu.

Surat biasa digunakan sebagai sarana atau alat untuk komunikasi guna menyampaikan informasi secara tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.

Surat terbagi menjadi dua macam, yaitu : surat resmi dan surat pribadi. Namun pada pembahasan kali ini, penulis akan menyajikan bentuk surat pribadi saja.

Baca Juga :   Soal Penjas Kelas 5

Baca :  Bahasa Arab Ruang guru

Kosakata Tentang Surat

Namun sebelum kita ke pembahasan utama, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui kosakata tentang surat menyurat yang mana sebagai berikut !

  1. Alamat ( عُنْوَانٌ جـ عَنَاوِيْنُ ) ‘unwaanun jim ‘anaawiinu.
  2. Amplop ( ظَرْفٌ جـ ظُرٌوْفٌ ) dzorfun jim dzuruufun.
  3. Perangko ( طَابَعٌ جـ طَوَابِعُ ) thooba’un jim thowaabi’u.
  4. Pos ( البَرِيْدُ ) albariidu.
  5. Kantor Pos ( مَكْتَبُ البَرِيْدِ ) maktabu al bariidi.
  6. Tukang Pos ( سَاعِي البَرِيْدِ ) saa’ii al bariidi.
  7. P.O. Box ( صُنْدُوْقُ البَرِيْدِ ) shunduuqul bariidi.
  8. Email ( البَرِيْدُ الإِلِكْتُرُونِي ) albariidu al ilikturuunii.
  9. Menulis ( كَتَبَ – يَكْتُبُ ) kataba – yaktubu.
  10. Mengirim ( أَرْسَلَ – يُرْسِلُ ) arsala – yursilu.
  11. Menerima ( اِسْتَلَمَ – يَسْتَلِمُ ) istalama – yastalimu.

Baca :  Cerita Pendek Bahasa Arab Tentang Sekolah

Surat Bahasa Arab

Berikut dibawah ini adalah materi utama, yaitu contoh surat pribadi dalam bahasa Arab tentang Surat Untuk Sahabat :

Risalah Pertama

الرِّيَاضُ فِي يَوْمِ الإِثْنَيْنِ 25 شوال 1439هـ

: صَدِيْقِي العَزِيْزُ جعفر الصادق الـمُحْتَرَم

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْـمَةُ اللهِ تَعَالَى . أَرْجُوْ أَنْ تَكُوْنَ بـِخَيْرٍ وَصِحَّةٍ جَيِّدَةٍ ، أَكْتُبُ لَكَ هَذِهِ الرِّسَالَةَ مِنْ الرِّيَاضِ فِي مَوْسِمِ الحَجِّ . وَصَلَ الآنَ عَدَدٌ كَبِيْرٌ مِنَ الـحُجَّاجِ إِلَى مَكَّةَ وَالـمَدِيْنَةِ وَجُدَّةَ . جَاءَ بَعْضُ الـحُجَّاجِ بِالطَّائِرَاتِ وَجَاءَ بَعْضُهُمْ بِالـحَافِلَاتِ وَالسَّيَّارَاتِ وَالسُّفُنِ

تَبْدَأُ عُطْلَةُ الـمَدَارِسِ هُنَا بَعْدَ أُسْبُوْعَيْنِ ، وَسَوْفَ أَحُجُّ هَذِهِ السَّنَةَ مَعَ عَائِلَتِي إِنْ شَاءَ اللهُ

صَدِيْقِي العَزِيْز : رِسَالَتُكَ الأَخِيْرَةُ تَأَخَّرَتْ كَثِيْرًا ، أَرْجُو أَنْ تَكْتُبَ لِي سَرِيْعًا بَأَخْبَارِكَ وَأَخْبَارِ الدِّرَاسَةِ وَالعُطْلَةِ هُنَاكَ وَالسَّلَامُ

أَخُوْكَ الـمُخْلِصُ
جَعْفَرُ مُـحَمَّدٌ عُثْمَانُ

العُنْوَانُ : الـمَمْلَكَةُ العَرَبِيَّةُ السُّعُوْدِيَّةُ – الرِّيَاضُ – ص . ب : 2474

Artinya :

Riyadh di hari Senin 25 Syawwal 1439 H.
Teman muliaku Ja’far Shodiq yang terhormat:
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi ta’ala. Aku berharap kamu dalam keadaan baik dan sehat, aku menulis surat ini dari kota Riyadh pada musim haji. Sekarang ini telah sampai jamaah haji dalam jumlah besar ke kota Mekah, Madinah, dan Jeddah. Sebagian jamaah haji datang dengan pesawat, sebagian lain dengan bus, mobil, dan kapal.
Liburan sekolah akan dimulai dua pekan lagi, dan aku akan menunaikan haji bersama keluargaku insyaallah.
Teman muliaku: Surat terakhirmu datang terlalu lambat, aku berharap kamu segera memberitakan kepadaku kabarmu, kabar sekolah dan liburan di sana, wassalam.
Saudaramu yang tulus
Ja’far Muhammad Utsman
Alamat: Kerajaan Saudi Arabia – Riyadh – P.O. Box: 2474.

Risalah Kedua

بوجور فِي يَوْمِ الثُّلَاثَاءِ 4 ذِي القَعْدَةِ 1439 هـ

: صَدِيْقِي الـحَبِيْب جَعْفَر مُـحَمَّد عُثْمَان الـمُحْتَرَم

السَّلَامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اللهِ تَعَالَى وَبَرَكَاتُهُ . لِتَعْلَمْ يَا صَدِيْقِي أَنِّي بِـخَيْرٍ وَصِحَّةٍ جَيِّدَةٍ وَأَنَا سَعِيْدٌ جِدًّا حِيْنَ وَصَلَتْنِي أَخْبَارُكَ عَبْرَ هَذِهِ الرِّسَالَةِ . وَأَسْأَلُ اللهُ تَعَالَى العَلِيَّ القَدِيْرَ أَنْ يَرْزُقَ لَكَ وَلِلْحُجَّاجِ جَـمِيْعًا حَجًّا مَبْرُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا

أَكْتُبُ لَكَ هَذِهِ الرِّسَالَةَ وَكَانَتِ عُطْلَةُ الـمَدَارِسِ قَدِ انْتَهَتْ ، وَبَدَأَتِ الدِّرَاسَةُ هُنَا بِالأَمْسِ يَوْمَ الإِثْنَيْنِ . وَهَذَا العَامُ هُوَ آخِرُ دِرَاسَتِي فِي الـمَرْحَلَةِ الثَّانَوِيَّةِ ، وَأَرْجُوْكَ أَنْ تَدْعُوَ لِي لَعَلَّ اللهَ أَنْ يَرْزُقَنِي اللهُ الفُرْصَةَ لِـمُوَاصَلَةِ الدِّرَاسَةِ مَعَكَ هُنَاكَ فِي الـمَمْلَكَةِ العَرَبِيَّةِ السُّعُوْدِيَّةِ

صَدِيْقِي الـحَبِيْب : أُقَدِّمُ لَكَ اعْتِذَارِي لِتَأُخُّرِ رِسَالَتِي الأَخِيْرَةِ لَكَ ، فَقَدْ كُنْتُ مَشْغُوْلًا فِي تِلْكَ الأَيَّامِ ، لَعَلَّكَ تَقْبَلُ عُذْرِي ، وَالسَّلَامُ

أَخُوْكَ الـمُخْلِصُ
جعفر الصادق

العُنْوَانُ : جُـمْهُوْرِيَّةُ أَنْدُوْنِيْسِيَا – بوجور – ص . ب : 1925

Artinya :

Bogor di hari Selasa 4 Dzul Qa’dah 1439 H.
Teman tercintaku Ja’far Muhammad Utsman yang terhormat:
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi ta’ala wa barakatuh. Ketahuilah temanku bahwa aku dalam keadaan baik dan sehat, dan aku sangat bahagia ketika kabarmu sampai kepadaku melalui surat ini. Aku memohon kepada Allah ta’ala Yang Maha Tinggi dan Maha Kuasa semoga menganugerahimu dan jamaah-jamaah haji yang lain haji mabur dan dosa yang terampuni.
Aku menulis kepadamu surat ini pada saat liburan sekolah sudah usai, dan belajar sudah dimulai kemaren hari Senin. Dan ini adalah tahun terakhirku belajar di tingkat SMA, aku berharap kamu mendoakanku supaya Allah menganugerahiku kesempatan untuk bisa melanjutkan studi bersamamu di sana di Kerajaan Saudi Arabia.
Teman tercintaku: Aku ingin mengajukan permintaan maaf kepadamu atas keterlambatan surat terakhirku untukmu, aku sangat sibuk pada hari-hari itu, semoga kamu menerima permohonan maafku, wassalam.
Saudaramu yang tulus
Ja’far Shodiq
Alamat: Republik Indonesia – Bogor – P.O. Box: 1925.

Demikianlah pembahasan makalah tentang bahasa Arab Surat yaitu 2 contoh surat pribadi bahasa Arab kepada sahabat dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Surat pertama diatas merupakan salinan materi surat yang diambil dari kitab Al-‘Arabiyyah Lin Nasyi’iin dan yang kedua adalah surat balasannya.

Baca Juga :   Lawan Kata Dalam Bahasa Arab

Semoga bermanfaat …..