Contoh Cerita Fantasi

Posted on

Contoh Cerita Fantasi – Cerita Fantasi adalah sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan sebuah alur cerita yang normal, namun memiliki sifat yang imajinatif dan khayalan semata.

Contoh Cerita Fantasi

Pada umumnya unsur unsur dan struktur dari cerita fantasi itu sendiri yaitu Setting, Alur, Penokohan, Konflik, Ending dan lain sebagainya yang akan dibuat secara berlebihan dan terkesan bahwa kejadian itu tidak akan pernah terjadi di dunia nyata. Ketika sudah membaca cerita fantasi pun, kita akan langsung menyadari bahwa cerita tersebut tidak akan pernah terjadi di dunia nyata, maka dari itu cerita tersebut disebut sebagai fantasi.

Contoh Cerita Fantasi

Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari Cerita Fantasi yang dapat menghibur kita semua yaitu, diantaranya sebagai berikut :

Contoh 1

Sahabatku Seorang Malaikat

“Sinta!” Teriak ku memanggil Sinta, Ia menoleh dan langsung kuhampiri Dia. “Hai, hari ini cerah sekali ya, kicauan burung di pagi hari sangat merdu dan membuatku senang.” Kata Sinta.
“Iya kau benar sekali Sinta” Kataku.

Hai, perkenalkan aku Sherina Moluska. Kalian cukup memanggil aku dengan Sher.
Aku dan Sinta telah 1 minggu bersahabat, Sinta dalah murid baru yang sangat Cantik, Baik Hati, Pintar, Imut dan tidak Sombong. Rambutnya bewarna coklat yang selalu dikuncir dua setiap hari.

Dia selalu mengatakan hal yang sama seperti tadi disetiap pagi. Aku dan Sinta sering bermain bersama setiap sore di rumahku. Namun, setiap kali aku mengajaknya Ketika bermain di rumahnya, Sinta selalu menolak dengan alasan rumahnya sangat jauh. Aku pun mencoba memahaminya, mungkin dia takut kalau ibunya akan marah ataupun semacamnya.

Ketika jam istirahat…
“Sin, ayo kita pergi ke kantin!” Seruku. “Terima kasih, kamu saja ya, aku tidak lapar.” Jawab susan. Aku pun menghampirinya dan berkata “Sinta, kamu kenapa?” Tanyaku sambil memegang tangannya yang begitu dingin, dan hal ini tak seperti biasanya. Wajahnya pun begitu pucat.
“Sinta?” Tanyaku lagi kepadanya. Namun ketika aku memeriksa nya, Ia sudah berhenti bernafas, dan Aku sangat terkejut.
“Sinta, bangun!!, Tolong! Teman-Teman! Tolong bantu Sinta!!” Aku berteriak sangat kencang. Tetapi Sinta pun sudah pingsan, kami langsung membawanya Ke Puskesmas yang ada didekat Sekolah.

2 Jam Kemudian…
“Tidak!! Jangan Sinta, jangan tinggalkan aku!!” Akupun berteriak sangat histeris ketika mendapatkan kabar dari dokter yang menangani Sinta. “Ternyata Sinta sudah meninggalkanku. Tidak, itu tidak mungkin!!”.

Tiba-tiba aku terbangun dari mimpiku, dan aku pun langsung berkata dalam hati “Huft, untung itu hanya mimpi”. Aku pun langsung bergegas pergi ke rumah Sinta secara diam-diam.

Baca Juga :   Struktur Novel - Pengertian, Ciri, Struktur Dan Unsur - Unsurnya Lengkap

Saat aku sudah sampai…
“Rumahnya nampak begitu sepi, apa tak ada seorang pun ya dirumah ini, ucapku dalam hati”. “Sinta!, Sinta!” Teriakku yang memanggil nama Sinta didepan rumah nya. Aku mencoba pergi ke halaman belakang rumah Sinta. Kemudian aku melihat ada batu nisan yang bertuliskan nama sahabatk baikku yaitu Sinta. Aku seketika Terkejut ketika melihat itu semua. Aku pun bergegas untuk pulang kerumah.

Keesokan harinya ketika di Sekolah…
“Kamu kenal sama Sinta engga?” Tanyaku kepada Mella yang seorang teman sekelas ku.
“Dia itu udah pergi, pergi ninggalin kita untuk selamanya.” Jawab Mella. Aku mengira kemarin itu hanya mimpi, ternyata itu adalah kenyataan.
Lalu siapa yang bersamaku selama 1 minggu yang lalu? Apa itu adalah arwahnya Sinta? Pertanyaan ku yang muncul didalam hati dan membuat ku bingung.

Sesampainya aku di rumah, langsung kuceritakan semuanya kepada Ibu
“Bu.. Sinta..” Gumamku sedih.
“Iya, dia sudah meninggal dunia 7 Tahun yang lalu karena sakit..” Jelas Ibu kepada ku.
“Apa bu? Lalu siapa yang bersamaku selama 1 minggu yang lalu?” Tanyaku kepada ibu.
“Dia itu adalah Sinta, dia malaikat yang selama ini bersamamu.” Jawab Ibu menjelaskan kepada ku.

Aku pun langsung kergi ke tempat dimana Sinta berbaring dengan tenang. Aku berdoa untuk Sinta agar Ia tenang dan bahagia di alam sana, dan akhirnya aku mengetahui mengapa Sinta selalu menolak jika aku ajak dia bermain di rumahnya. Terimakasih Sinta, kamu adalah sahabat malaikat yang terbaik.

Contoh 2

Tanti dan Kelinci Ajaib

Tanti adalah seorang anak yatim yang tinggal bersama dengan ibu dan juga saudari tirinya, Tinta tinggal di sebuah desa yang sangat terpencil. Tanti adalah seorang gadis yang sangat cantik dan juga baik hati. Semua orang yang ada di desa itu menjuluki Tanti dengan sebutan rembulan, karena parasnya yang sangat cantik itu. Disamping itu semua, ibu tiri dan saudari tirinya merasa iri akan kecantikan yang dimiliki oleh Tanti.

Suatu hari Tanti disuruh oleh ibu tirinya untuk memetik sayuran dan juga buah-buahan yang ada di seberang sungai. Setelah memetik buah-buahan dan sayuran, ia pun kembali untuk memasak sayuran yang tadi ia petik dan diberikan kepada ibu dan saudari tirinya.

Waktu ke waktu terus berlalu, setiap hari Tanti harus pergi ke kebun. Tetapi di suatu hari, saat ia ingin menyeberangi sungai dan akan pergi ke kebun dimana ia memetik sayuran, namun Tanti malah terpeleset. Ia pun terjatuh dan terbawa oleh arus sungai yang sangat deras. wajahnya terluka dan lecet-lecet karena terkena bebatuan dan ranting-ranting yang ada disungai, sehingga wajahnya itu pun tak cantik lagi.

Saat ia terbawa oleh arus sungai, ia sempat melihat ada sebuah daun yang menyelamatkannya, tetpi keadaannya setengah sadar. Sewaktu Tanti sadar, ia sudah berada di tepi sungai tersebut. Mukanya terasa sangat perih tapi tidak berdarah sedikit pun. Kemudian Tanti pun bergegas pulang kerumah untuk segera mengobati luka-luka yang ada diwajahnya.

Sesampainya Tanti di rumah, ia langsung bercermin dan menangis ketika melihat wajahnya yang sudah tidak cantik lagi. Semua orang didesa itu tidak mau dirinya, karena takut dan bau yang menyengat keluar dari wajahnya sehingga membuat semua orang yang ada di dekatnya pasti akan menjauh dan menghinanya. Apalagi ibu dan saudari tirinya selalu menghina Tanti dengan kata-kata dan perlakuan yang sangat menyakitkan.

Karena ia sudah tidak tahan lagi akan penghinaan dari semua orang, Ia pun memutuskan untuk tinggal dan hidup di kebun. Di sana Tanti tinggal bersama kelinci yang sangat lucu-lucu, Tanti mengurus kelinci-kelinci itu dengan sepenuh hatinya. Tanpa ia sadari, ternyata kelinci itu adalah jelmaan dari seorang bidadari yang akan menyembuhkan wajahnya yang buruk rupa itu.

Pada suatu hari kelinci itu berubah menjadi seorang Bidadari yang sangat cantik. Tanti sangat terkejut ketika melihat kejadian yang sangat aneh ini, Ia pun bertanya kepada seorang Bidadari itu, ”Siapa kau? Dan mau apa kamu di tempat ini?” Bidadari itu pun menjawab “Aku adalah seorang bidadari yang akan membantu mu untuk menyembuhkan wajahmu yang buruk rupa”. Kemudian Bidadari tersebut mengeluarkan 1 buah semangka, lalu ia menyuruh Tanti untuk memakannya. “Makanlah biji semangka yang ada di dalam semangka ini, maka wajahmu akan kembali cantik seperti semula,” kata Bidadari itu.

“Anggaplah hadiah ini sebagai rasa terimakasih ku terhadap mu, karena kamu telah mengurusku dengan tulus Tanti”. Ucap Bidadari itu ditengah kebingungan yang melanda Tanti. Akhirnya Tanti pun menuruti apa yang dikatakan oleh bidadari tersebut. Dengan sedikit rasa khawatir dan juga takut, Ia pun mulai membelah dan memisahkan biji-biji semangka tersebut. Setelah semua biji semangka itu terpisah, ia pun mulai menelan biji itu satu persatu. Seketika itu juga tubuh Tanti mengeluarkan sebuah cahaya yang sangat terang, dan dalam sekejap wajahnya pun berubah menjadi cantik kembali.

Contoh 3

Safina dan Pensil Ajaib

Pada suatu hari, hiduplah sebuah keluarga kecil yang tinggal di sebuah pedesaan, desa itu memiliki suasana yang sangat sejuk dan penduduknya pun sangat ramah. Salah satu keluarga kecil yang tinggal di desa itu adalah keluarganya Pak Anton, pak Andi memiliki seorang istri dan seorang anak yang bernama Safina. Kehidupan pak Andi dan keluarganya sangat sederhana, Safina setiap hari pergi kesekolah untuk belajar agar apa yang ia cita-citakan bisa terwujud.

Baca Juga :   Pengertian Antonim Kata

Suatu hari, Safina yang tengah didalam perjalanan menuju kesekolahnya, ia menemukan sebuah pensil yang sangat lucu, karena Safina yang tergesa gesa pergi ke sekolah, ia mengambil dan menaruh pensil tersebut kedalam tas tanpa memperhatikannya terlebih dahulu.

Safina adalah seorang anak yang pendiam dan penurut, apapun yang di perintahkan oleh guru dan orangtuanya, ia selalu menurutinya tanpa ada kata penolakan terlebih dahulu. Saat Safina sudah selesai bersekolah, lalu ia bergegas pulang kerumah dan teringat akan pensil yang ditemukannya tadi pagi sewaktu ia pergi kesekolah. Safina pun berencana menggunakan pensil tersebut untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh guru nya.

Ketika Safina mulai mengerjakan PR nya, gambar yang dibuat oleh Safina berubah menjadi nyata, karena saat itu Safina di perintahkan oleh gurunya untuk menggambar bunga yang ada di lingkungan sekitarnya. Dia sangat terkejut ketika melihat hal ajaib yang ada dihadapannya, hingga beberapa saat dia baru menyadari bahwa pensil yang ia temukan tadi pagi adalah Pensil Ajaib.

Safina pun berencana untuk menyimpannya dan tidak akan memberitahu hal ini kepada orang tuanya. Suatu hari Safina sangat menginginkan suatu barang yang memang belum pernah ia miliki. Kemudian dia teringat dengan Pensil tersebut, Safina pun langsung menggambar benda yang ia inginkan, dan dengan sekejap Pensil itu sudah memberikan apa yang diharapkan oleh Safina selama ini. Akirnya Safina berencana untuk menyimpan dan menjaga itu baik – baik, ia juga akan memakainya ketika ia membutuhkannya saja.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Cerita Fantasi?

Cerita Fantasi adalah cerita yang bergenre dunia imajinatif yang diciptakan oleh seorang penulis, dan cerita yang dibuat tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.

Baca Juga :   Contoh Kata Depan Lengkap

Tujuan dibuatnya Cerita Fantasi yaitu?

Cerita Fantasi ini dibuat dengan dunia imajinatif yang bertujuan untuk menghibur para pembacanya dan mengajak mereka untuk merasakan soalah-olah berada di dunia itu juga.

Apa saja struktur yang dipakai untuk menyusun Cerita Fantasi?

Struktur yang dipakai untuk mebuat Cerita Fantasi yaitu : Orientasi, Konflik, Resolusi, dan juga Ending.

Demikian pembahasan dari artikel ini, semoga bisa jadi pengetahuan baru untuk kita semua.

Baca Artikel Berikutnya :